KUALITAS PELAYANAN DINAS PENDAPATAN DAERAH (DISPENDA) KOTA SORONG DALAM MENINGKATKAN PEROLEHAN PAJAK DAERAH MELALUI SISTEM INFORMASI PAJAK

Authors

  • Christian Rumbiak Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Amiruddin Amiruddin Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Saiful Ichwan Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Pelayanan, DISPENDA, Pajak

Abstract

Kota sorong merupakan Daerah berkembang yang tengah mengaklakkan pembangunan disegala bidang, oleh karena itu pembiayaan pembangunan perlu diperhatikan untuk mencapai tujuan. Usaha untuk mewujudkan hal tersebut yaitu dengan menggali sumber dana dari dalam Negeri berupa pajak.Permasalahan dalam penelitian ini apakah strategi pelayanan yang diterapkan oleh aparatur di DISPENDA Kota Sorong sesuai dengan yang diharapkan oleh masyarakat Kota Sorong, serta tujuan keseluruhan DISPENDA Kota Sorong Dalam Meningkatkan Perolehan Pajak.Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pelayanan, strategi dan tujuan DISPENDA Kota Sorong Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pajak Melalui Sistem Informasi Pajak.Berdasarkan hasil penelitian mengenai Strategi Pelayanan DISPENDA Kota Sorong ternyata dapat disimpulkan bahwa strategi yang diterapkan oleh DISPENDA Kota Sorong sudah berjalan dengan baik. Hal ini ditunjang dari pengembanbangan organisasi pemerintah yang berjalan dengan baik serta perubahan sikap dan karakter aparatur atau pegawai yang melayani masyarakat dengan penuh tanggung jawab, adil dan terbuka sehingga masyarakatpun merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pegawai DISPENDA Kota Sorong.

References

Abuyamin Oyok, 2010, Perpajakan Pusat dan Daerah, Humaniora, Bandung

Gasperz Vincent, 1997, Manajemen Kualitas, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Harbani Pasolong, 2008, Kepemimpinan Birokrasi, Alfabeta, Bandung

Istianto Bambang, 2009, Manajemen Pemerintahan dalam Perspektif Pelayanan Publik, PT. Mitra Wacana Media, Jakarta

Kotler Philip, 1994, Marketing Management Analysis, Planning, Implementation and Control, 8th edition, Prentice Hall International Inc, New Jersey USA

Kristanto Andri, 2008, Perancangan Sistem Infromasi dan Aplikasinya, Gava Media, Yogyakarta

Lukman Sampara, 2000, Manajemen Kualitas Pelayanan, STIA-LAN Press, Jakarta

Malak, Y. R., Amiruddin, A., & Purnomo, A. (2019). Analisis Pengelolaan Pendapatan Daerah (PAD) Terhadap Peningkatan Pembangunan Di Kabupaten Sorong. Jurnal Faksi: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2(3), 47-63.

Mardiasmo, 2001, Perpajakan, Penerbit Andi, Yogyakarta

Moenir, 2008, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, PT. Bumi Aksara, Jakarta

Munawir, 2000, Pokok-Pokok Perpajakan, Liberty, Yogyakarta

Napitupulu Paimin Dr M.Si, 2007, Pelayanan Publik dan Customer Satisfaction, Penerbit: PT. Alumni, Bandung

Pudyatmoko Sri, 2009, Pengantar Hukum Perpajakan, Penerbit Andi, Yogyakarta

Ratminto dan Winarsih, 2010, Manajemen Pelayanan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Sanapiah Faisal, 1999, Format-Format Penelitian Sosial, Penerbit Andi, Yogyakarta

Sinambela Poltak, 2008, Reformasi Pelayanan Publik, Penerbit: Bumi Aksara, Jakarta

Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif, Bumi Aksara, Bandung

Surjadi, 2009, Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik, CV. Alfabeta, Bandung

Sutabri Tata, 2005,Sistem Informasi Manajemen, penerbit: PT. Graha Ilmu, Yogyakarta

Sutrisno, T., Suaib, H., & Ichwan, S. (2017). Fungsi Pengawasan Manajemen Administrasi Dalam Meningkatkan Efisiensi Kerja Karyawan Pada PT Aditya Mandiri Sejahtera Kota Sorong. Gradual, 6(2), 30-41.

Suyanto, 2005, Metode Penelitian Sosial, Penerbit: PT. Graha Ilmu, Yogyakarta

Tjiptono Fandy, 2003, Prinsip-Prinsip Total Quality Service, Penerbit: Bumi Aksara, Jakarta

Wahyono Teguh, 2004, Sistem Informasi (Konsep Dasar, Analisis Desain dan Implementasi), Graha Ilmu, Yogyakarta

Downloads

Published

2019-11-05

How to Cite

Rumbiak, C., Amiruddin, A., & Ichwan, S. (2019). KUALITAS PELAYANAN DINAS PENDAPATAN DAERAH (DISPENDA) KOTA SORONG DALAM MENINGKATKAN PEROLEHAN PAJAK DAERAH MELALUI SISTEM INFORMASI PAJAK. Jurnal Fase Kemajuan Sosial Dan Politik: Faksi, 3(3), 1–13. Retrieved from https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jf/article/view/649

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>