Perbandingan Hasil Belajar Siswi Kelas VII C Dan VII D terhadap Mata Pelajaran IPA Fisika
DOI:
https://doi.org/10.33506/jq.v10i1.1329Keywords:
Hasil belajar, IPA, Siswi SMPAbstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan hasil belajar IPA (Fisika) di kelas VII Pondok Pesantren Al Kinanah Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis komparasional. Variabel dalam penelitian ini menggunakan 2 variabel yaitu variabel dependen dan variabel independen. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Al Kinanah Kota Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswi Pondok Pesantren Al Kinanah Kota Jambi. Sedangkan sampel yang diambil untuk mewakili populasinya yaitu Kelas VII C yang terdiri dari 25 siswi dan kelas VII D yang terdiri dari 25 siswi, sehingga jumlah sampel yang digunakan yaitu 50 siswi. Instrumen pada penelitian ini menggunakan instrumen soal. Dalam instrumen tes yang digunakan pada penelitian ini terdapat 30 soal dengan jawaban alternatif untuk pilihan ganda yaitu A, B, C, dan D. Penskoran yang digunkan adalah untuk jawaban benar diberi skor 1 dan jawaban salah diberi skor 0.
Â
Kata kunci: Hasil belajar, IPA, Siswi SMP
Â
Abstract
The purpose of this study was to see the differences in learning outcomes in Science (Physics) in class VII Pondok Pesantren Al Kinanah, Jambi City. This research is a quantitative study using comparational analysis. The variables in this study used 2 variables, namely the dependent variable and the independent variable. This research was conducted at Pondok Pesantren Al Kinanah, Jambi City. The population in this study were all students of the Pondok Pesantren Al Kinanah in Jambi City. While the samples taken to represent the population were Class VII C consisting of 25 students and Class VII D consisting of 25 students, so the number of samples used was 50 students. The instrument in this study used a question instrument. In the test instrument used in this study, there are 30 questions with alternative answers for multiple choices, namely A, B, C, and D. The scoring used is that the correct answer is given a score of 1 and the wrong answer is given a score of 0.
Â
Keywords : learning outcomes, science, Junior High School students.
Â
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The article copyright is owned by the author and Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.