Efektivitas Media Komik Digital dalam Pembelajaran Perubahan Lingkungan terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Kristen Abdi Wacana Pontianak

Authors

  • Kristina Universitas Muhammadiyah Pontianak, Kota Pontianak
  • Mahwar Qurbaniah Universitas Muhammadiyah Pontianak, Kota Pontianak
  • Hanum Mukti Rahayu Universitas Muhammadiyah Pontianak, Kota Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.33506/jq.v13i1.2714

Keywords:

Hasil Belajar, Komik Digital, Perubahan Lingkungan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi yang ditandai dengan nilai yang belum mencapai KKM di kelas X IPA SMA Kristen Abdi Wacana Pontianak. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengukur efektivitas media komik digital terhadap hasil belajar siswa kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPA SMA Kristen Abdi Wacana Pontianak. Alat pengumpulan data menggunakan soal tes pilihan ganda dan lembar observasi. Analisis data menggunakan SPSS 23.0 for windows. Hasil rata-rata nilai pretest dan posttest pada kelas kontrol berturut-turut sebesar 28,33 dan 69,16 serta rata-rata nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen berturut-turut sebesar 30 dan 79,23. Diperoleh angka signifikansi hasil Uji U-Mann Whitney hasil belajar sebesar 0.021(0.021 < 0.05), maka Ha dalam penelitian ini diterima. Hasil perhitungan Effect Size diperoleh nilai sebesar 3.33 (tergolong tinggi). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media komik digital dalam pembelajaran perubahan lingkungan terhadap hasil belajar siswa di SMA Kristen Abdi Wacana Pontianak.  

 

Downloads

Published

07/03/2024

How to Cite

Kristina, Qurbaniah, M., & Mukti Rahayu, H. (2024). Efektivitas Media Komik Digital dalam Pembelajaran Perubahan Lingkungan terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Kristen Abdi Wacana Pontianak. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 13(1), 32–39. https://doi.org/10.33506/jq.v13i1.2714

Issue

Section

Articles