Analisa Sosial Media Facebook Terhadap Pola Interaksi Sosial Dan Perilaku Remaja Di SMA Negeri 3 Kota Sorong
DOI:
https://doi.org/10.33506/jn.v4i2.496Keywords:
Facebook, Interaksi Sosial, Perilaku RemajaAbstract
Interaksi sosial yang biasa dilakukan di facebook jika terjadi terus menerus secara perlahan akan merubah perilaku remaja. Tujuan Penelitian ini ialah untuk mengetahui analisa dan hubungan sosial media faceboook terhadap pola interaksi sosial dan perilaku remaja. Kegunaan dari penelitian ini adalah memberikan kontribusi dan pengetahuan kepada masyarakat tentang pengembangan keilmuan yang berorientasi pada interaksi sosial dan perilaku remaja pengguna sosial media facebook. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan penyajian tabulasi data. Pengambilan Sampel dengan teknik Quota Sampling dimana peneliti mengambil 100 responden dengan menyebar kuesioner di SMA Negeri 3 Kota Sorong. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 97% siswa SMA Negeri 3 Kota Sorong memiliki akun facebook, pola interaksi sosial yang digunakan di facebook adalah berkomunikasi, bekerjasama, & pernah mngalami konflik. Siswa juga merasakan dampak positif yaitu memiliki banyak teman baru serta informasi cepat diterima negative dari facebook ialah menyita waktu belajar dan menjadi malas.namun siswa tak mengalami kecanduan facebook.mereka juga tidak mengabaikan orong sekitar ketika menggunakan facebook.
References
Apriani, Risna., 2014. Pengaruh Sosial Media Facebook Pada Siswa Kelas IX Di Madrasah Tsanawiyah Raudhatul Mu’allimin Islamiyah Darul Abror Bekasi. Skripsi Sarjana Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta: diterbitkan.
Ayu Septian, dkk., 2014. Pengaruh Penggunaan Jejaring Sosial terhadap perilaku Online Bullying Pada Remaja Dengan Metode Analisis Regresi Faktor. Universitas Islam Indonesia. 504 -18.
Basrowi dan Suwandi., 2008. Memahami Penelitian Kualitaitf. Rineka Cipta: Jakarta.
Bungin, Burhan., 2011. Penelitian Kualitatif. Kencana: Jakarta.
., 2006. Sosiologi Komunikasi. Kencana: Jakarta.
Heny Nurmandia. 2013. Hubungan Antara Kemampuan Sosialisasi Dengan Kecanduan Jejaring Sosial. Jurnal Penelitian Psikologi. IX. (2) 107-109.
Johnson, D.P. 1986. Teori Sosiologi Klasik dan Modern. Terjemahan Robert MZ Lawang. Gramedia: Jakarta.
Konsultasi Skripsi., 2013.Tabulasi (Online)cendekiaskripsi.blogspot.co.id/2013/04/tabulasi_3449.html (diakses pada tanggal 12 Desember 2016).
Nurul, Annisa., 2013. Pengaruh Blackberry Messenger Terhadap Interaksi Sosial Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru. Universitas Riau. 1-13.
Paramudita, Linanda. 2014. Perilaku Komunikasi Masyarakat Pada Tradisi Nyadranan (Bersih Desa) di Desa Karang Tengah Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk. Skripsi Sarjana Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Negri Ampel Surabaya: diterbitkan.
Ritzer, Gorge, 2004. Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Rajawali Pers: Jakarta.
Silalahi, Ulber., 2010. Metode Penelitian Sosial. PT. Refika Aditama: Jakarta.
Singarimbun dan Sofyan Effendi., 1989. Metode Penelitiaan Survey. LP3ES: Jakarta.
Slamet Mulyana., 2009. Teori Difusi Inovasi.(Online)https://wsmulyana.wordpress.com/tag/everett-m-rogers/ (diakses pada tanggal 22 Juni 2016).
SMA Negeri 3 Kota Sorong., 2016. Struktur Smanti (Online) http://sman3kotasorong.sch.id/profil-smanti/struktur-organisasi/ (diakses pada tanggal 8 Desember 2016).
Soekanto, S. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Sosiologi Ada., 2016. Cara Melakukan Tabulasi Data Riset Penelitian (Online) sosiologiada.blogspot.co.id/2016/03/cara-melakukan-tabulasi-data-riset.html (diakses pada tanggal 28 Desember 2016).
Syam. Nina. 2009., Sosioogi Komunikasi. Humaniora: Bandung.
Wikipedia Bahasa Indonesia., 2015. Facebook. (Online) https://id.wikipedia.org/wiki/Facebook (diakses pada tanggal 9 Juni 2016).
Wikipedia Bahasa Indonesia., 2015. Media Sosial. (Online) https://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial (diakses pada tanggal 8 Juni 2015).