Kemampuan Tingkat Gender Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas X II SMA Negera 1 Ketapang Kalimantan Barat
DOI:
https://doi.org/10.33506/jq.v8i1.364Abstract
Tujuan penelitian, menganalisa hubungan antara kemampuan penalaran tingkat gender terhadap hasil belajar matematika siswa, Jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian 98 siswa kelas XII SMA Negeri 1 Ketapang, Kalimantan Barat. Sampel penelitian 98 siswa berdasarkan pendapatan Arkunto. Teknik pengumpulan data data dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi. Hasil penelitian diketahui 1) Tidak terdapat perbedaan kemampuan penalaran pembelajaran matematik, antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan ditinjau dari hasil belajarnya, 2) Tidak terdapat hubungan antara kemampuan penalaran tingkat gender dalam pembelajaran matematika dengan hasil belajar siswa..
References
Fakih, Mansour, (2008), Analisis Gender dan Transformasi Sosial, Yogyakarta: INSISTPress
Munandar, S.C. Utami. (2012). Pengem-bangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta. Jakarta
Siswono. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Surabaya: Unesa University Press.
Subagja, S. (2010), Penggunaan Pembela-jaran Probing-Prompting dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMP. Pendidikan Matematika FKIP UNPAS. Bandung: Tidak diterbitkan
Sugiyono. (2006), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &. D. Bandung:Alfabeta.
Jurnal
Widiyarto, S. (2018). Pengaruh Metode Cooperative Scrift dan Peran Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. KHAZANAH PENDIDIKAN, 11(1).
WIDIYARTO, S. (2017). PENGGUNAAN PEMBELAJARAN PEMBERIAN TUGAS (FOXFIRE) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI. DEIKSIS: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 4(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The article copyright is owned by the author and Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.