KUALITAS PELAYANAN DINAS PENDAPATAN DAERAH (DISPENDA) KOTA SORONG DALAM MENINGKATKAN PEROLEHAN PAJAK DAERAH MELALUI SISTEM INFORMASI PAJAK
Keywords:
Pelayanan, DISPENDA, PajakAbstract
Kota sorong merupakan Daerah berkembang yang tengah mengaklakkan pembangunan disegala bidang, oleh karena itu pembiayaan pembangunan perlu diperhatikan untuk mencapai tujuan. Usaha untuk mewujudkan hal tersebut yaitu dengan menggali sumber dana dari dalam Negeri berupa pajak.Permasalahan dalam penelitian ini apakah strategi pelayanan yang diterapkan oleh aparatur di DISPENDA Kota Sorong sesuai dengan yang diharapkan oleh masyarakat Kota Sorong, serta tujuan keseluruhan DISPENDA Kota Sorong Dalam Meningkatkan Perolehan Pajak.Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pelayanan, strategi dan tujuan DISPENDA Kota Sorong Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pajak Melalui Sistem Informasi Pajak.Berdasarkan hasil penelitian mengenai Strategi Pelayanan DISPENDA Kota Sorong ternyata dapat disimpulkan bahwa strategi yang diterapkan oleh DISPENDA Kota Sorong sudah berjalan dengan baik. Hal ini ditunjang dari pengembanbangan organisasi pemerintah yang berjalan dengan baik serta perubahan sikap dan karakter aparatur atau pegawai yang melayani masyarakat dengan penuh tanggung jawab, adil dan terbuka sehingga masyarakatpun merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pegawai DISPENDA Kota Sorong.
References
Abuyamin Oyok, 2010, Perpajakan Pusat dan Daerah, Humaniora, Bandung
Gasperz Vincent, 1997, Manajemen Kualitas, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Harbani Pasolong, 2008, Kepemimpinan Birokrasi, Alfabeta, Bandung
Istianto Bambang, 2009, Manajemen Pemerintahan dalam Perspektif Pelayanan Publik, PT. Mitra Wacana Media, Jakarta
Kotler Philip, 1994, Marketing Management Analysis, Planning, Implementation and Control, 8th edition, Prentice Hall International Inc, New Jersey USA
Kristanto Andri, 2008, Perancangan Sistem Infromasi dan Aplikasinya, Gava Media, Yogyakarta
Lukman Sampara, 2000, Manajemen Kualitas Pelayanan, STIA-LAN Press, Jakarta
Malak, Y. R., Amiruddin, A., & Purnomo, A. (2019). Analisis Pengelolaan Pendapatan Daerah (PAD) Terhadap Peningkatan Pembangunan Di Kabupaten Sorong. Jurnal Faksi: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2(3), 47-63.
Mardiasmo, 2001, Perpajakan, Penerbit Andi, Yogyakarta
Moenir, 2008, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, PT. Bumi Aksara, Jakarta
Munawir, 2000, Pokok-Pokok Perpajakan, Liberty, Yogyakarta
Napitupulu Paimin Dr M.Si, 2007, Pelayanan Publik dan Customer Satisfaction, Penerbit: PT. Alumni, Bandung
Pudyatmoko Sri, 2009, Pengantar Hukum Perpajakan, Penerbit Andi, Yogyakarta
Ratminto dan Winarsih, 2010, Manajemen Pelayanan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Sanapiah Faisal, 1999, Format-Format Penelitian Sosial, Penerbit Andi, Yogyakarta
Sinambela Poltak, 2008, Reformasi Pelayanan Publik, Penerbit: Bumi Aksara, Jakarta
Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bumi Aksara, Bandung
Surjadi, 2009, Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik, CV. Alfabeta, Bandung
Sutabri Tata, 2005,Sistem Informasi Manajemen, penerbit: PT. Graha Ilmu, Yogyakarta
Sutrisno, T., Suaib, H., & Ichwan, S. (2017). Fungsi Pengawasan Manajemen Administrasi Dalam Meningkatkan Efisiensi Kerja Karyawan Pada PT Aditya Mandiri Sejahtera Kota Sorong. Gradual, 6(2), 30-41.
Suyanto, 2005, Metode Penelitian Sosial, Penerbit: PT. Graha Ilmu, Yogyakarta
Tjiptono Fandy, 2003, Prinsip-Prinsip Total Quality Service, Penerbit: Bumi Aksara, Jakarta
Wahyono Teguh, 2004, Sistem Informasi (Konsep Dasar, Analisis Desain dan Implementasi), Graha Ilmu, Yogyakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.