PKM Kelas Luar Ruang dan Sosiologi Pendidikan: Menggunakan Sekolah sebagai Sumber Belajar di SMAS Islam Guppi Kota Sorong
DOI:
https://doi.org/10.33506/pjcs.v7i1.3991Keywords:
Outdoor Classroom, Sociology of Education, Students, Innovative LearningAbstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode pembelajaran luar ruang ke dalam mata pelajaran Sosiologi Pendidikan di SMAS Islam Guppi Kota Sorong. Mahasiswa berperan sebagai fasilitator dalam proses desain dan pelaksanaan pembelajaran berbasis observasi dan eksplorasi lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Kegiatan ini dilakukan pada bulan November 2024. Pengabdian ini bertujuan untuk membantu mahasiswa memahami konsep seperti stratifikasi sosial, mobilitas sosial, dan peran institusi pendidikan dalam kehidupan sehari-hari. Metode pelaksanaan pengabdian ini bersifat partisipatif dan berbasis pengalaman dengan penentuan sekolah mitra, observasi, diskusi dan wawancara, kegiatan kelas luar ruang, refleksi dan analisis sosial. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung dalam merancang dan menerapkan pendekatan pembelajaran yang inovatif. Mahasiswa juga belajar keterampilan praktis seperti komunikasi, manajemen kelompok, dan pemecahan masalah, dan memperluas pengetahuan mereka tentang masalah pendidikan lokal di Kota Sorong. Pengabdian ini meningkatkan kemampuan akademik dan profesional mahasiswa sebagai calon guru. Kegiatan ini menunjukkan bahwa pengembangan metode kelas luar ruang perlu dilakukan secara terus menerus di SMAS Islam Guppi dan di institusi pendidikan lainnya. Kekurangan pada pengabdian ini keterbatasan waktu pelaksanaan dan penggunaan teknologi digital untuk mendukung pembelajaran berbasis proyek, pelibatan lebih banyak sekolah.
References
Ahmad, B., & Laha, M. S. (2020). Implementation of Field Studies to Improve Problem Analysis Ability (Case Study In The Student Sociology IISIP Yapis Biak). Jurnal Nalar Pendidikan, 8(1), 63–72.
Amanullah, W. A., & Wantini, W. (2024). Analisis Kesenjangan Sosial di Sekolah: Perspektif Sosiologi Pendidikan Islam (Studi Kasus di SDN Bhayangkara Yogyakarta). Jurnal Dirosah Islamiyah, 6(1), 54–66. https://doi.org/10.47467/jdi.v6i1.571
Basri, H. (2023). Dampak Globalisasi Terhadap Sistem Pendidikan: Perspektif Sosiologi Pendidikan. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 128–143. https://doi.org/10.62086/al-murabbi.v1i1.446
Berry, B. (2019). Analisis Upaya Guru Dalam Memotivasi Siswa Pada Proses Pembelajaran Sosiologi Kelas Xi Ips2. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 10(2), 94. https://doi.org/10.26418/j-psh.v10i2.35817
Evitasari, O., Qodariah, L., & Gunawan, R. (2020). Pemanfaatan Fungsi Museum sebagai Sumber Belajar Sejarah dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis. Estoria, 1(10), 43–56. https://journal.unindra.ac.id/index.php/estoria/article/view/462/412
Harahap, A. S. (2023). Konsep Ruang Kelas Pendidikan Agama, Interpretative, Teori Struktural dan Fungsional. Imamah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 32–40. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/imamah/article/view/22%0Ahttps://ejournal.edutechjaya.com/index.php/imamah/article/download/22/20
Isrowiyah, R., & Seprina, R. (2022). Pemanfaatan Museum Siginjai Sebagai Sumber Belajar Sejarah Bagi Mahasiswa Universitas Jambi. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 1(2), 156–172. https://doi.org/10.22437/krinok.v1i2.18623
Loliyana, N., Sukamto, G. M., & Andayani, E. S. (2019). Pengaruh Model Outdoor Learning terhadap Pemahaman Sejarah Mahasiswa Pendidikan Sejarah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(6), 803. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i6.12536
Nurhasanah, A. D., Nopianti, H., Biologi, P., Bengkulu, U., Sosiologi, J., & Bengkulu, U. (2020). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Lancang Kuning, 166–173.
Suci, I. G. S., & Hadon. (2019). Pengantar Sosiologi Pendidikan. In CV Penerbit Qiara Media (1st ed., Vol. 11, Issue 1). CV. Penerbit Qiara Media.
Wahayuningtiyas, Ainun, D. M. F. dan D. M. M. N. (2023). Pemanfaatan Candi Sukuh Sebagai Sumber Belajar Sejarah Bagi Mahasiswa Tadris IPS IAIN Kudus. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 15(1), 458–465.
Zarifah Najwa, P., Islamiyah, T., Yasin, M., & Sangatta, T. (2024). Dinamika Landasan Sosiologi Pendidikan dalam Era Digital: Tantangan dan Peluang. Jurnal Pengembangan Dan Penelitian Pendidikan, 06(3), 46–59. https://journalpedia.com/1/index.php/jppp
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
Papua Journal of Community Service is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License