Analisis Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pemuaian
DOI:
https://doi.org/10.33506/jq.v10i1.1332Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi pemuaian di kelas VIII E dan VIII F SMP Negeri 18 Kota Jambi tahun ajaran 2020/2021. Metode Penelitian yang digunakan yaitu Metode Deskriptif. Jumlah responden sebanyak 52 siswa. Instrumen pengumpulan data hasil belajar dan instrumen pengumpulan data motivasi belajar adalah tes sebanyak 30 soal dan angket sebanyak 30 butir pernyataan. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS 25 dengan melakukan uji korelasi. Hasil analisis data saat diuji dengan uji korelasi bernilai 0,779 > 0.05 untuk kelas VIII E dan 0,425 > 0.05 untuk kelas VIII F. Hasilnya adalah hipotesis Ho tidak diterima yang berarti tidak ada pengaruh antara motivasi terhadap hasil belajar siswa pada materi pemuaian.
References
Abdurrahman, Liliasari, Rusli, A., dan Waldrip, B. 2011. Implementasi Pembelajaran Brbasis Multi Representasi untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika Kuantum. Jurnal Cakrawala Pendidikan. 30 (1): 30-4.
Aunurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Putri, A. D. (2018). Identifikasi sikap implikasi sosial dari IPA, ketertarikan menambah waktu belajar IPA, dan ketertarikan berkarir dibidang IPA siswa SMP se-kabupaten Muaro Jambi. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2).
Astalini, A., Kurniawan, D. A., & Sumaryanti, S. (2018). Sikap siswa terhadap pelajaran fisika di sman kabupaten Batanghari. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(2), 59-64.
Astalini, A., Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Pathoni, H. (2019). Identifikasi sikap peserta didik terhadap mata pelajaran fisika di sekolah menengah atas negeri 5 Kota Jambi. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(1), 34-43.
Fajri, M.Z. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem posing tipe pre-solution posing terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pemuaian di kelas x man darussalam aceh besar. Aceh : Universitas Islam Negeri Ar Raniry Darussalam.
Giancoli, D. C. (2014). Fisika : Prinsip dan Aplikasi Edisi ke 7Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Guidena. (2016). Peranan Bimbingan Guru dan Motivasi Belajar dalam Rangka Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Metro Tahun 2010. Jurnal Pendidikan Psikologi, 1(1), 23–35.
Hartuti, P.M. (2015). Peran konsep diri, minat dan kebiasaan belajar peserta didik terhadap prestasi belajar fisika. Jurnal Formatif , 5(2), 91-99.
Jaba, I., & Palittin, I. D. (2018). Hubungan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Merauke. Magistra: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 062-072.
Komariyah, L., & Syam, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Saintifika, 18(1).
Kurnia, N., Hendri, M., & Pathoni, H. (2016). Hubungan Persepsi dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MIA Di SMA Negeri 4 Kota Jambi dan SMA Negeri 11 Kota Jambi. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 55-63.
Kurniadewi.J.R (2015). Korelasi antara disiplin dan motivasi belajar dengan prestasi belajar fisika siswa XI Mia SMA Negeri 2 Klaten. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.
Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2019). E-Modul Etnokontruktivisme: Implementasi Pada Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau Dari Persepsi, Minat Dan Motivasi. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 165-177.
Maison, Astalini, Kurniawan, D. A., & Sholihah, L. R. (2018). Deskripsi Sikap Siswa SMA Negeri Pada Mata Pelajaran Fisika. EDUSAINS, 10(1), 160–167.
Meliza, W., Nurmaliza, N., Agustin, S., & Sastra, A. (2021). Analisis hubungan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar kognitigf siswa pada materi medan magnet kelas xii ipa sman 6 muaro jambi. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 17(1), 31-39.
Misbahudin, m. (2017). Pengaruh motivasi belajar dan bimbingan orang tua terhadap hasil belajar ipa pada kelas v sdn dewi sartika kecamatan cipanas kabupaten cianjur. Jurnal pendidikan, 18(1), 16-24.
Muhajis, D. D. (2018). Analisis Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Sekolah Dasar Negeri 3 Allakuang Kecamatan Maritengngae Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Idaarah, 2(2).
Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa. Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101-109.
Pasaribu, D. S., Hendri, M., & Susanti, N. (2017). Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Materi Listrik Dinamis Di Kelas X Sman 10 Muaro Jambi. Jurnal EduFisika, 02(01), 61–69.
Rachmawati, Zulfakria, dan Joko. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Dan Gaya Belajar (Visual, Auditori Dan Kinestetik) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Rangkaian Listrik Di Smkn 1 Cerme Gresik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 2(2). 677 – 683.
Rifa’i, Ahmad dan Catharina Tri Anni. (2012). Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press
Santoso, k. F., kusaeri, k., & kurniawan, a. P. (2020). Peningkatan motivasi dan koneksi matematis siswa smp melalui pictorial riddle. Jurnal pendidikan matematika (jpm), 7(1), 1-8.
Sardiman A.M. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Siregar, Evelin Dan Nara, Hartini.( 20140. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. (2009). Statistika untuk Penelitian. CV. Alfabeta, Bandung, Indonesia.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi kelistrikan otomatif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).
Ulandari, K. S. S. (2014). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SD Kelas V Semester Ganjil di Desa Buruan. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 1(2).
Uno, Hamzah B. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Wulan, Novita Sri. (2017). Pengaruh Alat Peraga Medan Magnet (APMM) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Medan Magnet. Jakarta : Universitas islam negeri syarif Hidayatullah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The article copyright is owned by the author and Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.