Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan
DOI:
https://doi.org/10.33506/jq.v7i2.363Abstract
Pendidikan yang berkualitas membutuhkan kerjasama antara pemerintah dengan masyarakat sehingga dapat saling memberikan dorongan untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas. Pemerintah dengan kewenangannya dapat membuat kebijaakan yang startetegis dalam bidang pendidikan agar berkualitas. Guru memiliki peran yang penting dalam meningkatkan pendidikan yang berkualitas karena guru berada di grada terdepan dalam mendidik parasiswa sehingga guru harus memiliki kompetensi sosial, profesional, pedagogic, daan kepribadian yang ideal. Guru yang tidak memiliki keempat kompetensi tersebut dengan baik maka akan menimbulkan permasalahan dalam proses belajar mengajar. Masalah tersebut seperti rendahnya prestasi belajar siswa, tidak tercapainya tujuan pembelajaran, siswa menjadi malas belajar, dan siswa tidak berminat untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Kewirausahaan pada siswa kelas X-SMA Alihsan di Kota Bekasi. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif. Dengan menggunakan Uji Homogenitas ,normalitas dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar kewirausahaan, Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar kewirausahaan dan Terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan.
Â
Kata kunci : Kecerdasan emosional, Minat Belajar, Prestasi BelajarReferences
Arifin, Zainal. (2011). Evaluasi Pembelajaraan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Anwar, Saifudin. (2000). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ayuningtias, P. (2005).Studi Korelasi. Yogyakarta : Andi Offset
Buchari Alma, (2004), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi. Revisi, Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.
Crow, L.Crow. (2004). Psycologi Pendidikan. Nur Cahaya. Yogyakarta.
Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta
Djamarah. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Fatimah, Enung. (2010). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: CV. Pustaka Setia.
Goleman, Daniel. (1995). Emotional Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka. Utama.
Goleman, Daniel. (2002). Kecerdasan Emosional. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Mujib, Abdul dan Mudzakir, Jusuf. (2001). Nuansa-Nuansa Psikologi Islam. Jakarta:Raja Gravindo Persada.
Purwanto, Ngalim. (2002). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sadiman. (2002). Media Pendidikan Pengaertian, Pengembangan dan. Pemanfaatannya. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Sardiman. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja. Grafindo Persada. Jakarta.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: UNY Press.
Syah Muhibbin,. (2006). Psikologi Belajar , Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.
Sutratinah Tirtonegoro. (2001). Anak Super Normal dan Program Pendidikannya. Jakarta : Bina aksara.
Sudjana, Nana .(2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Sudjana. (2001). Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung : Falah. Production.
Suryana, (2003). Kewirausahaan, Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses, Jakarta: PT.Salemba Empat.
Stein, Steven J. Dan Howard E. Book. (2002). Ledakan EQ: Prinsip Dasar Kecerdasan Emosional Meraih Sukses. Bandung: Kaifa.
Walgito, B (2004). Pengantar psikologi Umum. Jakarta: Penerbit Andi.
Widoyoko, Eko Putro. (2010). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Winkel. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka. Utama.
Witherington, H.C. (1978) Educational Psycology, terjemahan M Buchori Jakarta : Aksara. Baru.
Jurnal
Zailani Areta. (2017) Pengaruh Motivasi dan Minat Berwirausaha terhadap Prestasi Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Tunas Karya Batang Kuis T.P 2016/2017. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan 2017. http://digilib.unimed.ac.id/26145/3/NIM.%207133341060%20ABSTRACT.pdf.
Nur Huda (2014) Pengaruh Konsep diri, Kecerdasan Emosional, dan Prestasi Belajar Kewirausahaan Terhadap Motivasi Bertechnopreneurship siswa Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Tamansiswa Jetis, Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Teknik Mekatronika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta 2014. https://eprints.uny.ac.id/21134/1/NURHUDA.pdf.
Rasmi Maria Butarbutar, (2017). Hubungan Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Doloksanggul. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Studi Pendidikan Tataniaga, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan 2017. http://digilib.unimed.ac.id/25855/8/4.%20NIM.%207131141098%20ABSTRACT.pdf.
Widiyarto, S. (2017). Peranan Soft Skill dan Minat Baca Terhadap Kemampuan
Menulis Eksposisi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Semantik, 6(2), 31-38.
DOI: https://doi.org/10.22460/semantik.v6i2p31-38.492
Widiyarto, S. (2017). PENGARUH MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN
KALIMAT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT EFEKTIF.
MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 3(2), 169-177.
Widiyarto, S., Damayanti, N., & Ati, A. P. (2017). PEMAKAIAN MEDIA
SCRABBLED DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA KALIMAT DAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 71-77.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The article copyright is owned by the author and Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.