Metode Problem Based Learning dan Kaitannya Dengan Hasil Belajar Pelayanan Publik

Tarmujianto Tarmujianto(1),
(1) Widyaiswara BPSDM Provinsi DKI Jakarta

Corresponding Author
Copyright (c) 2021 Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan

DOI : https://doi.org/10.33506/jq.v9i2.1044

Full Text:    Language : ind
Submitted : 2020-08-12
Published : 2021-01-05

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran berbasis masalah atau problem based learning terhadap hasil belajar materi latsar CPNS pelayanan publik yang diselenggarakan oleh BPSDM Provinsi DKI Jakarta tahun 2019. Pembelajaran berbasis masalah ini diyakini mampu membuat peserta latsar mengeksplorasi potensi yang dimilikinya sebagai generasi milenial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksplanasi, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen (experimental research), merupakan pendekatan penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Desain ini hampir sama dengan pretest-postest control group design, hanya pada desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Pada desain eksperimen ini terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol sebagai pembanding. Pengumpulan data dilakukan melalui angket secara online menggunakan google form dan hasil belajar melalui pretest dan postest. Hasil analisis data menunjukkan nilai R Square 0,660 yang mengartikan metode pembelajaran problem based learning mampu mempengaruhi peningkatan hasil belajar materi pelayanan publik sebesar 66,0% sedangkan sisanya sebesar 36,0% dipengaruhi oleh faktor-faktor selain penggunaan metode problem based learning.

Keywords


Pelayanan Publik, Problem Based Learning

References


Abdurrozak, R., Jayadinata, A. K., & Atun, I. (2016). Pengaruh Metode Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871–880.

Afifah. (2018). Pendidikan Masa Kini Di Era Millenial. (online). Retrieved May 13, 2020, from http://dimensipers.com/2018/02/20/pendidikan-masa-kini-di-era-millenial/

Arifin, J. (2018). SPSS 24 untuk Penelitian dan Skripsi (kedua). Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Budiyanto, M. A. K. (2016). SINTAKS 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang.

Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan Metode Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05(01), 27–35.

Haidir, & Salim. (2014). Strategi Pembelajaran (Suatu Pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa secara Transformatif). Medan: Perdana Publishing.

Handayani, D. (2016). Pengaruh Problem Based Learning ( PBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMPN 1 Teras , Boyolali Semester Genap Tahun Ajaran 2015 / 2016. Skripsi tidak diterbitkan, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Janah, M. C., Widodo, A. T., & Kasmui. (2018). Pengaruh Metode Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2097–2107.

Nelfiyanti, & Sunardi, D. (2017). Penerapan Metode Problem Based Learning Dalam Pelajaran Al - Islam II di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurnal Spektrum Industri, 15(1), 111–119.

Peraturan LAN-RI. No. 12. (2018). tentang Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Jakarta: Lembaga Administrasi Negara RI.

Permendikbud No. 49. (2014). Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Purwanto, E. A., Tyastiyanti, D., Taufiq, A., & Novianto, W. (2017). Modul Pelatihan Dasar Calon PNS Pelayanan Publik. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara RI.

Rerung, N., Sinon, I. L. S., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sma Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 06(1), 47–55.

Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Metode Problem Based Learning (PBL) dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33–38.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

UU No. 20. (2003). tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara RI.

UU No. 25. (2009). tentang Pelayanan Publik. Jakarta: Sekretariat Negara RI.

UU No. 5. (2014). tentang Aparatur Sipil Negara. Jakarta: Sekretariat Negara RI.

Widayati, N. S., & Muaddab, H. (2012). 29 Metode- Metode Pembelajaran Inovatif. Jombang: ElHaf Publishing.

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600


Article Metrics

 Abstract Views : 111 times
 PDF Downloaded : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.