Pelatihan Keterampilan Membuat Hiasan Busana (Embroidery) Pada Masyarakat Kelurahan Majener Kabupaten Sorong

Authors

  • Febry Jein Andjar Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Retno Dewi Wijiastuti Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Addiyat Nova Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v2i2.1234

Keywords:

Pelatihan, Hiasan Busana, Kelurahan Majener.

Abstract

Kelurahan Majener yang wilayahnya berada di wilayah Kabupaten Sorong dengan kepadatan penduduk yang sudah lumayan tinggi. Sehingga untuk dapat memenuhi kemandirian perlu diadakan program pelatihan dari pemerintah. Pelatihan tersebut diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan taraf kehidupan dengan memanfaatkan peluang usaha yang ada.  Kegiatan Pelatihan bertempat di Gedung Serba Guna Kelurahan Majener. Adapun peserta pelatihan terdiri dari ibu-ibu rumah tangga dan anggota PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) Kelurahan Majener. Total peserta pelatihan yakni 50 orang. Pelatihan dilakukan dengan meyiapkan tempat kerja dan alat, yang dilajutkan dengan membuat desain hiasan busana mulai dari memperkenalkan teknik dan juga bentuk dari ragam hias itu sendiri. Setelah mempraktekkan, peserta kemudian diberi kesempatan untuk mencontohkan setiap tahapan. Antusiasme peserta yang luar biasa dalam pelatihan membuat hiasan busana yang merupakan hal yang baru bagi peserta sehingga seringkali tejadi diskusi disela-sela praktek yang dilakukan, dan pemateri masih terus mendampingi bahkan selalu mengulang rangkaian proses hingga peserta benar-benar mahir dan bisa melakukannya sendiri di rumah. Pelatihan membuat hiasan busana dapat menjadi salah satu alternatif usaha dalam bidang busana, sehingga diharapkan dapat meningkatkan taraf kehidupan khususnya masyarakat Kelurahan Majener.

References

Asmaningrum, R., Teknik, F., Surabaya, U. N., Sulandjari, S., Teknik, F., & Surabaya, U. N. (2013). Peran Tutor Sebaya Dalam Pelatihan Lekapan Kain Pada Busana. 02.

Citra Kunia putri dan trisna insan Noor, 2011. (2013). Analisis Pendapatan Dan Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Petani, 53(9), 1689–1699.

Hati, I. P. (2019). (2009). Bab I Pendahuluan Ù. Journal Information, 10(2008), 1–16.

Hendariningrum, R., & Susilo, E. M. (2008). Fashion dan Gaya Hidup: Identitas dan Komunikasi. Ilmu Komunikasi, 6(2), 25–32. http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/viewFile/38/42

Maryam, N. R., Hasil, K., Membuat, B., Pada, H., Terhadap, B., & Membuka, K. (2014).

Norma Rahmi Maryam, 2014 Kontribusi Hasil Belajar Membuat Hiasan Pada Busana Terhadap Kesiapan Membuka Usaha Sulaman Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. 1–5.

Nuraiyah, D., & Setiawati, A. (n.d.). PENERAPAN HASIL BELAJAR “ MEMBUAT HIASAN BUSANA †PADA PEMBUATAN BUSANA PESTA ANAK salah satunya yaitu Program Keahlian Busana Butik . Program Keahlian Busana keterampilan yang dapat dipilih oleh yang dikembangkan di SMK NEGRI 6 NEGRI 6 Garut Program Keah.

Riwayani, R., & Irmawati, I. (2017). Efektivitas Pendidikan dan Pelatihan Membordir di BLKI Makassar. Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNM, 179–184. http://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/4004

Siswoyo, N. A. (2016). Peningkatan Ekonomi Keluarga Melalui Aktivitas Komunitas Sulam Pita di Kampung 1001 Malam Surabaya. E-Journal, 05(01).

Suryantikasari, F., Teknik, F., Surabaya, U. N., Kharnolis, M., Teknik, F., & Surabaya, U. N. (2020). MENGHIAS HIJAB SYAR ’ I DENGAN SULAM PITA EROPA MENGGUNAKAN HANDOUT PADA IBU PKK DI DESA BANJAREJO KECAMATAN NGADILUWIH. 09.

Downloads

Published

2021-02-12

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)