Peran Domestik dan Hubungan Sosial dalam Keluarga Perempuan Pengemudi Ojek Online Maxim di Kota Makassar

Authors

  • Lukman Rais Lecturer di Universitas Muhammadiyah Sorong https://orcid.org/0009-0004-4356-4671
  • Umar Ramli
  • Nur Hidaya Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Wahyudin Halik Lecturer di Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Arie Purnomo Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jn.v8i2.2406

Keywords:

Domestic Role, Social Relations, Family, Cooperation, Conflict

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana peran domestik dan hubungan sosial dalam keluarga perempuan pengemudi ojek online maxim di Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe deskriptif. Penentuan informan dengan Snowball Sampling, dimana informan berjumlah 8 (delapan) orang perempuan pengemudi ojek online Maxim dengan status keluarga lengkap, atau memiliki suami yang bekerja ataupun tidak lagi bekerja dan single parent. Hasil penelitian menunjukkan peran domestik perempuan pengemudi ojek online adalah menjalankan tanggung jawabnya terhadap anak dan suaminya, mengurus segala kebutuhan rumah tangga baik mengenai pendidikan maupun mengelola kebutuhan keluarga. Jika perempuan pengemudi ojek online nya itu single parent maka tanggung jawabnya lebih besar karena tidak memiliki rekan atau pasangan yang dapat diajak untuk bekerja sama dalam mengurus segala kebutuhan rumah tangga. Sementara Hubungan sosial perempuan pengemudi ojek online dalam keluarga adalah berbentuk harmonis jika terjalin kerja sama jika saling mendukung dan saling menjaga satu sama lain, tetapi tercipta konflik karena tidak seimbangnya peran yang dilakukan sehingga dibutuhkan pembagian peran dan manajemen waktu untuk mengurus keluarga dan mencari nafkah

References

Alfina, T. (2019). Tantangan Gender Bagi Perempuan Pengemudi Ojek Online (Studi Tentang Perempuan Pengemudi Go-Jek Di Kota Surabaya)” . Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arofah, A., & Yus’afin Taji Alam. (2019). Eksistensi Driver Ojek Online Wanita Sebagai Bentuk Kesetaraan Gender. Jurnal Sosiologi Nusantara Vol .5, No. 2 , Tahun 2019, 171.

Bayu, D. J. (2020, 11 11). Databoks. Diambil kembali dari Grab dan Gojek, Layanan Transportasi Online Paling Populer di Masyarakat: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/11/grab-dan-gojek-layanan-transportasi-online-paling-populer-di-masyarakat

Budiman, A. (1995). Pembagian Kerja Secara Seksual : sebuah pembahasan sosiologis tentang pria dan wanita di masyarakat. Jakarta: PT. Gramedia.

Kurniawan, F., & Soenaryo, S. F. (2019). Menaksir Kesetaraan Gender Dalam Profesi Ojek Online Perempuan Di Kota Malang. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis Vol 4, No 2, Desember 2019, 155-124.

Maxim. (2022). Jumlah ojek online maxim di Kota Makassar. Makassar.

Oktaviani, D. C. (2019). Analisis Perbandingan Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepuasan Konsumen Pengguna Layanan Gojek dan Grab. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama.

Rafidan, H. R. (2018). Kontruksi Sosial Ojek Online Perempuan. Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas .

Soekanto, S. (2010). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Rajawali Pers.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Victorine B.Q, D. Y., & Gutama, T. A. (2019). Relasi Gender dalam keluarga Perempuan Ojek-Online di Surakarta (Studi Deskriptif Pada Keluarga Perempuan Ojek-Online Go-Jek di Surakarta). Journal of Development and Social Change, Vol. 2, No. 2, Oktober 2019, 33-44.

Widowati, H. (2019, September 19). Databoks. Diambil kembali dari Inilah Potensi Pendapatan Transportasi Online dari Masa ke Masa : https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/19/inilah-potensi-pendapatan-transportasi-online-dari-masa-ke-masa

Published

2023-06-05

How to Cite

Rais, L., Ramli, U., Hidaya, N., Halik, W., & Purnomo, A. (2023). Peran Domestik dan Hubungan Sosial dalam Keluarga Perempuan Pengemudi Ojek Online Maxim di Kota Makassar. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 8(2), 296–306. https://doi.org/10.33506/jn.v8i2.2406

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>