Peningkatan Kemampuan Pemecahan Matematika pada Model Pembelajaran Problem Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.33506/jpm.v1i1.2938Abstract
Abstrak
Kalitas Sumber Daya Manusia sangat dipengaruhi oleh mutu pendidikan. Maka sepatutnya pendidikan mendapatkan perhatian yang lebih tentang nilai dan dasar untuk meningkatkan kulaitas SDM. Tujuan penelitian untuk memastikan penerapan pendekatan pembelajaran berbasi masalah menambah keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan desain penelitian kuantitatif pre-eksperimental pretest-posttest with single group. Langkah selanjutnya adalah menguji kenormalan data yang memerlukan sig > 0,05. Satu sampel t dan uji N-gain dapat digunakan jika data telah terdistribusi normal. Hasil penelitian analisis data nilai normalitas yaitu nilai sig serta nilai one sample t-test . Selanjutnya hasil nilai N-gain mencapai rerata 0,52 yang berada pada kriteria sedang. Dengan demikian, penerapan paradigma pembelajaran berbasis masalah dapat dikatakan telah memberikan kemajuan yang signifikan.
Abstract
The quality of education greatly influences the quality of Human Resources. So, education should receive more attention regarding values and the basis for improving the quality of human resources. The aim of the research is to ensure that the application of a problem-based learning approach increases problem-solving skills. This research is a pre-experimental quantitative research design pretest-posttest with a single group. The next step is to test the normality of the data, which requires sig > 0.05. One sample t and N-gain tests can be used if the data is usually distributed—research results in data analysis of normality values, namely the sig and one-sample t-test values. Furthermore, the N-gain value reached an average of 0.52, which meets the medium criteria. Thus, applying the problem-based learning paradigm can be said to have provided significant progress.
References
Amir, M. F. (2015). Pengaruh Pembelajaran Konsektual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan: Tema “Peningkatan Kualitas Peserta Didik Melalui Implementasi Pembelajaran Abad 21", 2011, 34–42.
Adinia, R., Suratno, S., & Iqbal, M. (2022). Efektivitas pembelajaran aktif berbantuan lkpd problem solving terhadap keterampilan pemecahan masalah dan penguasaan konsep biologi siswa di sekolah kawasan perkebunan kopi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 3(2), 64-75.
Anggo, M. (2011). Pelibatan Metakognisi Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Edumatica, 1(1), 25–32.
Damayanti Nababan, C. A. S. (2023). Pemahaman Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Model Pembelajaran (Ctl). Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 825–837.
Faoziyah, N. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Pbl. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2). https://doi.org/10.58258/jupe.v7i2.3555
Fatia Fatimah. (2012). Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran statistika elementer melalui Problem Based Learning. Cakrawala Pendidikan, No 2, 267–276.
Kameubun, B., Mahendra, F. E., Supriadi, & Al-Lahmadi, N. (2023). Pengaruh Tingkat Kecemasan Siswa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. KAMBIK: Journal of Mathematics Education, 1(1), 40–49.
Kenedi, ary kiswanto, & Helsa, Y. (2018). Literasi Matematis Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan, 1(1), 167.
Mahendra, F. E., Sundari, S., Eregua, E. E., Setyo, A. A., Rusani, I., & Trisnawati, N. F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(4), 540-545.
Meningkatkan, U., & Literasi, K. (2014). Pbl Pendekatan Realistik Saintifik Dan Asesmen Pisa Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 3(2).
Mukrimatin, N. A., Murtono, M., & Wanabuliandari, S. (2018). Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Rau Kedung Jepara Pada Materi Perkalian Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 67–71. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2277
Mulyono, M., & Setyo, A. A. (2019). Komparasi Keefektifan antara model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan tipe Snowball Throwing dalam Pembelajaran Geometri Analitik. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 7(2), 115. https://doi.org/10.33506/jq.v7i2.373
Murniati, E. (2021). Penerapan Metode Project Based Learning Dalam Pemmbelajaran. Journal of Education, 3(1), 1–18.
Musa, F. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Untuk Memacu Kemampuan Berfikir Kritis Abad-21. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 12(3), 3162–3171.
Musa, F., Musa, F., Setyo, A. A., Trisnawati, N. F., & Sundari, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantukan Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Dan Minat. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 278–286.
Nada, L. Q. (2020). Studi Kepustakaan: Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Di Era Merdeka Belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan 2020, 1(1), 136–140. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/article/view/494
Nadhifah, G., Afriansyah, E. A., & Learning, P. B. (2016). Mosharafa_S2_PBL_Inquiry_Kemampuan Pemecahan Masalah_Ghina Nadhifa.pdf. 5(3), 33–44.
Ruchaedi, D., & Baehaki, I. (2016). Pengaruh problem based learning (PBL) terhadap kemampuan heuristik pemecahan masalah dan sikap matematis siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2).
Wahyuni, R. (2016). Pembelajaran Kooperatif Bukan Pembelajaran Kelompok Konvensional. Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 37–43.
Wardhani, S. (2010). Diklat Guru Pemandu/Guru Inti/Pengembang Matematika Smp Jenjang Dasar Tahun 2010 Implikasi Karakteristik Matematika Dalam Penacapaian Tujuan Mata Pelajaran Matematika Di Smp/Mts. Yogyakarta: Depdiknas PPPPTK.
Yara, Y.S. & Taufik, M. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349_6356.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rya Andini, Regina Phricillia, Faisal Eka Mahendra, Faija Musa’ad.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.