The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran berbasis masalah atau problem based learning terhadap hasil belajar materi latsar CPNS pelayanan publik yang diselenggarakan oleh BPSDM Provinsi DKI Jakarta tahun 2019. Pembelajaran berbasis masalah ini diyakini mampu membuat peserta latsar mengeksplorasi potensi yang dimilikinya sebagai generasi milenial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksplanasi, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen (experimental research), merupakan pendekatan penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Desain ini hampir sama dengan pretest-postest control group design, hanya pada desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Pada desain eksperimen ini terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol sebagai pembanding. Pengumpulan data dilakukan melalui angket secara online menggunakan google form dan hasil belajar melalui pretest dan postest. Hasil analisis data menunjukkan nilai R Square 0,660 yang mengartikan metode pembelajaran problem based learning mampu mempengaruhi peningkatan hasil belajar materi pelayanan publik sebesar 66,0% sedangkan sisanya sebesar 36,0% dipengaruhi oleh faktor-faktor selain penggunaan metode problem based learning.

Keywords


Pelayanan Publik, Problem Based Learning