PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELECTUALY KINESTHETIC (SAVIK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Zakiyah Anwar Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Ruslan Ruslan Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jq.v5i1.254

Keywords:

Hasil belajar, Model pembelajaran SAVIK, Pengembangan

Abstract

 

 

Zakiyah Anwar, Ruslan

PM FKIP UMS, PBI FKIP UMS

1zakiyahanwar3377@mail.com, 2ruslanruse89@gmail.com,

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization  Intellectually Kinesthetic (SAVIK) yang valid, praktis dan efektif. Metode dalam penelitian ini  adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), design penelitian ini menggunakan desing menurut Richey and Klein yaitu Planning (Perancangan), Production (memproduksi), Evaluation (evaluasi). Sampel penelitian ini adalah kelas VII A yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini memiliki produk yaitu Modul Model Pembelajaran SAVIK. Dari hasil validasi dan uji coba, Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan model pembelajaran SAVIK telah memenuhi kevalidan sebesar 3,8 , kepraktisan yaitu angket respon guru sebesar 78% dan keterlaksanaan pembelajaran dengan rata-rata 3,3 dan keefektifan yaitu hasil belajar sebesar 80% sedangkan angket respon siswa sebesar 75%.dan berdasarkan implementasi model pembelajaran SAVIK menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebesar 80% atau 25 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM. Uji-t diperoleh  adalah 4,288 sedangkan untuk  adalah 1,699 dengan nilai df = n-1 = 29. Karena  yaitu 4,288 1,699 hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang nilainya diatas KKM (60,0).

 

References

Afisa, N. dkk.2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (Mmp) Bernuansa Kontekstual Pada Sub Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Untuk Smp kelas VIII Semester Genap. 4 (2).

Darman, D,R. Wibowo,F,C. Suhandi, A. Rusdiana,D. 2016. Pembelajaran SAVIR dalam Mempertahankan Retensi Siswa Pada Pokok Bahasan Asas Black dan Pemuaian. http://jurnal.untirta,ac,id/index.php/Graviti 2 (1)

Fitriani, R P. 2013. Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditori, Visual, dan Intelektual).Repository.uksw.edu/bitstream.

Ghufira, S.2015. Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinestectik (VAK) Terhadap Aktifitas Belajar Temat Peserta Didik Kelas III SD NEGERI 1 HADUYANG Tahun Pelajaran 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG.

Irawati, WR.2012. Alternatif Pembelajaran dengan Pendekatan SAVI untuk Meningkatkan Pemecahan Siswa SD/MI Terhadap Materi Membandingkan Pecahan Sederhana. Directory/jurnal/pendidikan/dasar no 14.

Khabibah, E N. Kuswanti, N. Suparno, G. 2014. Validitas Teoritis Modul Berbasis Guided Discovery Pada Materi Respiratory System. Universitas Negeri Surabaya.

Listiana, N P N N. dkk. 2013. Pendekatan Pembelajaran Somatic Auditory Visual And Intellectual (Savi) Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV Sd No.1 Kuta. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.

Rose, C. Nicholl, M J. 2011. Accelerated Learning For The 21ST Century.New York: Dell Publishing.

Sihwinedar,R.2015. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditori, Visual, dan Intelektual) pada Siswa Kelas III SDN REJOAGUNG 01 SEMBORO Tahun Pelajaran 2013/2014. ©Pancaran, 4 (4)

Suhara, A M. 2013.Keefektifan Model VAK (Visual, Auditori, kinesthetic) dalam Pembelajaran Deskripptif (Studi Ekperimen Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lawang Kidul, sumatra Selatan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sumawardani,W.Pasani,C F.2013.Efektifitas Model Pembelajaran SAVI dalam Pembelajaran Matematika untuk Mengembangkan Karakter Mandiri Siswa. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika.1 (1).

Downloads

Published

12/15/2018

How to Cite

Anwar, Z., & Ruslan, R. (2018). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELECTUALY KINESTHETIC (SAVIK) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 5(1), 8–17. https://doi.org/10.33506/jq.v5i1.254

Issue

Section

Articles