Kenakalan Peserta Didik Mempengaruhi Prestasi Belajar pada Siswa Kelas VII-A SMP Bethel Mutu Mawolokmai Aimas
DOI:
https://doi.org/10.33506/pjcs.v7i2.4593Keywords:
devotion, student delinquency, affecting achievement, learningAbstract
Kenakalan peserta didik merupakan perilaku atau tindakan yang sering dilakukan oleh peserta didik di dunia pendidikan selama ini, kenakalan peserta didik selalu mempengaruhi prestasi belajar baik secara internal maupun secara eksternal. Ketika peserta didik dipengaruhi oleh tindakan -tindakan yang dianggap tidak baik oleh masyarakat dianggap itu kenakalan. Oleh karena itu, penilaian peserta didik tersebut membuat ranah Pendidikan sering tercoreng dimata masayakat dengan tindakan tersebut. Tujuan dari pada PKM ini untuk membatasi kenakalan peserta didik terhadap prestasi belajar di tingkat SMP di wilayah kabupaten Sorong Aimas. Factor-faktor kenakalan peserta didik diamati dari: a) Dampak kenakalan terhadap peserta didik, b) Penyebab kenakalan peserta didik, c) Upaya mengatasi kenakalan peserta didik. Hal lain agar kenakalan peserta didik bisa diatasi dengan baik berupa pembinaan (dari orang tua, guru, ataupun sistem pendidikan yang ada). PKM ini dapat bermanfaat untuk mengedukasi para peserta didik agar dapat mengenali potensi yang ada pada dirinya masing-masing sehingga dapat bersikap baik, disisplin, serta berkarakter yang mengintegrasi nilai-nilai kebaiakan, bahwa kenakalan dapat diatasi dengan perubahan sikap dan karakter tanpa mengedepankan ilmu yang harus diperoleh.
References
Analisis Kenakalan Remaja Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Sma N 1 Gunung Sitoli. (N.D.).
Hasibuan, D. A., Fitri, E., Wanda, K., Ananda, F., & Akhiruddin Siregar, P. (2024). Analisis Pengaruh Kenakalan Remaja Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Usia Remaja. Jurnal Penelitian Tarbawi, 9(1), 64–72. https://doi.org/10.37216/tarbawi.v9i1.1467
Prasetyo, B., & Natalia, L. (2025). Peran Lingkungan Keluarga dalam Pembentukan Sikap Siswa: Studi Terhadap Kenakalan Anak. Jurnal Sosiologi Pendidikan, 5(1), 41-54.
Rahmawati, N. (2023). Motivasi Belajar Siswa yang Terlibat Kenakalan: Sebuah Studi Kasus. Jurnal Psikologi Pendidikan, 10(1), 73-82.
Susanti, R. (2024). Pendidikan Karakter Sebagai Solusi untuk Mengurangi Kenakalan Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 25-37.
Thoriq, A. (2021). Pengaruh Kenakalan Siswa terhadap Prestasi Belajar di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 101-112.
Wibowo, J. (2022). Dampak Kenakalan Remaja terhadap Perkembangan Akademik: Tinjauan Empiris. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(2), 145-159.
Zulkarnain, H. (2022). Intervensi Terpadu untuk Mengurangi Kenakalan Siswa dan Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 5(2), 99-110.

Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work
Papua Journal of Community Service is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License