Public Relations Politik Nono Sampono dalam Pemilihan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Periode 2019-2024

Authors

  • Rimbo Bugis Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Harmonis Harmonis Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ismed Kelibay Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jn.v10i1.3301

Keywords:

Public Relations, Politik, Nono Sampono, Pileg DPD RI, Tahun 2019

Abstract

Studi ini membahas tentang Public Relations Politk Nono Sampono dalam Pemilihan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Tahun 2019. Politik dibentuk tentu memiliki tujuan yang dapat membantu bagi insan politik. Nono Sampono memiliki suara 65.189 terbanyak kedua dibawa Anna yang memperoleh 108.876 suara, John 63.016 suara dan Novita 62.501. Nono Sampono kembali terpilih pada Pileg DPD RI tahun 2019. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif diartikan sebagai suatu cara yang digunakan untuk memecahkan sebuah masalah yang diteliti, menguraikan tentang keadaan suatu subjek atau objek dalam suatu penelitian, dengan jumlah informan sebanyak 4 orang. Hasil penelitian diketahui, bahwa Nono Sampono dalam membangun relasi politik selalu mengajak silaturahmi untuk menjaga hubungan kebersamaan dan membuka ruang komunikasi melalui diskusi dan juga audensi sehinga terbangun sebuah hubungan yang baik dengan berbagai pihak serta para tokoh dan Ormas di Provinsi Maluku. Hal inilah yang menjadikan Nono Sampono kembali terpilih menjadi Anggota DPD RI Periode 2019-2024. Demikian disimpulkan, bahwa membangun hubungan yang baik dengan berbagai elemen menjadikan Nono Sampono dikenal luas masyarakat di Provinsi Maluku. Tim Pemenangan selalu mengunakan media dalam memperkenalkan sosok Nono Sampono kepada publik Maluku, terutama program atau perjuangan dirinya selama menjadi anggota DPD RI apabila kembali terpilih.

References

Arikunto S. (2006), Prosedur Penilitian : satu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rikena Cipta.

Baiduri, Intan. (2007). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pelaksanaan Fungsi Legislasi DPRD. Universitas Lampung: Bandar Lampung.

Dian Absary, Yunita (2015), Strategi Political Public Relations Dalam Kampanye Pemilu 2014 (Studi Kasus Totok Daryanto, Calon Legislatif DPR RI DI Dapil V Jawa Timur).

Dwi Haryono, A. Margono. (2016). Syahrani, Strategi KPU Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pada Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Samarinda Tahun2015, Ejournal Adminitrative Reform.

Effendy, O, U. (1992). Humas Suatu Studi Komunikologis. PT.Remaja Rosda, Bandung.

___________. (2009). Dinamika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

___________. (1993). Human Relations dan Public Relaions. Bandung: Mandar Maju https://eprints.uny.ac.id/43513/1/TUGAS%20AKHIR_.pdf

___________. (1998). Hubungan Masyarakat: Suatu Studi Komuikologis. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Inggrit Indrayani, Inri (2014) Mengkaji Public Relations Politik : Sebuah Tinjauan Teoritis Dan Empiris. Jurnal Skriptura Institute of Research and community outreach – Petra Chiristian University, 54-59 ISSN 1978-385X

Jefkins, Frank. 1992. Public Relations. Jakarta: Erlangga. https://eprints.uny.ac.id/43513/1/TUGAS%20AKHIR_.pdf

Kriyantono, Rakhmat. (2006). Teknik Pratkis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Prada Media Group.

Lampe, Ilyas. (2010). Konsep Dan Aplikasi Public Relations Politik Pada Kontestasi Politik Di Era Demokrasi (Pemilihan Langsung), Jurnal Academica Fisip Untad VOL. 2 No. 02.

Moleong, Luxy J. (2007). Metodologi Penilitian Kualitatif. Penerbit PT. Remaja Rosdakarya Offset bandung.

Muchtar, Khoiruddin dan Aliyudin, Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi. (2019). Public Relations Politik Partai Keadilan Sejahtera dalam Pemilukada Jawa Barat.

Nova, Firsan. (2011). Crisis Public Relations. Jakarta: Kencana. https://eprints.uny.ac.id/43513/1/TUGAS%20AKHIR_.pdf

Nimmo, Dan. (2000). Komunikasi politik : komunikator, pesan, dan media. Rajawali Pers: Makassar.

Sugiyono. (2019). Metode Penilitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung:Alfabeta.

Susanto, S, Astrid. (1985). Pengantar Sosiologi dan Perubahan Sosial. Perpustakaan Universitas Fajar, Makassar.

Wahid, U. (2016). Komunikasi Politik; Teori, Konsep, dan Aplikasi Pada Era Media Baru.Bandung:Simbiosa Rekatama Media.

Wasesa, Agung, Silih. (2011). Political Branding & Public Relations. Jakarta : Gremedia Pustaka Utara.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum

Published

2024-05-10

How to Cite

Bugis, R., Harmonis, H., & Kelibay, I. (2024). Public Relations Politik Nono Sampono dalam Pemilihan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Periode 2019-2024. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 12–24. https://doi.org/10.33506/jn.v10i1.3301