Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Berbasis Blended Learning dengan Memanfaatkan Aplikasi Microsoft Teams

Authors

  • Magdalena Letek Kari Universitas Nusa Nipa Indonesia
  • Yohanes Bare Universitas Nusa Nipa Indonesia
  • Oktavius Yoseph Tuta Mago Universitas Nusa Nipa Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33506/jq.v10i2.1418

Keywords:

Blended Learning, Microsoft Teams, Persepsi.

Abstract

Pandemi virus corona (Covid-19) menimbulkan dampak di setiap sektor kehidupan, salah satunya adalah sektor pendidikan di Indonesia. Wabah ini menyebabakan pemerintah pada awal tahun 2020, mengeluarkan himbauan untuk melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah, dengan memanfaatkan teknologi dan internet. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap aspek kesiapan, proses dan hasil pembelajaran berbasis Blended Learning dengan memanfaatkan aplikasi Microsoft Teams di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, yang difokuskan pada tiga program studi yakni, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Studi Pendidikan Fisika dan Program Studi Pendidikan Kimia. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Keabsahan data ditentukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memiliki tanggapan atau respon yang baik terhadap aspek kesiapan, aspek proses dan hasil pembelajaran berbasis Blended Learning dengan memanfaatkan aplikasi Microsoft Teams.

References

Abdullah, W. (2018). Model Blended Learing dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Manajemen, Vol. 7.

Ardian, A., & Munadi, S. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Student Center Learning dan Keamampuan Spasial Terhadap Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Teknologi Dan Kejuruan, Vol.22.

Bare, Y., Putra, S. H. J., Bunga, Y. N., Mago, O. Y. T., S, M., & Boli, Y. T. (2021). Implementasi Biology Club I di SMA Karitas Watuneso, Kecamatan Lio Timur, Kabupaten Ende. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 4(2), 321–328. https://doi.org/10.29407/ja.v4i2.15286

Bare, Y., & Sari, D. R. T. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Berbasis Inkuiri Pada Materi Interaksi Molekuler. BioEdUIN, 11(1), 8. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v11i1.12077

Bintoro, A. (2013). Analisis Bahan Ajar Pada Mata Pelajaran Praktik Sistem Pemindah Tenaga di SMK Negeri 1 Seyegan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Cahyono, A. T. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Pada Mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektronik, Vol. 03.

Christriantroro, N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Elektronika Dasar dan Menggunakan Pembelajaran Daring di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya. Universitas Sriwijaya.

Handayani, L. (2020). Keuntungan, Kendala dan Solusi Pembelajaran Onlne Selama Pandemi Covid-19: Studi Eksploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Journal Idnustrial Engineering & Management Reaserch (JIEMAR), Vol.1. https://doi.org/hhtps://doi.org/10.7777/jiemar.v1i2

Hidayat, M., Junaidi, T., & Yakob, M. (2020). Pengemabangan Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Meningkatkan Pemahaman Siswa Terahadap Tradisi Lisan Aceh. Jurnal Mimbar Ilmu, 25.

Hima, L. R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Bauran (blended Learning) Terhadap Motivasi Siswa Pada Materi Relasi Dan Fungsi. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1479

Kunto, A. (2010). Hasil Pembalajaran Dengan Metode Konvensional dan Metode Tutor Sebaya Terhadap Peningkatan Teknik Passing Sepak Bola Pada Kelas VIII SMP N 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2009/2010. Universitas Negeri Semarang.

Lestari, Y. (2019). Analisis Tingkat Kesiapan Penerapan E-Learning Pada Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN AR_RAINiRY Banda Aceh. Universitas Isalam Negeri AR-RANIRY Darusalam.

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067

Nabila, H., & Sulistiyaningsih, D. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Pembelajaran Daring Berbatuan Microsoft Teams Kelas XI SMA Negeri 9 Semarang. Prosoding Seminar Edusainstech.

Ndia, F. X., Mago, O. Y. T., & Bare, Y. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Koopertif Tipe Jigsaw Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 13(2), 24–30. https://doi.org/10.25134/quagga.v13i2.4011

Octarina, A. (2017). Upaya Guru Dalam Pemanfaatan Bahan Ajar Pada Kelas I di MIN Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2016/2017. nstitut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Raharja, S., Prasojo, L. D., & Nugroho, A. A. (2011). Model Pembelajaran Berbasis Learning Management System dengan Pengembangan Software Moodle di SMA Negeri Kota YOgyakarta. Jurnal Kependidikan, Vol.1.

Ratnawati, D., & Vivianti, V. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Praktik Aplikasi Teknologi Informasi. Jurnal Edukasi Elektro, 4(2). https://doi.org/10.21831/jee.v4i2.34835

Retnowati, D., & Astina, K. (2016). Prestasi Akademik dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan, Vol.1.

Saputra, A., & Saddhono, K. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Microsoft OfficeTeams 365 untuk SMA di Masa Pandemi. Center of Langguage and Cultural Studies, Vol.18.

Setiawan, T. (2020). Efektifitas Penerapan Blended Learning dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Akademik Mahasiswa Melalui Jejaring Schoology di Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, Volume 3.

Setiyani, R. (2010). Pemanfaatan Internet Sebagai Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, Vol. 2.

Situmorang, A. S. (2020). Microsoft Teams for Education Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Meningkatkan Minat Belajar. Journal of Mathematics and Applied, 02, 6.

Sizi, Y., Bare, Y., & Galis, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMP Kelas VIII. Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 2(1), 8.

Voni, S. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Kompetensi Guru Biologi Dalam Proses Pembelajaran Menggunakan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Maumere.

Wardani, D. N., Toenlioe, A. J. E., & Wedi, A. (2018). Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6.

Zhafira, N. H., & Erika, Y. E. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 4, 9.

Downloads

Published

2022-01-10

How to Cite

Kari, M. L., Bare, Y., & Mago, O. Y. T. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Berbasis Blended Learning dengan Memanfaatkan Aplikasi Microsoft Teams. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 10(2), 63–71. https://doi.org/10.33506/jq.v10i2.1418

Issue

Section

Articles