Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Menggunakan Metode Blended Learning pada Mata Kuliah Geometri Analitik di Universitas Muhammadiyah Sorong
DOI:
https://doi.org/10.33506/jq.v8i2.701Keywords:
Motivasi, Blended Learning, e-learning, Teknologi, DisruptiveAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Geometri Analitik dengan Metode Belended Learning pada Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sorong. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (class room action receach) yang terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Juni – Juli 2019. Penelitian ini dilakukan pada mata kuliah geometri analitik di universitas muhammadiyah sorong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyaknya mahasiswa yang tuntas pada pembelajaran geometri analitik setelah diberikan tindakan pada siklus I sebanyak 43% dan mengalami peningkat pada siklus II sebesar 86%. Sama halnya dengan hasil belajar, peningkatan terjadi juga pada hasil observasi peningkatan motivasi pembelajaran mahasiswa pada materi geometri analitik, frekuensi indikator bertanya sebesar 76%, menjawab sebesar 67%, memberi pendapat sebesar 67%, bekerja sama sebesar 90%, dan minat sebesar 86%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa motivasi belajar geometri analitik mahasiswa mengalami peningkatan setelah diterapkan metode belajar blended learning.References
Arikunto, Suharsimi. dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, R. B. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Cooperative Learning dan Teknik Napier pada Siswa Kelas IV B SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 5(2), 14-25.
Faturrahman, M., Kahar, M. S., Arsyad, R., & Rawi, R. D. P. (2018, July). Development of Learning Media Based on MOODLE Integrated with Blended Learning in Mathematic Learning Process at SMA Muhammadiyah Al–Amin Sorong. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 175, No. 1, p. 012202). IOP Publishing.
Haryono, Ari Dwi, Aries, Erna Febru. 2012. Penelitian Tindakan Kelas : Teori dan Aplikasinya. Aditya Media Publishing : Yogyakarta.
Kurnia, A., Hadijati, M., Komalasari, D., & Fitriyani, N. (2018). Penggunaan Edmodo Dan Statistika Dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0 Pada MA Darunnajah Duman. Prosiding PKM-CSR, 1, 1330-1339.
Misdalina, M. (2018, July). Discruption dalam Pembelajaran Matematika. In prosiding seminar nasional program pascasarjana.
Mulyono, M., & Setyo, A. A. (2019). Komparasi Keefektifan antara model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan tipe Snowball Throwing dalam Pembelajaran Geometri Analitik. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 7(2), 115-123.
Trisnawati, N. F. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) pada Siswa Kelas VB SD Muhammadiyah I Sorong. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 5(2), 26-32.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The article copyright is owned by the author and Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.