Analisis Kemandirian Belajar Matematika Siswa dalam Masa Pandemic

Authors

  • Grace Irene Burdam Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Rahmatullah Bin Arsyad Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Hasnia Ramadhani Rumauw Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Nika Fetria Trisnawati

DOI:

https://doi.org/10.33506/jpm.v1i1.2942

Keywords:

Analisis; Kemandirian Belajar; Pembelajaran Matematika

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada masa pandemic dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VI SD INPRES 66 kota Sorong sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kemandirian, observasi pembelajaran, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan yaitu “kemandirian belajar siswa saat pandemi masih dalam memenuhi kategori cukup”. Hal ini terlihat dari Hasil angket yang menunjukkan bahwa siswa memiliki tingkat kemandirian yang cukup, dengan persentase kesiapan siswa 68%, kemampuan menguasai materi 76%, dan kedisiplinan 72%. Wawancara dengan guru matematika menyoroti peran kunci teknologi dan dukungan sekolah dalam mengatasi kendala pembelajaran daring. Observasi menunjukkan bahwa siswa mencapai kategori cukup dalam kesiapan, kemampuan menguasai materi, dan kedisiplinan.

Abstract

The aim of this research is to determine students' learning independence in mathematics learning during the pandemic using descriptive qualitative research methods. The subjects of this research were 25 grade VI students at INPRES 66 Elementary School, Sorong City. Data collection techniques use independence questionnaires, learning observations, interviews, and documentation. The results obtained from the research that has been carried out are "students' learning independence during the pandemic still meets the sufficient category". This can be seen from the results of the questionnaire which shows that students have a sufficient level of independence, with a percentage of student readiness of 68%, ability to master the material 76%, and discipline 72%. Interviews with mathematics teachers highlight the key role of technology and school support in overcoming barriers to online learning. Observations show that students reach the sufficient category in terms of readiness, ability to master the material, and discipline

References

Arsyad, R. Bin, Sabu, H., Setyo, A. A., & Payapo, F. (2023). Penerapan Lembar Kerja Siswa (Lks) Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Matematika. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(1), 50–57.

Fathurrahman, M., Husein, A. K., Tahang, H., & Ba’diyah, A. S. (2023). Pembelajaran Daring Selama Covid-19: Evaluasi Pengalaman Dan Tantangan Siswa. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(01), 11–21.

Ismail, R. N., Fauzan, A., Yerizon, & Arnawa, I. M. (2021). Analysis of Student Learning Independence as the Basis for the Development of Digital Book Creations Integrated by Realistic Mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1742(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1742/1/012041

Kameubun, B., Mahendra, F. E., Supriadi, & Al-Lahmadi, N. (2023). Pengaruh Tingkat Kecemasan Siswa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(1), 40–49.

Kurniasih, N., Hidayani, F., Muchlis, A., & Soebagyo, J. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMA Kelas XI Selama Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(2), 116–126. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i2.6568

Mela Pratika, M. P., & Wahyuni, S. (2022). Analisis Komparasi Hasil Belajar Matematika Siswa SMP saat Pembelajaran Daring dan Luring Terbatas. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 2(1), 62–71. https://doi.org/10.51574/kognitif.v2i1.443

Mulyono, Komayanti, & Kokop, N. (2022). Profesionalisme Guru MI Dalam Menerapkan Strategi Pendidikan Matematika Realistic (PMR) Di Masa Pandemic-19. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 27–35. https://doi.org/10.30738/union.v10i1.10414

Mulyono, M., Setyo, A. A., & Trisnawati, N. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Virtual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Statistik Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 411–422. https://doi.org/10.30738/union.v8i3.8356

Rahayu, I. F., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 789–798. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.789-798

Reniwurwarin, H., Kahar, M. S., Rusani, I., & Riski, W. O. (2023). Analisis Pengaruh Metode Kerja Kelompok Dalam Mata Pelajaran Matematika Siswa. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(1), 22–28.

Sari, R. N., & Amalia, A. V. (2021). The Effectiveness of Blended Learning Using Moodle on Student Independence and Learning Outcomes. Journal of Environmental and Science Education, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/jese.v1i1.45077

Sipayung, T. N., Imelda, Siswono, T. Y. E., & Masriyah. (2022). An analysis of students learning independence in mathematics based on google classroom. Journal of Physics: Conference Series, 2157(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2157/1/012037

Suleang, F., Katili, N., & Zakiyah, S. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 8(1), 29–35. https://doi.org/10.34312/euler.v8i1.10392

Supiani, E. M., & Firmansyah, D. (2023). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pasca Pembelajaran Daring. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(3), 1125–1134. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17066

Trisnawati, N. F., Fathurrahman, M., & Basna, D. M. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Smp Menggunakan Pembelajaran Daring Berbasis Google Meet. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 250–260. https://doi.org/10.37478/jpm.v3i2.1773

Trisnawati, N. F., Supriadi, S., & Warfandu, S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Aplikasi Google Classroom Dan Google Meet Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 347–355.

Wege, K., Harso, A., & Wolo, D. (2022). Analysis of student learning independence during the pandemic. Journal of Research in Instructional, 2(1), 87–96. https://doi.org/10.30862/jri.v2i1.34

Downloads

Published

2023-12-07

How to Cite

Burdam, G. I., Arsyad , R. B., Rumauw , H. R., & Trisnawati, N. F. (2023). Analisis Kemandirian Belajar Matematika Siswa dalam Masa Pandemic. LIMIT : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.33506/jpm.v1i1.2942

Issue

Section

Articles