Analisis Pola Pengajaran Guru SMP di Kabupaten Pulau Morotai Terhadap Siswa Lamban Belajar

Authors

  • Balqis Husain Universitas Pasifik Morotai
  • Saifudin Sabri Adam Universitas Pasifik Morotai
  • Ibrahim Ibrahim Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jq.v8i2.687

Keywords:

Pola pengajaran, siswa lamban belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pngajaran yang diterapkan guru SMP di Kabupaten Pulau Morotai terhadap siswa lamban belajar. Sekolah yang dipilih untuk mewakili penelitian ini adalah MTS N 1. Pulau Morotai, SMP N 14 Morotai, MTS Muhammadiyah 1 Pulau Morotai, dan SMP N 2 Pulau Morotai. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2019 sampai bulan November 2019. Peneliti menetapkan subjek dalam penelitian ini adalah siswa lamban belajar yang tersebar di 4 sekolah serta wali kelas, guru mata pelajaran dan guru BK di 4 sekolah. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling hal ini berdasarkan subjek penelitian yaitu siswa lamban belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan qualitative. Metode penelitian yang digunakan adalah descriptive analisis. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan siswa lamban belajar yang menempuh pendidikan di sekolah umum belum sepenuhnya terpenuhi dan belum mendapatkan perhatian serius dari pelaku pendidikan. Belum adanya adaptasi kurikulum yang menyesuaikan dengan kebutuhan siswa lamban belajar sehingga kebutuhan siswa lamban belajar tidak terakomodasi dengan baik. penggunaan kurikulum di sekolah umum untuk siswa lamban belajar membutuhkan beberapa penyesuaian beberapa aspek program pembelajaran. Aspek program pembelajaran mencakup cara penyajian, cara respon siswa, keterlibatannya dalam belajar serta penambahan strategi, metode maupun teknik pembelajaran.

References

Amin, Alima dan Suardiman, P. Siti. 2016. Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar dan Model Pembelajaran. Jurnal Prima Edukasia Vol 4 No,1 Januari 2016. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Bala, Jampala Madhu & Rao, Digurmati Bhaskara.2004. Methods of Teaching Exceptional Children. New Dehli: Discovery Publishing House.

Chauchan, Sangeeta. 2011. Slow Learner; Their Psychology and Educational Programmmes. Zenith International Journal of Multidisciplinary Research. Vol 1 Issued 8 Desember 2011.

Husain, B., & Ibrahim, I. 2018. Perbedaan Prestasi Belajar Ditinjau dari Kepribadian Introvert dan Extrovert. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan. Vol 7 No 2. doi: https://doi.org/10.33506/jq.v7i2.371

Mumpuniarti, Rudiyati Sari & Cahyaningrum, Eka Sapti. 2011. Kebutuhan Belajar Siswa Lamban Belajar (Slow- Learner) di Kelas Awal Sekolah Dasar Daerah Istimewa Yogyakarta. Artikel Penelitian. Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Palupi, Dian dan Darmahusni. 2017. Pembelajaran Menulis Deskriptif Bahasa Inggris di Kelas X pada Siswa Lamban Belajar (Suatu Kajian Etnografi di Sekolah Budiwaluyo, Jakarta). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Vol. 16 No 2 Juli 2017. ISSN 0853-2710 (http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/bahtera/

Sari, Ninuk Wahyunita & Samawi, Ahmad. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Animasi terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Slow Learner. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa. Vol 1 no 2 2014 (140-144). Universitas Negeri Malang.

Yosiani, Novita. 2014. Relasi Karakteristik Anak Tunagrahita dengan Pola Tata Ruang Belajar Di Sekolah Luar Biasa. E-Journal Graduate Unpar Part D – Architecture Vol. 1, No. 2. (111-124). Universitas Katolik Parahyangan.

Downloads

Published

12/27/2019

How to Cite

Husain, B., Adam, S. S., & Ibrahim, I. (2019). Analisis Pola Pengajaran Guru SMP di Kabupaten Pulau Morotai Terhadap Siswa Lamban Belajar. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 8(2), 105–115. https://doi.org/10.33506/jq.v8i2.687

Issue

Section

Articles