Kuasa Etnisitas dalam Merek Politik Konsumen Kabupaten Tebo di Era Reformasi
DOI:
https://doi.org/10.33506/jn.v7i2.1758Keywords:
Kuasa Etnisitas, Pemasaran Politik, Merek Politik Konsumen, Kabupaten TeboAbstract
Penelitian ini akan mengkaji tentang marketing politik dalam kontestasi electoral di Kabupaten Tebo Era Reformasi yang kemudian dikaitkan dengan adanya konstruksi Etnisitas masyarakat Kabupaten Tebo sebagai kekuatan utama pemenangan kontestasi kuasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi marketing politik terhadap kontestasi politik electoral yang menyasar populisme etnisitas masyarakat di Kabupaten Tebo. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif hasil penelitian ini menjawab bahwa sesungguhnya kuasa etnisitas mampu menjadi merek politik konsumen melalui marketing politik yang dilakukan oleh pasangan calon yang bertarung dengan pola kombinasi Etnis (Jawa- dan Melayu Jambi). Kemudian terdapat kebijakan yang bersifat populis distributif yang menyasar kepada etnis yang menjadi basis pemilih dengan tujuan untuk kepentingan politik pribadi agar terpilih kembali pada pemilihan. Studi ini menawarkan rekomendasi bahwa dalam konteks Etnisitas yang biasanya menjadi salah satu pokok bahasan dalam teori perilaku memilih ternyata juga dikemas dalam strategi marketing politik dapat menimbulkan beberapa dampak yang negative nantinya yang menyebabkan proses pembangunan tidak mengedepankan azas keadilan sehingga timbul polarisasi di tengah masyarakat.
References
Andrias, M., & Nurohman, T. (2013). Partai Politik dan Pemilukada (Analisis Marketing Politik dan Strategi Positioning Partai Politik Pada Pilkada Kabupaten Tasikmalaya). Jurnal Ilmu Politik dan Pemerintahan, 352-372.
Bujang. (2016, January 15). Ini dia perbandingan jumlah mata pilih di wilayah Rimbo dan Aliran sungai Batanghari. Retrieved April 16, 2021, from JambiUpdate.co: https://jambiupdate.co/read/2016/01/15/30114/ini-dia-perbandingan-jumlah-mata-pilih-wilayah-rimbo-dan-aliran-sungai-batanghari-
Chabibi, M. (2020). Polemik Marketing Politik antara Image dan Substansi. Jurnal Al-Tsiqoh (Dakwah dan ekonomi), 1-23.
Febriyanto, S. (2011, April 16). MK Putuskan Sukandar-Hamdi Menang Pemilu Ulang Tebo. April16,2021,fromTribunnews.com:https://www.tribunnews.com/election/2011/07/21/mk-putuskan-sukandar-hamdi-menang-pemilu-ulang-tebo
Ferejohn, J. A. (1974). Pork barrel politics: Rivers and harbors legislation, 1947-1968. Stanford: Stanford University Press.
Firmanzah, M. P. (2007). Marketig Politik Antara Pemahaman dan Realitas. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Hughes, A., & Dann, S. (2009). Political marketing and stakeholder engagement. . Marketing Theory, 243-256.
Ishiyama, J. T., & Marijke, B. (2013). Ilmu Politik dalam Paradigma Abad kedua puluh satu sebuah referensipanduan Tematis,Jilid 1. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Joubish, M. F., Khurram, M. A., Ahmed, A., Fatima, S. T., & Haider, K. (2011). Paradigms and characteristics of a good qualitative research. World applied sciences journal, 2082-2087.
Kambo, G. (2013). The Mapping Political of identity in local Election of North Maluku 2013. Journal of Governance and Public Policy, 122-136.
KPU. (2017). Hasil hitung TPS (Form C1) Kabupaten Tebo- Pilkada 2017. April 17, 2021, from Pilkada2017.kpu.go.id: https://pilkada2017.kpu.go.id/hasil/t2/jambi/tebo
Lilleker, D. G., Lees-Marshment, J., & Jennifer Lees-Marshment, D. (2005). Political marketing: A comparative perspective. Manchester: Manchester University Press.
Maiorano, D. (2019). The 2019 Indian Elections and the Ruralization of the BJP. Studies in Indian Politics, 176-190.
Marland, A., Giasson, T., & Lees-Marshment, J. (. (2012). Political marketing in Canada. Canada: UBc Press.
Miles, M. B., Huberman, M. A., & Saldana, J. (2014). Drawing and verifying conclusions. Qualitative data analysis: A methods sourcebook, 275-322.
Newman, B. I. (1999). The mass marketing of politics: Democracy in an age of manufactured images. Thousand Oaks, California: Sage Publication.
Newman, B. I. (2002). The role of marketing in politics. Journal of Political Marketing, 1-5.
Niffenegger, P. B. (1989). Strategies for success from the political marketers. Journal of Consumer Marketing, 45-51.
Nursal, A. (2004). Political marketing: strategi memenangkan pemilu: sebuah pendekatan baru kampanye pemilihan DPR, DPD, Presiden. Gramedia Pustaka Utama.
O'cass, A. (1996). Political marketing and the marketing concept. European Journal of Marketing, 37-53.
Oztig, L. I., & Aydın, K. (2017). The AKP’s Approach toward Non-Muslim Minorities: Constructivist and Rationalist Insights. Alternatives: Global, Local, Political, 59-73.
Sagala, I. D., & Mukmin, B. A. (2018). Politik Identitas Etnis dalam Pilkada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Binjai Tahun 2015. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya, 139-151.
Sandi, K., & Mursal, I. F. (2021). Dinamika Masyarakat Transmigrasi Rimbo Ilir Kabupaten Tebo Tahun 1978-2016. Jurnal Siginjai, 54-72.
Saragintan, A., & Hidayat, S. (2016). Politik Pork Barrel di Indonesia: Kasus Hibah dan Bantuan Sosial di Provinsi Banten tahun 2011. Jurnal Politik, 137-164.
Sitepu, P. (2012). Studi Ilmu Politik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Strikovic, E., van der Meer, T. G., van der Goot, E., Bos, L., & Vliegenthart, R. (2019). On Behalf of the People: The Use of Public Opinion and the Perception of “the People†in Political Communication Strategies of Dutch MPs. The International Journal of Press/Politics, 1-23.
Sutrisno, Neneng, Y., & Leo, A. (2018). Komparasi Teori Marketing Politik 4p Menurut Nifenegger dan 3p Menurut Adman Nursal. JPPUMA : Jurnal Ilmu Pemerintahan Sosial Politik UMA, 106-111.
Tebo, B. P. (2017, maret 29). Jumlah Penduduk Menurut Jenis Kelamin (Jiwa), 2015-2017. RetrievedApril16,2021,fromtebokab.bps.go.id:https://tebokab.bps.go.id/indicator/12/48/1/jumlah-penduduk-menurut-jenis-kelamin.html
Tebo, S. R. (2019). Rencana Kerja Dinas PUPR Tebo 2019. Retrieved april 17, 2021, from tebokab.go.id:http://www.tebokab.go.id/files/transparansi/renja/2019/renjadpupr_2019.pdf
Thachil, T. (2014). Elite parties and poor voters: Theory and evidence from India. American Political Science Review, 454-477.
Wring, D. (1996). Political marketing and party development in Britain: A “secret†history. European Journal of Marketing, 92-103.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.