Efektivitas Media Komik Digital dalam Pembelajaran Perubahan Lingkungan terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Kristen Abdi Wacana Pontianak
DOI:
https://doi.org/10.33506/jq.v13i1.2714Keywords:
Hasil Belajar, Komik Digital, Perubahan LingkunganAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi yang ditandai dengan nilai yang belum mencapai KKM di kelas X IPA SMA Kristen Abdi Wacana Pontianak. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengukur efektivitas media komik digital terhadap hasil belajar siswa kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPA SMA Kristen Abdi Wacana Pontianak. Alat pengumpulan data menggunakan soal tes pilihan ganda dan lembar observasi. Analisis data menggunakan SPSS 23.0 for windows. Hasil rata-rata nilai pretest dan posttest pada kelas kontrol berturut-turut sebesar 28,33 dan 69,16 serta rata-rata nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen berturut-turut sebesar 30 dan 79,23. Diperoleh angka signifikansi hasil Uji U-Mann Whitney hasil belajar sebesar 0.021(0.021 < 0.05), maka Ha dalam penelitian ini diterima. Hasil perhitungan Effect Size diperoleh nilai sebesar 3.33 (tergolong tinggi). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media komik digital dalam pembelajaran perubahan lingkungan terhadap hasil belajar siswa di SMA Kristen Abdi Wacana Pontianak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The article copyright is owned by the author and Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.