Analisis Hasil Belajar Mahasiswa PGSD dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Bilangan Bulat
DOI:
https://doi.org/10.33506/jpm.v1i1.2948Keywords:
Analisis Kesalahan; Bilangan Bulat; Hasil Belajar; Operasi hitungAbstract
Abstrak
Penelitian ini dilakukkan untuk mengevaluasi hasil belajar dan permasalahan yang dihadapi mahasiswa semester ganjil pada program studi pendidikan guru sekolah dasar (PGSD) di Universitas Muhammadiyah Sorong (UNAMIN) tahun akademik 2023/2024. Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah pada penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester 1 kelas A dan B yang mengikuti mata kuliah pengantar dasar matematika dan mengerjakan soal tes yang berjumlah 89 mahasiswa. Hasil tes belajar dan data kesalahan mahasiswa merupakan data utama dalam penelitian dan dikumpulkan melalui instrumen tes hasil belajar mahasiswa yang diorentasikan pada kemampuan berfikir Kritis dan dilakukan analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat 47,19% dan 42,70% yang berada level berfikir kurang kritis dan berfikir sangat kurang kritis dan rendahnya hasil belajar mahasiswa disebabkan oleh kesalahan pemahaman konsep, kesalahan operasi hitung, kesalahan memahami simbol operasi matematika, dan kesalahan dalam mahami informasi dan mengerjakan atau menyelesaikan soal.
Abstract
This research evaluated various learning outcomes and problems faced by the Muhammadiyah University of Sorong primary school teacher education (PGSD) study program students for the 2023/2024 academic year. The research method applied is a descriptive qualitative approach. The research sample was 1st-semester students of classes A and B who took a basic introductory mathematics course and took test questions, totaling 89 students. The research data is in the form of student learning outcomes data and student answer data collected from learning outcomes tests oriented towards critical thinking skills and descriptive analysis. The research results show that there are still 47.19% and 42.70% in the less essential and significantly less necessary categories. The low student learning outcomes are caused by errors in understanding, processing, or calculating operations and mistakes in understanding or analyzing question information.
References
Andrean, N. J., Noer, S. H., & Asmiati. (2019). Pengembangan Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif dan Kemandirian Belajar Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 270–278.
Anugrahana, A. (2020). Analisis kesalahan matematika konsep operasi hitung bilangan bulat mahasiswa calon guru sekolah dasar. Sigma, 5(2), 91-99.
Arsyad, RB. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Cooperative Learning dan teknik Napier pada siswa kelas IV B SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong. Jurnal Qalam. Vol. 5, No. 2, Hal 14-25, Desember 2016
Asmar, A., & Delyana, H. (2020). Berpikir Kritis Melalui Penggunaan Software Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 221–230.
Farib, P. M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019). Proses berpikir Kritis matematis siswa sekolah menengah pertama melalui discovery learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 99–117.
Fathurrahman, M. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, Vol. 5, No. 1, Hal 1-7, Juni 2016
Fitriyani, W., & Sugiman, S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teorema Pythagoras Dengan Pendekatan Ideal Berbantuan Geogebra. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 268–283. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2681
Harianti, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Dan Hasil Belajar Siswa Materi Operasi Aljabar Kelas VII SMP. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 82–91.
Haryana, Y., & Setialesmana, D. (2017). Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Peningkatkan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematik. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 43–52.
Jana, P., & Fahmawati, A. A. N. (2020). Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 213–220.
Listyotami, M. K., Noer, S. H., & Haenilah, E. Y. (2018). Discovery Learning to Develop Student Reflective Thinking Ability and Self-Efficacy. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 73–84.
Masfingatin, T., & Murtafiah, W. (2020). Exploring The Creative Mathematical Reasoning of Mathematics Education Student Through Discovery Learning. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 296–305.
