Keterampilan Proses Berpikir Matematika Dengan Model Pembelajaran Inovatif
DOI:
https://doi.org/10.33506/jpm.v1i1.2939Abstract
Abstrak
Artikel ini disusun dengan tujuan untuk mendeskripsikan keterampilan dalam proses berpikir matematika melalui model pembelajaran inovatif melalui kajian hasil penelitian atau studi kepustakaan. Data penelitian merupakan artikel dari jurnal nasional terakreditasi Shinta dan literatur yang relevan. Data hasil telaah yang diperoleh disimpulkan melalui anailisis kualitatif deskriptif. Hasil telaah yang dilakukan peneliti ditemukan bahwa ada beberapa istilah yang berhubungan dengan keterampilan proses berpikir matematik yaitu keterampilan matematik kemampuan matematik, melaksanakan proses matematik dan tugas matematika. Model pembelajaran inovatif membutuhkan kemampuan seorang guru dalam mengelola pembelajaran yang sebelumnya berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa dan memungkinkan siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran dengan berbagai media pembelajaran yang dapat digunakan, sehingga memungkinkan mereka mengembangkan kemampuannya. Hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan bantuan media pembelajaran yang dikelola melalui pembelajaran inovatif oleh guru, sehingga siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran, mampu merangsang peserta didik untuk mengembangkan berbagai potensi serta dapat merangsang motivasi dan minat belajar serta dapat mempengaruhi peningkatan minat dan keterampilan proses berfikir matematika siswa.
Abstract
This article was prepared with the aim of describing skills in the mathematical thinking process through innovative learning models through research results or literature studies. Research data is articles from the accredited national journal Shinta and relevant literature. The study data obtained was concluded through descriptive qualitative analysis. The results of the study conducted by researchers found that there are several terms related to mathematical thinking process skills, mathematical abilities, doing mathematics and mathematical tasks. Innovative learning models require a teacher's ability to manage learning that was previously teacher-centered to student-centered and allows students to participate actively in the learning process with various learning media that can be used, thus enabling them to develop their abilities. The results of the research concluded that with the help of learning media managed through innovative learning by teachers, students are more active in the learning process, able to stimulate students to develop various potentials and can stimulate motivation and interest in learning and can influence the increase in students' interest and mathematical thinking process skills.
References
Andrijati, N. (2014). Penerapan media pembelajaran inovatif dalam pembelajaran matematika sekolah dasar di PGSD UPP Tegal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 31(2).
Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 92–100.
Arsyad, R. Bin, Fathurrahman, M., Kahar, M. S., Setyo, A. A., & Trisnawati, N. F. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Geometri. 11(2), 96–100. https://doi.org/10.33506/jq.v11i2.2096
Astika, E. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas X 1A-1 MAN 2 Aceh Besar. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh, 2(2).
Gani, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Persepsi Tentang Matematika Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Negeri Di Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. Jurnal Daya Matematis, 3(3), 337. https://doi.org/10.26858/jds.v3i3.1700
Hidayani, H., Supriadi, S., Rusani, I., Anwar, Z., & Budiarti, M. I. E. (2021). Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Membangun Pendidikan Anak Di Sekolah Dasar Negeri 5 Pulau Raam. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 3(2), 7–11. https://doi.org/10.33506/pjcs.v1i2.1399
Hidayani, Supriadi, Rusani, I., & Anwar, Z. (2021). Analisis berpikir kritis matematik siswa dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah polya. Jurnal Koulutus, 4(September 2021), 164–181.
Juniarti, W., & Affandi, L. H. (2021). Pembelajaran Indonesia Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 1(1), 25–34.
Kognitif, G., Man, D. I., & Besar, A. (2023). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Analisis Berpikir Reflektif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Dengan Konteks Budaya Berdasarkan. 4, 140–153.
Kusadi, N. M. R., Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. (2020). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial Dan Berpikir Kreatif. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 18–27. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24661
Laurens, R. dan. (2016). Dosen Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pattimura Ambon Dosen Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pattimura Ambon 146. 1(2), 146–154.
Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Ratau, A. (2016). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematika Siswa SMP Negeri Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Matematika Dan Pembelajaran, 4(1), 42-59.
Reski, R., Hutapea, N., & Saragih, S. (2019). Peranan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 049-057.
Rizal, S. U., Maharani, I. N., Ramadhan, M. N., Rizqiawan, D. W., & Abdurachman, J. (2016). Media Pembelajaran. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/4310/1/Ebook Media Pembelajaran.pdf
Setyo, A. A. (2019). Kombinasi Model Pembelajaran NHT dan Snowball Throwing Untuk Mengembangkan Ketrampilan Abad 21 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sorong. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 8(2), 82. https://doi.org/10.33506/jq.v8i2.700
Setyo, A. A., Pomalato, S. W., Hulukati, E. P., Machmud, T., & Djafri, N. (2023). Effectiveness of TPACK-Based Multimodal Digital Teaching Materials for Mathematical Critical Thinking Ability. International Journal of Information and Education Technology, 13(10).
Sutikno, M. S. (2021). Strategi Pembelajaran. Penerbit Adab.
Tibahary, A. R., & Muliana, M. (2018). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 54–64. https://doi.org/10.56488/scolae.v1i1.12
Ulya, H., & Rahayu, R. (2021). Hubungan Keterampilan Proses Berpikir Matematis Dengan Hasil Belajar Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 262. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3361
Widyaningtyas, R. 2010. Peranan Guru dalam Melakukan Penilaian Ketrampilan Proses. EDUCARE: Jurnal Pendidikan dan Budaya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Putri Dini Retno Pratiwi, Haryanto, Hida hidayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.