Respon Masyarakat Terhadap Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil yang Berbasis Computer Assisted Test di Distrik Sausapor Kabupaten Tambrauw

Authors

  • Nur Hidaya Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Masni Banggu Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Anifah Anifah Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jn.v6i2.1377

Keywords:

Respon Masyarakat, Rekrutmen CPNS, Computer Assisted

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon masyarakat terhadap Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil yang berbasis CAT, upaya menyempurnakan penggunaan CAT dan hambatan dalam rekrutmen CPNS berbasis CAT di distrik Sausapor Kabupaten Tambrauw. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis dengan tujuan untuk memberi gambaran mengenai situasi yang terjadi dengan menggunakan analisa kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah masyarakat sebagian besar setuju jika pelaksanaan rekrutmen CPNS dilakukan secara online dikarenakan dapat mengetahui apa itu sistem Computer Assisted Test, bisa mengikuti perkembangan zaman yang sudah modern dan lebih mengetahui ilmu pengetahuan teknologi yang sedang berkembang. Ada sebagian kecil dari masyarakat yang tidak setuju jika pelaksanaan tes ini dilakukan secara online dikarenakan kurang adanya sosialisai terhadap masyarakat terkait Rekruitmen CPNS yang berbasis Computer Assisted Test dan masih banyak masyarakat yang belum memahami tentang teknologi.

References

Buana, Ketut. Wirakusuma. PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM COMPUTER ASSISTED TEST PADA EFISIENSI BIAYA DAN AKUNTABILITAS PUBLIKASIAN HASIL (Studi pada Tes Seleksi Penerimaan CPNS di Kabupaten Jembrana dan Karangasem Tahun 2014). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 5.6 (2016):1569-1594.

Pahlevi, Rizal. 2013. Analiis Efektifitas Proses Rekrutmen dan Seleksi dalam Memenuhi Kebutuhan Sumber Daya Manusia, Jakarta : Pt. Teknologi Riset Global Investama.

Rusdi, Zainnur M. Pengaruh Sistem Rekrutmen Cpns Berbasis Computer Assisted Test (Cat) Dan Sistem Rekrutmen Cpns Konvensional Terhadap Perilaku Kontra Produktif. Jurnal Sains Manajemen, Vol.3, No. 2, 2017.

Simamora, Henry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.

Sutopo, HB. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.Press.

Triandini, Febby. Pelaksanaan Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Kota Pekanbaru dengan Sistem Computer Assisted Test (CAT) Pada Tahun 2014. Jurnal FISIP, Vol. 4, No. 2, Oktober 2017.

Yasin, Reza. Implementasi Kebijakan Pemerintah Dalam Rekrutmen Dengan Sistem Computer Assisted Test. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, Vol.13, No.2: 145-150, Januari 2015.

Peraturan Pemerintah nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Calon Pegawai Negeri Sipil.

Published

2021-06-30

How to Cite

Hidaya, N., Banggu, M., & Anifah, A. (2021). Respon Masyarakat Terhadap Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil yang Berbasis Computer Assisted Test di Distrik Sausapor Kabupaten Tambrauw. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 159–168. https://doi.org/10.33506/jn.v6i2.1377

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)