Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Model Pembelajaran Problem Solving

Authors

  • Ania Yulita Sipahelut Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Regina Amelia Sarira Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Yosias Umpes Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Sundari Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jpm.v1i1.2937

Abstract

Abstrak

Pentingnya berpikir kritis dan keterampilan problem solving dalam pendidikan terletak pada perubahan paradigma pembelajaran, dengan penekanan yang semakin meningkat pada penguasaan konsep, kemampuan analisis dan penerapan pengetahuan ke dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk  menganalisis keterampilan berpikir kritis melalui model pembelajaran problem solving. Jenis penelitian deskriptif kualitatif ini dilakukan di SMPIT Al-Izzah Kota Sorong. Teknik tes dan wawancara digunakan dalam pengumpulan data. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen yang sudah dinyatakan valid untuk digunakan.  Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa telah mengalami perkembangan dalam keterampilan berpikir kritis dan  kemampuan berpikir kritis siswa berada pada kategori sedang. Dengan demikian, disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis memiliki pengaruh positif dari paradigma pembelajaran problem solving.

Abstract

The importance of critical thinking and problem-solving skills in education lies in changing the learning paradigm, emphasizing mastery of concepts, analytical skills, and application of knowledge to the real world. This research analyzes critical thinking skills through a problem-solving learning model. This qualitative descriptive research was conducted at SMPIT Al-Izzah, Sorong City. Test and interview techniques were used in data collection. The instruments used are instruments that have been declared valid for use. Research findings show that students have experienced development in critical thinking skills, and students' critical thinking abilities are in the medium category. Thus, it is concluded that necessary thinking skills positively influence the problem-solving learning paradigm.

References

Almarzooq, Z. I., Lopes, M., & Kochar, A. (2020). Virtual Learning During the COVID-19 Pandemic: A Disruptive Technology in Graduate Medical Education. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015

Ariyanto, M., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Guru Kita PGSD, 2(3), 106. https://doi.org/10.24114/jgk.v2i3.10392

Blyznyuk, T. (2019). Formation of Teachers’ Digital Competence: Domestic Challenges and Foreign Experience. Journal of Vasyl Stefanyk Precarpathian National University, 5(1), 40–46. https://doi.org/10.15330/jpnu.5.1.40-46

Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.517

Haryani, D. (2011). Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 1980, 121–126.

Hodiyanto, H. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gender. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 219. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.15770

Indah Eka Budiarti, M., & Ruslan, M. (2018). Critical Thinking of Extrovert Girls in Problem Solving. 160(Incomed 2017), 140–142. https://doi.org/10.2991/incomed-17.2018.30

Kahar, M. S., Syahputra, R., Arsyad, R. Bin, Nursetiawan, N., & Mujiarto, M. (2021). Design of Student Worksheets Oriented to Higher Order Thinking Skills (HOTS) in Physics Learning. Eurasian Journal of Educational Research, 2021(96), 14–29. https://doi.org/10.14689/ejer.2021.96.2

Kurniawan, N. A., Hidayah, N., & Rahman, D. H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(3), 334. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i3.14579

Patmawati, T. A., Saleh, A., & Syahrul, S. (2018). Efektifitas Metode Pembelajaran Klinik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kepercayaan Diri Mahasiswa Keperawatan : A Literature Review. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 3(2), 88–94. https://doi.org/10.30651/jkm.v3i2.1823

Pentury, H. J. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. Tahta Media Group, 44.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099-2104.

Ratana Subha Tusitadevi, & Suhandi Astuti. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V. Inventa, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.36456/inventa.5.1.a3528

Sahnan, M. (2017). Urgensi Perencanaan Pendidikan Di Sekolah Dasar. Jurnal PPkn Dan Hukum,12(2),142–159.

Setyo, A. A., Fathurahman, M., Anwar, Z., & PdI, S. (2020). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (Vol. 1).

Yustina, S., Irhasyuarna, Y., & Kusasi, M. (2015). Penerapan metode pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi koloid kelas xi ipa sma negeri 4 banjarmasin. Quantum Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 6(2), 108–117.

Downloads

Published

2023-12-02

How to Cite

Yulita Sipahelut, A., Sarira, R. A., Umpes, Y., & Sundari. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Model Pembelajaran Problem Solving. LIMIT : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15–20. https://doi.org/10.33506/jpm.v1i1.2937

Issue

Section

Articles