PENERAPAN METODE TOTAL PHYSICAL RESPONS (TPR) UNTUK MENINGKTKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS KELAS X8 SMA NEGERI 2 WATAMPONE
DOI:
https://doi.org/10.33506/jq.v6i2.217Keywords:
Total physical Response, Hasil Belajar SiswaAbstract
Abstrak
Berdasarkan hasil observasi dilapangan penulis menemukan salah satu masalah yang dihadapi dalam proses belajar mengajar yaitu siswa menganggap bahwa pelajaran Bahasa Inggris sulit dipahami dan membosankan, sehingga kurang menarik minat untuk mempelajarinya, serta kebiasaan para guru yang selalu monoton dalam ruangan sehingga para siswa kurang aktif dan kurang komunikatif dalam proses pembelajaran bahasa inggris.Metode TPR (Total Physical Response) sebagai sebuah metode pengajaran bahasa yang dibangun di sekitar koordinasi ucapan dan tindakan telah dipilih sebagai metode pembelajaran yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan pemahaman bahasa inggris siswa dalam mata pelajaran bahasa inggris khususnya materi imperative dalam prosedure teks. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebagai proses pengkajian bersiklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, serta Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, Hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas X 8 Watampone melalui pembelajaran metode pembelajaran TPR mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari nilai rata – rata 58,28 meningkat menjadi 78,15 dari skor ideal yang yang mungkin mencapai yaitu 100 dan berada pada kategori penelitian tinggi ( setelah dilaksanakannya Penelitian Tindakan Kelas pada siklus II ). Peningkatan kehadiran siswa juga meningkat dari 97,3% menjadi 99,34%. Persentase rata – rata jumlah siswa yang siswa yang bekerja sama 91,36% meningkat menjadi 98,64% siswa, persentase rata-rata siswa yang aktif 91,36% meningkat menjadi 98,02% siswa, persentase rata – rata siswa yang menggunakan ketetapan kata 90,13% meningkat menjadi 994,73% siswa, persentase rata – rata siswa yang mengunakan ketetapan tata bahasa kalimat 82,89% meningkat menjadi 99,34% siswa, persentase rata – rata siswa yang memiliki ketetapan dalam menggunakan tindak tutur 90.13% meningkat menjadi 99,34% siswa, siswa yang memiliki ketetapan dalam merespon tindak tutur 90,13% meningkat menjadi 99,34% siswa.
References
Asher, J. J. (1968). The total physical response method for second language learning.Retrieved from the DTIC Documen Website: http://www.dtic.mil/cgi-bin/GetTRDoc.
Harmer, J. (1991). The practice of English language teaching. London/New York.
Jai, P.S. (2011).Effectiveness of Total Physical Response.Academic Voices:AMultidisiplinary Journal, 1 (1). 20-22.
Jensen, A. R. (1998). The g factor: The science of mental ability. Westport, CT: Praeger.
Krashen, S. D. (1981). Second language acquisition and second language learning. Oxford University Press.Kuo, F.R., Hsu, C.C., Fang, C.W., Chen, S.N. (2016). The Effect of Embodiment-based TPR Approach on Student English Vocabulary Learning Achievement, retention and acceptance.Journal of King Saud University-Computer and Information Sciences, 26, 63-70.
Larsen-Freeman, D. (2000). Techniques and principles in language teaching. Oxford University.
Larsen-Freeman, D., & Anderson, M. (1986). Techniques and Principles in Language Teaching: Oxford University Press. New York.
Macedia, M., Muller, K., Friederici, A.D. (2011). The Impact Of Iconic Gestures on Foreign Language Word learning and Its Neural Substrate. Human Brain Mapping 32 (6), 982-998.
Qiu, Ying. (2016). Research on the Application of Total Physical Approach to Vocabulary Teaching in Primary Schools.International Journal of Arts and Commerce.5 (7).18-24.
Winitz, H. (1981). The Comprehension Approach to Foreign Language Instruction. Newbury House Publishers, Inc., Rowley, MA 01969.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The article copyright is owned by the author and Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.