Mulyono, M., Setyo, A. A., & Trisnawati, N. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Virtual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Statistik Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 411–422. https://doi.org/10.30738/union.v8i3.8356
Mulyono, Trisnawati, N., Komayanti, & Kokop, N. (2022). Profesionalisme Guru MI Dalam Menerapkan Strategi Pendidikan Matematika Realistic (PMR) Di Masa Pandemi Covid-19. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 27–37. https://doi.org/10.30738/union.v10i1.10414
Mustika, D. L. O., Soleh, D. A., & Supriatna, A. R. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Materi Operasi Bilangan Bulat pada Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 68-78.
Nisiyatussani, Ayuningtyas, V., Fathurrohman, M., & Anriani, N. (2018). GeoGebra applets design and development for junior high school students to learn quadrilateral mathematics concepts. Journal on Mathematics Education, 9(1), 27–40.
Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Jurnal Matematika, 16(2), 1–6. https://doi.org/10.29313/jmtm.v16i2.3900
Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan GeoGebra Terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115–122. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.137
Purwasih, R., Sariningsih, R., & Sari, I. P. (2020). Self Efficacy Terhadap Kemampuan High Order Thinking Mathematics Siswa Melalui Pembelajaran Berbantuan Softwere Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 166–173. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2663
Razi, Z., & Mirunnisa. (2019). Model Discovery Learning Berbantuan Software Maple Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 520–527.
Rochayati, T. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA SISWA KELAS IV SDN PANDEGLANG 1. Jurnal Pelita Calistung, 4(01), 81-92.
Rosyidah, A. N. K., Maulyda, M. A., & Oktaviyanti, I. (2020). Miskonsepsi matematika mahasiswa PGSD pada penyelesaian operasi hitung bilangan bulat. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 15-21.
Rudyanto, H. E. (2016). Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Bermuatan Karakter Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(01), 41–48. https://doi.org/10.25273/pe.v4i01.305
Salamah, I. S., Wiguna, A. C., Oktari, D., & Tobing, J. A. D. E. (2022). Pentingnya Keterampilan Variasi Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2045-2057.
Sari, E. R., Onde, M. L. O., Aswat, H., Aminu, N., & Nurhidayah, N. (2023). Pelatihan Keterampilan Media Pembelajaran Kartu Posinega pada Operasi Hitung Bilangan Bulat (Obibul) bagi Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Buton. Amaliah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 11-19.
Setyo, Arie Anang. (2017). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Integrasi Teori Belajar Van Hiele Pada Materi Geometri di Kelas V Sekolah Dasar. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, Vol. 6, No. 1, Hal. 1-11, Juni 2017
Setyo, A. A., Pomalato, S. W., Hulukati, E. P., Machmud, T., & Djafri, N. (2023). Effectiveness of TPACK-Based Multimodal Digital Teaching Materials for Mathematical Critical Thinking Ability. International Journal of Information and Education Technology, 13(10).
Trisnawati, N. F. (2020). Efektifitas Model Problem Based Learning dan Model Group Investigation dalam Meningkatkan Karakter Anti Korupsi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 203-2014
Trisnawati, Nika Fetria. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) pada Siswa Kelas VB SD Muhammadiyah I Kota Sorong. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, Vol. 5, No. 2, Hal 26-32, Desember 2016.
Trisnawati, Nika Fetria. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dengan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa SMP Negeri 2 Kota Sorong. Jurnal Median, Vol. IX, No. 3, Hal. 36-42, Oktober 2017.
Trisnawati, N.F & Sundari. (2021). Pengembangan Kartu Make A Match Berbasis Karakter Anti Korupsi. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 293-307. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3395
Vahlia, I. (2014). Ekperimentasi Model Pembelajaran Discovery dan Group Investigation terhadap Prestasi Belajar matematika Ditinjau dari Kreativitas Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2), 43–54.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Angelina Simangunsong, Nova Yuliani, Helena Situmorang, Nur Aflaha, Sapnalya Julianty Mainan, Marlinda Indah Eka Budiarti.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.