Penggunaan Model Pembelajaran Resolusi Konflik dalam Meningkatkan Kompetensi Multikultural Siswa

Authors

  • Asrianto Basry Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.33506/jq.v10i2.1500

Keywords:

model pembelajaran resolusi konflik, kompetensi multikultural, siswa

Abstract

Keberagaman latar belakang menjadi isu yang penting untuk dipahami secara komprehensif. Isu ini jika tidak direspon dengan tepat dapat menimbulkan konflik. Pemahaman akan keberagaman dapat ditanamkan melalui pendidikan multikultural. Pendidkan multikultural akan berlangsung efektif jika guru menggunakaan model pembelajaran yang menarik, kolaboratif dan partisipatif, sehingga dapat mengembangkan kompetensi multikultural siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi multikultural siswa adalah model pembelajaran resolusi konflik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran resolusi konflik dalam meningkatkan kompetensi multikultural. Metode yang digunakan adalah meta-sintesis. Berdasarkan hasil studi literatur dengan meta-sintesis menunjukkan bahwa model pembelajaran resolusi konflik dapat meningkatkan kompetensi multikultural siswa.

References

Andria K. Wisler (2009) ‘Of, by, and for are not merely prepositions’: teaching and learning Conflict Resolution for a democratic, global. citizenry, Intercultural Education, 20:2, 127-133, DOI: 10.1080/14675980902922143

Arieyanti, I., Lasmawan, I. W., & Marhaeni, A. A. I. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Resolusi Konflik Dan Sikap Demokrasi Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Negara–Bali E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(4).

Arifudin, I. (2007). Urgensi implementasi pendidikan multikultural di sekolah. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 12(2), 220-233.

Dewi, K. H. P., Lasmana, W., & Dantes, N. (2013). PengaruhModel Pembelajaran Resolusi Konflik Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Sikap Multikultur dan Prestasi Belajar IPS. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(3).

Esfijani, A. (2018). Measuring quality in online education: A meta-synthesis. American Journal of Distance Education, 32(1), 57-73. https://doi.org/10.1080/08923647.2018.1417658

Francis, C., & Baldesari. (2006). Systematic Reviews of Qualitative Literature. Oxford: UK Cochrane Centre.

Handyani, N. N. L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Resolusi Konflik Terhadap Prestasi Belajar IPS Dengan Kovariabel Sikap Multikultur Dan Efikasi Diri Pada Mahasiswa PGSD Undiksha. Maha Widya Bhuwana: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 2(2), 48-57.

Hidayat, R., Maftuh, B., & Malihah, E. (2020). Pendidikan Resolusi Konflik Melalui Pembelajaran Multikultural Pada Pendidikan Formal. BUANA ILMU, 5(1), 24-35.

Hladik, J. (2016). Assessing multicultural competence of helping-profession students. Multicultural Perspectives, 18(1), 42-47.

Kusuma, P. I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Resolusi Konflik Terhadap Hasil Belajar PKn Ditinjau Dari Sikap Sosial Siswa Kelas V SD Gugus Kolonel I Gusti Ngura Rai Denpasar Utara. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3).

Lasmawan, W. (2004. Menelisik Pendidikan IPS. Singaraja: Mediakom Indonesia Press Bali.

Meo, M. I. K., & Wayan, M. P. P. D. I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran.Resolusi Konflik Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus II Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada-NTT E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(5)

Ningrat, I. A. P., Adnyana, I. K., & Abadi, I. G. S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Resolusi Konflik Berbasis Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD Gugus I Bangli. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).

Permini, D. (2018). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Resolusi Konflik terhadap Sikap Religius dan Hasil Belajar Pkn Siswa. International Journal of Elementary Education, 2(2), 123-130.

Rusminiati, N. P. I., Made Putra, M. P., & Abadi, I. B. G. S. (2014). Model Pembelajaran Resolusi Konflik Berbasis. Masalah Kontekstual Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus 1 Abiansemal. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cetakan ke-11. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Somantrie, H. (2011). Konflik dalam perspektif pendidikan multikultural. Jurnal pendidikan. dan kebudayaan, 17(6), 660-672.

Wasitohadi. (2012) Gagasan dan Desain Pendidikan Multikultural di Indonesiaâ€. Scholaria, 2(1), 116-149.

Downloads

Published

2022-01-10

How to Cite

Basry, A. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Resolusi Konflik dalam Meningkatkan Kompetensi Multikultural Siswa. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 10(2), 110–114. https://doi.org/10.33506/jq.v10i2.1500

Issue

Section

Articles