Komposisi Jenis Dan Zonasi Mangrove Di Kampung Gisim Kabupaten Sorong

Authors

  • Lona Helty Nanlohy Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Azis Maruapey Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Yolanda Malaum Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/md.v9i1.289

Keywords:

komposisi jenis, zonasi, mangrove

Abstract

Komposisi jenis merupakan formasi  jenis yang berada pada suatu tempat. Penyebaran vegetasi mangrove membentuk bentuk  khas yaitu membentuk  zonasi sejajar garis pantai. Terdapat zonasi  mangrove tertentu dari mulai arah pantai ke darat. Hal yang menarik adalah bahwa jenis-jenis mangrove yang menempati zona-zona tersebut tidak selalu sama untuk setiap daerah yang diteliti. Hal ini menunjukan adanya banyak faktor yang mengendalikan zonasi vegetasi mangrove.Metode penelitian  yang digunakan adalah penelitian  survey, dengan teknik  sampling sistematik menggunakan metode kombinasi antara metoda jalur dan metoda garis berpetak.Komposisi jenis mengrove di Kampung Gisim Kabupaten Sorong terdiri dari mangrove mayor (mangrove sejati)  sebanyak 5 jenis yaitu Rhizophora mucronata, Bruguiera gymnorrhiza,  Bruguiera sexangula,   Ceriops Tagal  dan  Nypa fruticans dan Mangrove  minor  yaitu jenis Xylocarpus granatum. Zonasi pada lokasi penelitian secara umum dibagi menjadi 3 zona, yaitu : zona proximal, zona midle, dan zona distal.  Zona proximal merupakan zona yang berbatasan langsung dengan laut dan merupakan zona dari jenis Rhizophora mucronata  Zona midle adalah zona pertengahan yang terletak diantara darat dan laut, jenis yang berada zona yaitu  jenis  Bruguiera sexangula  Bruguiera gymnorrhiza. Ceriops Tagal dan Xylocarpus granatum dan Zona distal adalah zona yang berada dibelakang zona middle  yaitu jenis  Nypa fruticans.

References

DAFTAR PUSTAKA

Arief, A. 2003. Hutan Mangrove : Fungsi dan Manfaatnya. Penerbit Kanisius.Yogyakarta.

Bengen, D. G. 2000. Teknik pengambilan contoh dan analisis data biofisik sumberdaya pesisir. PKSPL-IPB. Bogor.

Bengen. D. G. 2001. Pedoman Teknis Pengenalan dan Pengelolaan Ekosistem

Mangrove. Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Bengen, D. G. 2004. Pedoman teknis: Pengenalan dan pengelolaan ekosistem mangrove. PKSPL-IPB. Bogor.

Dahuri, R, J. Rais, S. P. Ginting dan M. J. Sitepu. 1996. Pengelolaan SumberdayaWilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu. Penerbit Pradya Paramita.Jakarta

Dahuri, R. 2003. Keanekaragaman Hayati Laut : Aset Pembangunan Berkelajutan Indonesia. Penerbit Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Darsidi, A. 1986. Perkembangan pemanfaatan hutan mangrove di Indonesia. Prosiding Seminar II Ekosistem Mangrove, Denpasar, Bali. 5 – 8 Agustus 1986.

Indriyanto. 2006. Ekologi Hutan. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.

Istomo. 1992. Tinjauan ekologi mangrove dan pemanfaatannya di Indonesia. Lab. Ekologi Hutan. Jurusan Manajemen Hutan, Fakultas Kehutanan, IPB. Bogor.

Kitamura, S., C. Anwar, A. Chaniago dan S. Baba. 1997. Buku panduan mangrove di Indonesia. ISME. Denpasar. Indonesia.

Kusmana, C. 1997. Manajemen hutan mangrove Indonesia. Lab Ekologi Hutan. Jurusan Manajemen Hutan, Fakultas Kehutanan, IPB. Bogor.

Kusmana, C, S. Wilarso, I. Hilwan, P. Pamoengkas, C. Wibowo, T. Tiryana, A.

Triswanto, Yunaswi dan Hamzah. 2003. Teknik Rehabilitasi Mangrove. Fakultas Kehutanan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Munawar. 1995. Studi Zonasi Vegetasi Mangrove di Teluk Gilimanuk Taman

Nasional Bali Barat Propinsi Bali. (Tesis). Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Nontji, A. 1987. Laut nusantara. Djambatan. Jakarta.

Nybakken, J. W. 1988. Biologi Laut : Suatu Pendekatan Ekologis. Penerbit Gramedia. . Jakarta.

Nybakken, J. W. 1992. Biologi Laut : Suatu pendekatan ekologis (Terjemahan oleh : M. Eidman, Koessoebiono dan D. G. Bengen, M. Hutomo dan Sukristijono). Penerbit PT. Gramedia. Jakarta. Indonesia.

Poedjirahajoe, E. 1995. Peranan Akar Bakau Sebagai Penyangga Kehidupan Biota Laut Di Kawasan Rehabilitasi Mangrove Pantai Pemalang Jawa Tengah. (Tesis). Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Poedjirahajoe, 2007. Ekologi Mangrove. Bahan Kuliah. Program Sudi IlmuKehutanan. Sekolah Pasca Sarjana. Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Romomohtarto, K, S. Juwana. 2007. Biologi Laut : Ilmu Pengetahuan TentangBiota Laut. Penerbit Djambatan. Jakarta.

Tjardhana dan E. Purwanto. 1995. Hutan Mangrove Indonesia. Duta Rimba.

Jakarta

Downloads

Published

2018-12-29

How to Cite

Nanlohy, L. H., Maruapey, A., & Malaum, Y. (2018). Komposisi Jenis Dan Zonasi Mangrove Di Kampung Gisim Kabupaten Sorong. Median : Jurnal Ilmu Ilmu Eksakta, 9(1), 25–35. https://doi.org/10.33506/md.v9i1.289

Most read articles by the same author(s)