MAKNA REVITALISASI BIOROKRASI DAN KOLABORASI BUDAYA LOKAL TERHADAP KINERJA ASN PADA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN SORONG

Authors

  • Vicky Indra Wijaya Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Amiruddin Amiruddin Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Abu Sofyan Universitas Muhammadiyah Sorong
  • La Basri Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Revitalisasi, Aparatur Sipil Negara (ASN), Budaya Lokal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Aparatur Sipil Negara di Dinas Lingkungan Hidup Memaknai Kolaborasi Budaya Lokal terhadap Kinerja ASN di Kabupaten Sorong. Metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun jenis data yang digunakan dalam Penelitian ini adalah wawancara, observasi ,dokumetasi. Teknik analisis data, data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer maupun data sekunder untuk diteliti guna mengetahui kelengkapan data yang diperoleh. Hasil Peneltian menunjukan bahwa budaya lokal sangat mempengaruhi kinerja pegawai dinas lingkungan hidup Kabupaten Sorong baik itu seruan dan simbol-simbol bahasa lokal tentang pentingnya etos kerja yang tinggi. Tapi sejauh belum memiliki pengaruh yang siginikan dalam kinerja ASN sistematis. Harapan kedepan ini adalah contoh trobosan kolaburasi kearifan Budaya lokal dengan birokrasi di era Revolusi Industri 4.0. pesan dari Sehingga ASN benar-benar harus teliti dalam mengisi segala pelaporan yang ada sesuai tugas dan fungsinya sehingga terwujud sesuai harapan e-governance.

References

A.W.Widjaja.2006. ‘Administraasi Kepegawaian.Rajawali Bandung’, in Administraasi Kepegawaian.

Ardianto, E., Komariah, K. Perbawasari, S. 2011. ‘Interaksi Dan Komunikasi Masyarakat Di Perumahan Bumi Rancaekek Kencana Kabupaten Bandung’, Sosiohumaniora. Doi: 10.24198/Sosiohumaniora.V13i3.5510.

Indonesia, P. ‘UU ASN No. 5 tahun 2014’, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara.

Mangkunegara. 2011. ‘Manajemen Sumber Daya Perusahaan’, in Manajemen Sumber Daya Perusahaan.

Mulyana, D. 2007. Ilmu komunikasi, Bandung Rosdakarya.

Rivai .2015. ‘Pengaruh lingkungan kerja, disiplin kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai negeri sipil di sekretariat dprd kabupaten madiun’, Jurnal JIBEKA.

Roy, I. 2008. ‘Civil Society and Good Governance: (Re-) Conceptualizing the Interface’, World Development. doi: 10.1016/j.worlddev.2007.04.020.

Sedarmayanti. 2016. ‘Manajemen Sumber Daya Manusia’, in Manajemen Sumber Daya Manusia.

Sugiyono. 2014. ‘Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.’, in METODE PENELITIAN ILMIAH.

Sugiyono, P. 2014. ‘Metode Kuantitatif Kualitatif dan R & D’, Jakarta: Alfabeta.

Suprapto, S. 2013. ‘Revitalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Bagi Upaya Resolusi Konflik’, Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan. doi: 10.21580/ws.2013.21.1.235.

Thoha, M. 2008. Ilmu Administrasi Publik Kontemporer (edisi Pertama), Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Wakhid, A. A. (2011) ‘Eksistensi Konsep Birokrasi Max Weber Dalam Reformasi Birokrasi Di Indonesia’, Jurnal TAPIs.

http://ksp.go.id/revolusi-industri-4-0-dan-transformasi-organisasi-pemerintah

https://media.neliti.com/media/publications/5029-ID-bahasa-politik-dalam-perspektif-filsafat-bahasa-ludwig-wittgenstein.pdf

Downloads

Published

2021-04-14

How to Cite

Wijaya, V. I., Amiruddin, A., Sofyan, A., & Basri, L. (2021). MAKNA REVITALISASI BIOROKRASI DAN KOLABORASI BUDAYA LOKAL TERHADAP KINERJA ASN PADA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN SORONG. Jurnal Fase Kemajuan Sosial Dan Politik: Faksi, 5(2), 33–45. Retrieved from https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jf/article/view/1302

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>