Sistem Remunerasi Berbasis Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Sorong

Authors

  • Arie Purnomo Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Masni Banggu Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jn.v6i1.1167

Keywords:

Sistem Remunerasi, Kinerja Pegawai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem remunerasi berbasis kinerja pegawai negeri sipil di Kabupaten Sorong. Penelitian dilaksanakan pada Badan  Kepegawaian  Daerah Kota Sorong. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif yaitu pendekatan penelitian yang mengungkapkan situasi sosial tertentu dengan mendeskripsikan kenyataan secara benar dengn teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, kemudian data dianalisis secara tepat dan benar untuk memudahkan para peneliti lain memahaminya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem remunerasi berbasis kinerja Pegawai Negeri Sipil  yang diterapkan di kantor Badan Kepegawian, Pendidikan dan pelatihan Kabupaten Sorong, sangat berpengaruh pada kinerja Pegawai sehingga  Pegawai dapat bekerja lebih baik, lebih giat karena sebagian besar pegawai negeri sipil selama ini tidak bekerja secara efektif dan efisien sehingga diharapkan dengan adanya sistem remunerasi  dari pemerintah daerah maka pegawai dapat bekerja secara baik dan disiplin.

References

Buku:

Muhammad Surya, Bunga Rampai Guru dan Pendidikan 2004 Remunerasi finansial. Jakarta: Balai Pustaka.

Sugyono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil

Jurnal:

Purnomo, A. (2018). Pelaksanaan Kebijakan Komunikasi Organisasi Pemerintahan di Indonesia. Jurnal noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 3(2), 11-26.

Purnomo, A. (2018). Studi Kuantitatif: Biaya Transaksi Dalam Perspektif Manajemen Pemerintahan Di Indonesia. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 3(1), 21-30.

Listiawati, D. Y., Suaib, M. R., & Purnomo, A. (2018). Restrukturisasi Birokrasi Dan Pengembangan Good Governance Kabupaten Sorong. Gradual, 7(1), 67-79.

Mambtisauw, D., Suaib, H., & Purnomo, A. (2017). Efektivitas Dan Efisien Kinerja Organisasi Publik Di Distrik Kepulauan Ayau. Gradual, 6(2), 66-83.

Syama, M., Amiruddin, A., & Purnomo, A. (2019). Faktor Motivasi Dalam Kinerja Pegawai Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Sorong. Jurnal Faksi: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2(2), 12-20.

Yappen, M. M., Karsiman, K., & Purnomo, A. (2019). Fungsi Dan Peranan Pemerintah Kabupaten Raja Ampat Dalam Proses Pembangunan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Faksi: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2(2), 1-11.

Sulistiyani, S., Amiruddin, A., & Purnomo, A. (2019). Pengembangan Sumber Daya Manusia (Sdm) Dalam Kinerja Pegawai Distrik Aimas Kabupaten Sorong. Jurnal Faksi:

Downloads

Additional Files

Published

2020-12-26

How to Cite

Purnomo, A., & Banggu, M. (2020). Sistem Remunerasi Berbasis Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Sorong. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 6(1), 49–62. https://doi.org/10.33506/jn.v6i1.1167

Most read articles by the same author(s)