Pentingnya Peningkatan Sumber Daya Manusia Bagi Masyarakat Melalui Pendidikan Tinggi Di Kabupaten Maybrat
DOI:
https://doi.org/10.33506/jn.v4i2.468Keywords:
Peningkatan SDM, Pendididikan TinggiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana pentingnya Sumber Daya Manusia masyarakat Kabupaten melalui pendidikan tinggi di Kabupaten Maybrat. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang diperoleh secara langsung dari informan dilapangan yang menjadi objek penelitian berupa informasi yang relevan dengan masalah yang menjadi pertanyaan dalam penelitian ini. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini mengenai Pentingnya Peningkatan Sumber Daya Manusia Bagi Masyarakat Melalui Pendidikan Tinggi Di Kabupaten Maybrat. Hasil dari penelitian ini bahwa pemerintah agar lebih memperhatikan pelayanan sumber daya manusia melalui pendidikan di Kabupaten Maybrat dengan membuat suatu terobosan baru melalui pendidikan dengan memberikan satu keharusan khusus kepada kepala Dinas Pendidikan untuk lebih perperang aktif dalam menjawab setiap kebutuhan pendidikan. Kemudian membuat suatu aturan khusus kepada setiap pegawai atau guru yang tidak berada di tempat tugas selama seminggu, maka diberikan surat panggilan kepada yang bersangkutan agar segera ketempat tugas dan apabila lebih dari sebulan maka yang bersangkutan gajinya ditahan sampai yang bersangkutan datang ketempat tugas baru di kasih gajinya. Dengan peraturan seperti ini akan membuat pegawai atau guru itu lebih betah bekerja dengan baik dan bebar – benar dapat bekerja dengan baik sehingga pelayanannya pun akan dapat berjalan dengan baik. Kemudian pemerintah kabupaten Maybrat juga harus memperhatikan sarana pendukun atau penunjang pendidikan seperti computer, listrik untuk menghidup computer dan juga akses jalan ketempat kerja yang kurang baik, perlatan belajar mengajar, karena semua ini merupakan penunjang bagi berlangsungnya suatu peningkatan sumber daya manusia melalui pendidikan.
References
Abdulsyani. Sosiologi Skematika. Teori. Dan Terapan. Bumi Aksara. Jakarta.
Anwar. Arsyad Ahmad. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini. ALFABETA. Bandung.
Ali Hamdani.1987. Filsafat Pendidikan. Kembang. Yogyakarta.
Barnadid. Sutari Imam. 1991. Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis. FIP-IKIP. Jakarta.
Basrowi. Suwardi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta. Jakarta.
Barlian Ikbal. 2013. Manajemen Berbasis Sekolah Menuju Sekolah Berprestasi. Erlangga Group. Surabaya.
Coser. at all. 1983. introduction to Sociologi. Florida : Harcourt Brace Jovanovich
Dhumhur. 1979. Sejarah Pendidikan. Ilmu. Bandung
Elly M. Setiadi. H. Kama A. Kakam. Ridwan Effendi. 2007. Ilmu Sosial Budaya dan Dasar. KENCANA PRENADA MEDIA GROUP. Jakarta.
Hasbullah. 2015. Dasar – Dasar Ilmu Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Herabudin. 2015. Pengantar Sosiologi. Pustaka Setia. Bandung.
Hamalik Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Sinar Baru Algensindo. Bandung.
Muliansyah Abdurrahman Ways. Gerakan Sosial Studi NGO Lokal. Advokasi dan Pemberdayaan Masyaraka. Mata Padi Pressindo. Yogyakarta.
Mulyasa. E. 2009. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Remaja Rosdakarya Offest. Bandung.
Nasikun. 2011. Sistem Sosial Indonesia. RAJAGRAFINDO PERSADA. Jakarta.
Ndraha Taliziduhu. 2013. Pengantar Teori Pengembangan Sumber Daya Manusia. Rineka Cipta. Jakarta.
Nata Abuddin. 2003. Manajemen Pendidikan. Fajar Interpratama Offest. Jakarta.
Piet Sohertian A. 2000. Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Asda Mahasatya. Jakarta.
Soejono Soekanto dan Budi Sulistyowati. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Sajogyo Pudjiwati Sajogyo. 2011. Sosiologi Pedesaan. GADJAH MADA UNIVERSITY PRESS. Yogyakarta.
Siagian. Sondang P. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Jakarta.
Tirtarahadja Umar. Sula La. 2000. Pengantar Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.
Usman Husain. 2008. Manajemen Teori Praktik dan Riset Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.