Persepsi Masyarakat Tentang Pendidikan Menengah Di SMA Negeri 2 Kota Sorong

Dg Pabalik(1), Ibrahim Ibrahim(2),
(1) Universitas Muhammadiyah Sorong
(2) Universitas Muhammadiyah Sorong

Corresponding Author
Copyright (c) 2019 Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial

DOI : https://doi.org/10.33506/jn.v4i2.470

Full Text:    Language : en
Submitted : 2019-06-24
Published : 2019-06-30

Abstract


Persepsi masyarakat terhadap pendidikan menengah, khususnya SMAN 2 Kota Sorong Kota Sorong sangat bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi masyarakat tentang pendidikan menengah di Kota Sorong, khususnya SMAN 2 Kota Sorong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana metode pengumpulan data yang digunakan ialah: (1) wawancara mendalam, (2) observasi partisipasi, dan (3) dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode analisis data kualitatif Moleong. Hasil Penelitian ini menunjukkan :  Pertama, Kualitas pembelajaran dan lulusan, pola kepemimpinan, kemampuan guru, kerja sama dan keterjangkauan lokasi sekolah merupakan pembentuk persepsi masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan menengah, Kedua, Makna pendidikan menengah mengarah pada  kebutuhan kerja dan melanjutkan studi. Ketiga, Karakteristik pendidikan menengah adalah untuk menumbuhkan kemampuan dalam soft skills dan life skills; Keempat, Siswa memiliki peluang lebih besar untuk berprestasi bila sekolah memiliki kondisi sosial ekonomi lebih baik. Sebaliknya, siswa  cenderung berprestasi lebih rendah dari yang semestinya, bila sekolah memiliki kondisi sosial ekonomi lebih lemah; Kelima, Pendidikan masyarakat yang rendah menunjukkan kualitas sumber daya manusia yang rendah dan  merugikan secara individu maupun Negara. Berdasarakan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa persepsi masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan menengah ditentukan oleh kualitas pembelajaran, kualitas lulusan, pola kepemimpinan, kemampuan guru, kerja sama dan aksesibilitas 


Keywords


Persepsi, Makna, Penyelenggaraan, Pendidikan

References


Abbas, Kasmawati and Zainudin Bin Hassan, 2014. “Integrated Learning Model Cultural-Art And Character Education.” e-journal International for Innovation Education and Research Faculty of Education, UTM, Skudai, Johor Bahru. Volume 02-8. (www.ijier.net/index.php/ijier)

Armstrong, David G. and tom V. Savage, 1983. Secondary Education. Macmillan Publishing Co., Inc. New York.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Sorong, 2009. “Kota Sorong Dalam Angka 2009”. Kota Sorong, Papua Barat.

Bettencourt, A , 1989.What is Contructivism and Why are They All Talking about it? Michigan: Michigan State University.

Bock, John, C,1992. Education and Development : A Conflict Meaning.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas, 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.

Fosnot, Catherine Twomey, 1996, Constructivsm:Theory,Perspectives, and Practice, New York and London: Teacher College Press Columbia University.

Husain, B. and Ibrahim, I., 2019. Perbedaan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa Ditinjau dari Tipe Kepribadian Introvert dan Extrovert. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 7(2), pp.91-106.

Kahar, M.S., Layn, M.R. and Mandasari, I., 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Interactive Conceptual Interaction (ICI) dalam Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 3(2), pp.56-62.

Kaharuddin, K., 2017. Hubungan Antara Kepemimpinan Manajerial Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru SMA Negeri Kabupaten Bulukumba. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), pp.29-42.

Kotler, 1992. Dasar-Dasar Pemasaran .Jakarta: PT Midas Surya Grafindo.

Malcom, Hardy & Steve, Heyes, 1988. Pengantar Psikologi: Edisi kedua. Jakarta: Erlangga.

Moleong, Lexy J, 2001.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pannen, Paulina, dkk,2001. Konstruktivisme. Dalam sistem Pembelajaran. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.

Susilowati, Dwi, 2001.” Hubungan Tingkat Pendapatan Dan Pendidikan Orang Tua Dengan Tingkat Pendidikan Anak Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Desa Tawang Argo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang”, dalam www.itb.centrallibrary.go.id. diakses pada September 2008.

Wael, A., Asnur, M.N.A. and Ibrahim, I., 2018. Exploring Students’ Learning Strategies in Speaking Performance. International Journal of Language Education, 2(1), pp. 65-71.

Winardi, 1991. Marketing dan Perilaku Konsumen. Bandung : Mandar Maju

Zamroni, 2001). Paradigma Pendidikan Masa Depan Yogyakarta. Yogyakarta: Biagraf publishing.


Article Metrics

 Abstract Views : 100 times
 PDF Downloaded : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.