IMPLEMENTASI DESAIN AREA KERJA BAGI PEGAWAI UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI KINERJA PADA KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA SORONG
Keywords:
Desain Area Kerja, Efektivitas Dan Efisiensi, Kinerja.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi desain area kerja bagi efektifitas dan efisiensi kinerja bagi pegawai Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Sorong. Organisasi yang memperhatikan penataan ruang kerja akan dapat meningkatkan produkvitas dari kinerja pegawai. Oleh sebab itu perlu terus diperhatikan dan ditingkatkan penataan ruang yang sesuai dengan alur kerja setiap kantor atau bagian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah implementasi desain area kerja pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Sorong sudah sesuai dengan standar yang diberikan dari Kantor Pusat dan bagaimana efektivitas dan efisiensi yang terjadi pada kinerja pegawai. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan teknik analisis data yang digunakan adalah deskristif. Sumber data berasal dari hasil wawancara dan pengamatan yang dilakukan terhadap pegawai Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Sorong. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa implementasi desain kerja pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Sorong secara umum dapat dikatakan sudah baik dengan melihat beberapa aspek dan fasilitas yang ada pada kantor tersebut meskipun masih terus ada peningkatan yang harus dilakukan untuk menunjang kinerja pegawai.
References
Adisasmita, Rahardjo, 2011, Pengelolaan Pendapatan dan Anggaran Daerah, Yogyakarta : Graha Ilmu.
Bagian Pengembangan Pegawai Setditjen Perbendaharaan, 2012, Modul Pandangan Umum Keuangan Negara.
Ditjen Perbendaharaan, 2013, Pedoman Lay Out & Design Bangunan.
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara, 2014, Profil KPPN Sorong.
Moekijat, 1997, Administrasi Perkantoran, Bandung : Mandar Maju.
Saksono, Drs. Slamet, 1988, Administrasi Kepegawaian, Yogyakarta : Penerbit Kanisius.
Sedarmayanti, 1992, Dasar-dasar Pengetahuan tentang Manajemen Perkantoran, Bandung : Ilham Jaya.
___________, 2009, Tata Kerja dan Produktivitas Kerja, Bandung : Alfabeta.
Siagian, Sondang P., 2000, Manajemen Abad 21, Jakarta : Bumi Aksara.
Sukoco, Badri Munir, 2007, Manajemen Administrasi Perkantoran Modern, Jakarta : Penerbit Erlangga.
Syama, M., Amiruddin, A., & Purnomo, A. (2019). Faktor Motivasi Dalam Kinerja Pegawai Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Sorong. Jurnal Faksi: Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 2(2), 12-20.
Tangkilisan, Hessel Nogi, 2005, Manajemen Publik, Jakarta : Gramedia Widisarana Indonesia.
The Liang Gie, 2007, Administrasi Perkantoran Modern, Yogyakarta : Penerbit Liberty.
Usman, Husaini, 2006, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta : Bumi Aksara.
Winardi, 2003, Teori Organisasi dan Pengorganisasian, Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.