Kenakalan Peserta Didik Mempengaruhi Prestasi Belajar pada Siswa Kelas VII-A SMP Bethel Mutu Mawolokmai Aimas

Authors

  • Irwan Soulisa Universitas Victory Sorong
  • Aram Palilu Universitas Victory Sorong
  • Wiesje Ferdinandus Universitas Victory Sorong
  • Agustinus G. Gifelem Universitas Victory Sorong
  • La Ode Ghondohi Universitas Victory Sorong
  • Agustinus L. Masan Universitas Victory Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/pjcs.v7i2.4593

Keywords:

devotion, student delinquency, affecting achievement, learning

Abstract

Kenakalan peserta didik merupakan perilaku atau tindakan yang sering dilakukan oleh peserta didik di dunia pendidikan selama ini, kenakalan peserta didik selalu mempengaruhi prestasi belajar baik secara internal maupun secara eksternal. Ketika peserta didik dipengaruhi oleh tindakan -tindakan yang dianggap tidak baik oleh masyarakat dianggap itu kenakalan. Oleh karena itu, penilaian peserta didik tersebut membuat ranah Pendidikan sering tercoreng dimata masayakat dengan tindakan tersebut. Tujuan dari pada PKM  ini untuk membatasi kenakalan peserta didik terhadap prestasi belajar di tingkat SMP di wilayah kabupaten Sorong Aimas. Factor-faktor kenakalan peserta didik diamati dari: a) Dampak kenakalan terhadap peserta didik, b) Penyebab kenakalan peserta didik, c) Upaya mengatasi kenakalan peserta didik. Hal lain agar kenakalan peserta didik bisa diatasi dengan baik berupa pembinaan (dari orang tua, guru, ataupun sistem pendidikan yang ada). PKM ini dapat bermanfaat untuk mengedukasi para peserta didik agar dapat mengenali potensi yang ada pada dirinya masing-masing sehingga dapat bersikap baik, disisplin, serta berkarakter yang mengintegrasi nilai-nilai kebaiakan, bahwa kenakalan dapat diatasi dengan perubahan sikap dan karakter tanpa mengedepankan ilmu yang harus diperoleh.

References

Analisis Kenakalan Remaja Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Sma N 1 Gunung Sitoli. (N.D.).

Hasibuan, D. A., Fitri, E., Wanda, K., Ananda, F., & Akhiruddin Siregar, P. (2024). Analisis Pengaruh Kenakalan Remaja Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Usia Remaja. Jurnal Penelitian Tarbawi, 9(1), 64–72. https://doi.org/10.37216/tarbawi.v9i1.1467

Prasetyo, B., & Natalia, L. (2025). Peran Lingkungan Keluarga dalam Pembentukan Sikap Siswa: Studi Terhadap Kenakalan Anak. Jurnal Sosiologi Pendidikan, 5(1), 41-54.

Rahmawati, N. (2023). Motivasi Belajar Siswa yang Terlibat Kenakalan: Sebuah Studi Kasus. Jurnal Psikologi Pendidikan, 10(1), 73-82.

Susanti, R. (2024). Pendidikan Karakter Sebagai Solusi untuk Mengurangi Kenakalan Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 25-37.

Thoriq, A. (2021). Pengaruh Kenakalan Siswa terhadap Prestasi Belajar di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 101-112.

Wibowo, J. (2022). Dampak Kenakalan Remaja terhadap Perkembangan Akademik: Tinjauan Empiris. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(2), 145-159.

Zulkarnain, H. (2022). Intervensi Terpadu untuk Mengurangi Kenakalan Siswa dan Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 5(2), 99-110.

Published

2025-07-03

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.