Strategi Pull Marketing Politik Maurits Mantiri dan Hengky Honandar Pada Pilkada Kota Bitung Tahun 2020

Authors

  • Imam Alfian Kadir Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ismed Kelibay Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Mohamad Saleh Refra Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jn.v9i1.2864

Keywords:

Pull Marketing Politik, Maurits Mantiri, Hengky Honandar, Pemilukada, Kota Bitung

Abstract

Studi ini membahas tentang Strategi Pull Marketing Politik yang dilakukan Maurits Mantiri dan Hengky Honandar pada Pemilukada Kota Bitung Tahun 2020. Calon Walikota Bitung di Sulawesi Utara ini berniat menjadikan Kota Bitung sebagai Kota Digital, dengan konsep yang ditawarkan adalah pembangunan gotong-royong yang berbasis digital disetiap Kelurahan. Kota Bitung sebagai kota digital mempermudah masyarakat dapat menjangkau segala proses pelayanan pada pemerintah yang berbasis digital atau online hingga pada tingkat Kelurahan. Adapun metode yang digunakan yaitu penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif sebagai cara yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah yang diteliti, dengan menguraikan tentang keadaan suatu subjek atau objek dalam suatu penelitian, dengan informan berjumlah 5 orang. Hasil penelitian yang dilakukan diketahui, bahwa Pemilihan Umum Kepala Daerah Kota Bitung pada Tahun 2020 merupakan salah satu contoh kasus, bahwa strategi pull marketing berperan penting terhadap kemenangan Maurits Mantiri dan Hengky Honandar, sebagai Walikota dan Wakil Walikota Bitung. Kemenangan tersebut telah mengalahkan kandidat Petahana Maximiliaan Jonas Lomban dengan menerapkan strategi pull marketing politik yang terencana dan juga terukur. Dari hasil tersebut disimpulkan, bahwa Pemilihan Kepada Daerah di Indonesia, strategi pull marketing politik dan positioning serta pembentukan image politik, merupakan hal yang wajib untuk dilakukan oleh kandidat untuk merebut simpati publik. Pembentukan image politik harus sesuai dengan kualitas personal yang meliputi program kerja, track record, dan integritas, karena sejatinya pull marketing politik merupakan alat dalam menyampaikan pesan-pesan politik kepada masyarakat dan bukan sebagai rekayasa komunikasi yang bertujuan untuk mengelabui masyarakat.

References

Althoff, Phillip dan Rush, Michael. 2005. Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arifin Anwan. 2011. Komunikasi Politik, filsafat-paradigma teori tujuan stratgei dan komunikasi politik Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Arrianie Lely. 2010. Komunikasi Politik (Politisi dan Pencitraan di Panggung Politik. Widya Padjajaran: Bandung.

Budiardjo, Miriam. 2008. Dasar-dasar Ilmu Politik, Jakarta: PT Gramedia.

Cangara, Hafied. 2009. Komunikasi Politik; Konsep, Teori, dan strategi. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Alfabeta: Bandung.

Debora Sanur Lindawaty. 2020. Kampanye Daring dalam Pilkada Serentak 2020 di era Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian. Vol. 25, No.4

Firmanzah. 2008. Marketing politik; antara pemahaman dan realitas. Yayasan Obor Indonesia: Jakarta.

Hendra Afriadi Harahap. 2018. Komunikasi Politik Pada Kompetisi Elektoral Pemilukada Kabupaten Labuhan Batu. Studi Kasus: Pasangan Erik Adtrada Ritongga-Ellya Rosa Siregar. Jurnal Komuniksi. Vol. 18, No. 1

Mukarom Zaenal. 2016. Komuniikasi Politik, Cetakan Pertama. Pustaka Setia: Bandung.

Mulayana, Deddy. Komunikasi Politik Politik Komunikasi: Membedah Visi dan Gaya Komunikasi Praktisi Politik. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.

Nazir. M. 1988. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia: Jakarta.

Nimmo, Dan. 1989. Komunikasi Politik: Khalayak dan Efek. Bandung: Remadja

Nurudin. 2016. Ilmu Komunikasi Ilmiah dan Populer. PT. Raja Grafindo, Persada: Jakarta.

Effendy, Onong Uchjana. 2006. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Rosdakarya: Bandung.

Puji leksono. Sugeng. 2015. Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Intrans Publishing: Malang.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif). Alfabeta: Bandung.

Surbakti, Ramlan. 1992. Memahami Ilmu Politik. Grasindo: Jakarta.

Sutaryo. 2005. Sosiologi Komunikasi. Arti Bumi Intaran: Yogyakarta.

Syarbaini. Syahrial Dkk. 2004. Sosiologi Dan Politik. Ghalia, Indonesia: Bogor Selatan.

Samsul Rani. 2018. Dinamika Komunikasi Politik Dalam Pilkada Di Indoensia, Jurnal Alhadhara, Volume 17. No 33

Https://tirto.id/

Https://news.detik.com

Published

2023-12-09

How to Cite

Kadir, I. A., Kelibay, I., & Refra, M. S. (2023). Strategi Pull Marketing Politik Maurits Mantiri dan Hengky Honandar Pada Pilkada Kota Bitung Tahun 2020. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 9(1), 87–96. https://doi.org/10.33506/jn.v9i1.2864

Most read articles by the same author(s)