Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik

Authors

  • Andi Maryam Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Nurhikmah Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Irfandi Idris Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Cindirellah Zelly Bansaulang Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Model PBL, Kearifan Lokal, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas II SD Al –Irsyad Kota Sorong, Papua Barat Daya melalui Model PBL (Problem Based Learning) dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur penelitian melalui perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 kali siklus dengan subjek penelitian siswa kelas II yang berjumlah 28. Hasil dari penelitian ini yaitu, dalam siklus I rata-rata hasil belajar siswa 67,75 dengan presentase ketuntasan klasikal 71,72%. Sementara dalam siklus II rata-rata hasil belajar siswa mencapai nilai 82,61 dengan presentase ketuntasan klasikal 79%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPS siswa berbasis kearifan lokal dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) pada siswa kelas II SD Al –Irsyad Kota Sorong, Papua Barat Daya.

References

Budiarti, I., & Airlanda, G. S. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Riser Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 167–183.

Fariana, M., Sma N, G., Kabupaten, L. T., & Selatan, A. (2017). Implementasi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Aktivitas Siswa. Journal of Medives Journal of Mathematics Education IKIP, 1(1), 25–33. http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/matematika

Malikhatun, U., & Artharina, F. P. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Ngetuk. 781–788.

Mamusung, Y. Y., Nurfaika, N. N., & Lahay, R. J. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Pada Materi Dinamika Atmosfer Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas X SMA Negeri 1 Popayato. Geosfera: Jurnal Penelitian Geografi, 2(1), 9–14. https://doi.org/10.34312/geojpg.v2i1.20047

Mulyadinata, I. P. L., Ardana, I. M., & Candiasa, I. M. (2023). Model Children Learning in Science Berbasis Masalah Kontekstual terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 71–81. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.60596

Mulyani, S. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Masa Pandemi Covid 19. Navigation Physics : Journal of Physics Education, 2(2), 84–89. https://doi.org/10.30998/npjpe.v2i2.489

Novita, N., S, I. T. A., & Fatmi, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PBL dengan Media PhET Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Journal on Education, 5(3), 6092–6100. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1375

Nurulanningsih. (2023). Classroom action research as the professional development of indonesian language teachers. Didactique Bahasa Indonesia, 4(1), 50–61. https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/13805

Priyanti, N. M. I., & Nurhayati. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(1), 96–101.

Rorimpandey, W., Philotheus Tuerah, & Widdy H.F Rorimpandey. (2023). Pengaruh Model PBL Dan Evaluasi Berbasis Hots Terhadap Hasil Belajar Bilangan Bulat Kelas VI SD Negeri Desa Dodap. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 858–873. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5376

Sambawarana, A. A. N. (2022). Dampak Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(2), 269–276. https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45852

Sasmita, D., Prihantara, W., & Safitri, F. (2023). Peningkatan Hasil belajar siswa materi ide pokok melalui modelproblem-based learning pada kelas 4 SDN Junrejo 2 Batu. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 833–841. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33

Supriyanto, S., Fatirul, A. N., & Walujo, D. A. (2022). Pengaruh Strategi Problem Based Learning Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Kumparan Fisika, 5(1), 43–54. https://doi.org/10.33369/jkf.5.1.43-54

Syafaat, F. M., B, R., & Muslimin, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Poster Session Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Glasser, 7(1), 160. https://doi.org/10.32529/glasser.v7i1.1859

Downloads

Published

07/04/2024

How to Cite

Andi Maryam, Nurhikmah, Irfandi Idris, & Bansaulang, C. Z. (2024). Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 13(1), 72–80. Retrieved from https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jq/article/view/3496

Issue

Section

Articles