Pengaruh Penerapan Games Monika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII A SMP PGRI Kota Sorong pada Materi Operasi Bilangan
DOI:
https://doi.org/10.33506/jpm.v1i1.2953Keywords:
Hasil Belajar; Games MONIKA.Abstract
Abstrak
Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengevaluasi bagaimana dampak penggunaan Games MONIKA terhadap hasil belajar siswa di kelas VII A SMP PGRI Kota Sorong pada materi operasi bilangan. Dalam penelitian ini metode yang dipakai yaitu metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimen, melalui pembentukan satu kelompok pretest-posttest, dan sampelnya adalah 29 siswa kelas VII A. Hasil dari data yang telah ditelaah menggunakan Uji-t Paired Sample (Uji-t 2 Sampel Berpasangan) menunjukkan nilai signifikansi (Sig.2-tailed) sebesar 0,000, yang menunjukkan bahwa nilainya kurang dari 0,05. Berdasarkan standar pengambilan keputusan, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, mengindikasikan bahwa penerapan permainan MONIKA berpengaruh signifikan terhadap hasil pembelajaran siswa di kelas VII A SMP PGRI Kota Sorong dalam materi operasi bilangan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan Games Monopoli Matematika (MONIKA) berpengaruh positif terhadap peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan pada siswa kelas VII SMP PGRI Kota Sorong. Dengan ketuntasan belajar siswa sebesar (62,10%) dengan nilai peningkatan hasil belajar sebesar 55,2% dengan motivasi atau minat siswa rata-rata 86,8% yang berada dalam kategori baik.
Abstract
This research aims to evaluate the impact of using the MONIKA game on student learning outcomes in class VII A of SMP PGRI Sorong City in the context of number operations material. This research utilized the pre-experimental method, using a one-group pretest-posttest design, and the sample was made up of 29 students of class VII A. The results of data analysis using the Paired Sample t-test (2 Paired Samples t-test) showed a significance value (Sig.2- tailed) of 0.000, which indicates that the value is less than 0.05. Based on the decision-making criteria, the null hypothesis (H0) is rejected, and the hypothesis alternative (Ha) is accepted, indicating that the application of the MONIKA game has a significant effect on student learning outcomes in class VII A of SMP PGRI Sorong City in number operations material. Furthermore, the average value of student learning outcomes before treatment (pretest) was 41.66, while after treatment (posttest), the average weight increased to 73.31. The simple linear regression test results show that R Square is 0.676. Thus, this research verifies that the application of the MONIKA game contributes 67.6% to increasing student learning outcomes in class VII A of SMP PGRI Sorong City regarding number operations material. The student learning motivation questionnaire strengthened the results, which showed an average motivation percentage of 86.8% of students, which was in the excellent category.
References
Bloom, B. (2009). Taksonomi Tujuan Pendidikan Menurut Bloom. 1–19.
Esi, Purwaningsih Endang, O. (2016). Peranan Guru Sebagai Fasilitator Dan Motivator Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas Xi Smk. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(10), 1–14.
Fitri, M., Sibuea, L., & Handayani, M. (2019). Availableonlineat www.jurnal.una.ac.id/indeks/jmp Peningkatan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Pembelajaran Monopoli Matematika ( Monotika )
Hanafy, M. S. (2018). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan.
https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5
Haqi, L., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., &Walisongo, N. (2015). Pengaruh komunikasi antara guru dengan siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas v.
Inah, E. N. (2015). Peran Komunikasi dalam Interaksi Guru dan Siswa. Jurnal Al-Ta’dib,8(2),150–167.Retrievedfromhttp://ejournal.iainkendari.ac.id/altadib/article/view/416/401
Irwan. (2017). Pengembangan media permainan (game) monopoli pada pembelajaran fisika materi besaran dan satuan pada tingkat sekolah menengah pertama (smp).
Jamilah, F. K. N. (2015). Pengaruh penggunaan media permainan monopoli dalam pembelajaran akuntansi terhadap hasil belajar (studi eksperimen pada siswa kelas x akuntansi 2 smk negeri 11 bandung tahun 2013/2014 pada standar kompetensi memproses entri jurnal). Jurnal pendidikan akuntansi & keuangan, 3(1), 33.https://doi.org/10.17509/jpak.v3i1.15431
Kambey, E.S. & Tombokan, J (2012). Landasan Pendidikan dan Pembelajaran. Manado : Program Paascasarjana Universitas Negeri Manado
Lestari, K.E. &YudhanegaraM.R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika (Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Laporan Peneitian dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis). Karawang : Revika Aditama
Mulianingsih. (2014). Pengaruh penggunaan media pembelajaran monopoli terhadap hasil belajar akuntansi siswa di kelas xii ips sma negeri 4 depok.
Ningrum, E. (2016). Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan.JurnalGeografiGea,9(1).https://doi.org/10.17509/gea.v9i1.1681
Oktaviani, S. A., Noviati, M. C., Novitasari, S. I., Ramadhanti, D. A., & Leonard, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli untuk Materi Vektor. Journal of Instructional Development Research, 1(2), 59-74.
Puspitasari, M. (2021, December). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Monopoli Matematika (MONIKA) Terhadap Kemampuan Menghitung Keliling Dan Luas Bangun DatarKEMAMPUAN MENGHITUNG KELILING DAN LUAS BANGUN DATA. In Prosiding University Research Colloquium (pp. 1000-1012).
Pradipta, D. arief, Vitantari, ciptianingsari ayu, & Umah, U. (2013). Pengembangan Game Edukatif Monolita Sebagai Media Pembelajaran Matematika Siswa SMP
Sagala, S (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta Bandung
Sugiyono (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta Bandung
Suprijono, A (2014). CooperativeLearning (Teori & Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta : Pustaka Belajar
Suryono, Hariyanto (2011). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Yuniar, S., & Arisetyawan, A. (2022). Modification of Banten Cultural Ethnomathematics Monopoly Game Using the ADDIE Model on Flat Shape Material in Grade IV Elementary School. Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies, 1(2), 151-164.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wa Ode Rusnia, Zakiyah Anwar, Hasnia Ramadhani Rumauw, Nazmi Al-lahmadi, Fauzia Kilian, Wa ode Riski
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.