Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal Pada Suku Melayu Sambas

Authors

  • Bayu Suratman UIN sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.33506/jn.v4i2.436

Keywords:

Pendidikan Anak Usia Dini, Kearifan Lokal, Melayu Sambas

Abstract

Abstrak

Fokus artikel ini mendeskripsikan pendidikan anak usia dini dalam keluarga Melayu  kabupaten Sambas yang berbasis kearifan lokal. Kearifan lokal mendidik anak dalam masyarakat Melayu Sambas diantaranya: Pendidikan melalui cerita rakyat, pendidikan karakter anak melalui pantang larang, dan mendidik anak melalui lingkungan alam. Pendidikan anak usia dini berbasis kearifan lokal dalam keluarga Melayu Sambas sudah berlangsung lama dan secara turun-menurun dalam kehidupan sehari-hari. Artikel ini ditulis secara deskriptif, berangkat dari riset kualitatif yang penulis lakukan, berdasarkan pengamatan dan wawancara mendalam pada masyarakat Melayu Sambas.

Kata Kunci: Pendidikan Anak Usia Dini, Kearifan Lokal, Melayu Sambas

Abstract

The Focus of the article describes early childhood education in the families Malay of the  Sambas Which is based on local wisdom.  Local wisdom educating children in Sambas  Malay communities includes: Education through folklore, child character education through pantang larang, and  educating children through the natural environment. Early childhood education based on local wisdom in Sambas Malay families has been going on for a long time and has been descreasing in daily life. This article was written descriptively, departing from qualitative research that the author did, based on observations and indepth interviews with Sambas Malay people.

Keywords: Early childhood education, local wisdom, Sambas Malay

 

 

References

Adib, Mohammad, “Agen dan Struktur dalam Pandangan Pierre Bourdieu.†dalam jurnal BioKultur, Volume 2, Nomor 1, 2012.

Arif, Mahmud,dkk, Antologi Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar Islam, Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2013.

Arismantoro, pen, Tinjauan Berbagai Aspek Character Building: Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter?,Yogyakarta: Tiara Wacana, 2008.

Bourdieu, Pierre, Arena Produksi Kultural Sebuah kajian Sosiologi Budaya, Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2012

Dian Andayan, Abdul Majid, Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Heriyanto, “Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Berbasis Lingkungan Alamâ€, dalam jurnal AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, Volume.3, Nomor 2, 2017.

Hermansyah, Islam dan Melayu di Borneo. Pontianak: IAIN Pontianak Press, 2012.

Kurniawan, Syamsul, Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga,Sekolah, Perguruan Tinggi, & Masyarakat. Yogyakarta: AR-RUZZ Media, 2013.

Kurniawan, Syamsul, “Pantang Larang in the Sepinggan Village Muslim Community from the Perspective of Character Education.†dalam jurnal Ta’dib, Volume 2, Nomor 21, 2016.

Kurniawan, Syamsul, Apa Yang tersisa Dari Indonesia ? Esei-Esei Politik, Sosial dan Pendidikan, Pontianak: Top Indonesia, 2017.

Kurniawan, Syamsul, “Pantang Larang dalam Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Orang Melayu Sambas Desa Sepingganâ€, dalam International Conference Proceeding, IAIN Pontianak, April 2017.

Kurniawan, Syamsul, “Pantang Larang and The Environmental Wisdom of Sambasness Malay In The Sepinggan Vilaggeâ€, dalam jurnal KALAM, Volume.12, Nomor 1 tahun 2018.

Kristanto, M “Pemanfaatan Cerita Rakyat Sebagai Penanaman Etika Untuk Membentuk Pendidikan Karakter Bangsaâ€, dalam jurnal Mimbar Sekolah Dasar, Volume. 1, Nomor1, 2014

Lickona, Thomas, Pendidikan Karakter:Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan baik. Bandung: Nusa Media, 2013.

Lizawati, “Cerita Rakyat Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Dalam Membangun Generasi Literat,†dalam Jurnal Sebasa, Volume 1, Nomor 2, 2013.

M. Noor, Rohinah, Pendidikan Karakter Berbasis Sastra Solusi Pendidikan Moral Yang Efektif, Yogyakarta: AR-RUZZ Media, 2011.

Mansur, Pendidikan Anak Usia Dini dala Islam, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009.

Maulidya Ulfah, & Suyadi. Konsep Dasar Paud. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Mubiar Agustin, Uyu Wahyudin. Penilaian Anak Usia Dini: Panduan untuk Guru, Tutor, Fasilitator dan Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Refika Aditama, 2011.

Muchlas Samani & Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Mutahir, Arizal, Intelektual Kolektif Pierre Bourdieu: Sebuah Gerakan Melawan Dominasi, Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2011

Mukodi, Mendialogkan Pendidikan Kita Sebuah Antologi Pendidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama, 2011.

Partini. Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media, 2010.

Ratna,dkk, Pendidikan Keluarga Berbasis Budaya Tradisional Pada Masyarakat Kota Medan, Banda Aceh: BPNB Banda Aceh, 2013

Sudewo,Erie, Character Building, Jakarta: Republika, 2011.

Susilo, Rachmad K.Dwi . Sosiologi Lingkungan. Jakarta: Rajawali, 2012.

Suyadi. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

Syamsul Kurniawan & Bayu Suratman, Bertani Padi dan Etos Kerja Petani Perempuan dari Suku Melayu Sambas, dalam jurnal Raheema: Jurnal Gender dan Anak, Vol.5, No.1, 2018.

Suratman, Bayu, Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Cerita Rakyat dan Bermain Singinca’an pada Suku Melayu Sambas Desa Sepadu, Proceedings Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, 2018.

Yus, Anita, Model Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana, 2011.

Yusriadi, Identitas Orang Melayu di Hulu Sungai Sambas, dalam jurnal Khalustiwa, Volume 5, Nomor 1, Maret 2015.

Downloads

Published

2019-06-30

How to Cite

Suratman, B. (2019). Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal Pada Suku Melayu Sambas. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 4(2), 107–117. https://doi.org/10.33506/jn.v4i2.436

Issue

Section

Articles