Efektifitas Penyelenggaraan Sistim Informasi Administrasi Kependudukan (Siak) Dalam Penertiban Administrasi Kependudukan Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Sorong
Keywords:
Efektifitas, SIAK, Administrasi KependudukanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah : a) Untuk mengetahui efektifitas sistim informasi administrasi kependudukan dapat mempangaruhi penyelenggaraan sistim informasi administrasi kependudukan pada Dinas Catatan Sipil Kota Sorong. b) Untuk mengetahui pengaruh sistim informasi administrasi kependudukan terhadap Penertiban Administrasi Kependudukan di Kota Sorong. c) Untuk mengetahui Upaya-upaya yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sorong dalam penerbitan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di Kota Sorong. Metodologi dalam penelitian ini adalah deksriptif, yaitu penelitian yang bertujuan menguraikan karakteristik dari suatu keadaan. Metode ini tertujuh pada pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Di Kota Sorong,sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 10 orang. Teknik pengambilan data menggunakan observasi dan wawancara. teknik pengolah data non statistik yaitu menganalisa data yang satu dengan data yang lain, kemudian menarik kesimpulan atas hasil analisa data tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa Efektifitas penyelenggaraan SIAK sebenarnya merupakan basis utama dan fokus dari segala persoalan pembangunan. Hampir semua kegiatan pembangunan baik yang bersifat sektoral maupun lintas sektor terarah dan terkait dengan penduduk, atau dengan kata lain penduduk harus menjadi subyek sekaligus objek pembangunan. Kualitas penduduk yang baik akan melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang baik pula. Jumlah penduduk yang besar tetap akan berarti bila sebagian besar dari mereka mampu berkarya dan berpartisipasi dalam pembangunan.References
Boles, Frank. 2005. “Selecting and Appraising Archives & Manuscripts. Ottawa: Society of American Archivists,
Dahlan Beletin. 1992.Arsip Nomor 11 latar Belakang Lahirnya Kearsipan kartu Kendali , Andri, Jakarta,
Enri S. Siswosoediro 1989. “ Mengurus Surat – Surat Kependudukan ( Identitas Diri _ dari Akta Kelahiran, KTP, Paspor, SKCK, Akta Perkawinan dan Perceraian sampai Surat Kematian Jakarta
Hasibuan, Zainal A. 2007. Langkah-Langkah Strategis dan Taktis Pengembangan E-Goernment Untuk Pemda. Jurnal Sistem Informasi MTI UI Vol 3-No 1-April
Ibrahim Indrawijaya, 1993. Pemimpin Prilaku Organisasi, CV. Rajawali, Jakarta,
I Nyoman Budijaya 1987. “ Suatu Tinjauan Yuridis Catatan Sipil Indonesia, Raja Grafindo Persada, Jakarta
Jay Kennedy and Cherryl Schauder, 1998. Records management: A Guide to Corporate Record Keeping,Melbourne. Longman,
Koswara, E. 2002. “ Teori Pemerintahan Daerah. Jakarta : Institut Pemerintahan Press,
Komnas HAM. 2005.“ Pokok – Pokok Pikiran dan Paradigma Baru Catatan Sipil Nasional, Komnas HAM, Jakarta,
Leonard d. White, 1991. dasar-dasar organisasi dan manajemen, galia indonesia, Jakarta,
Mambtisauw, D., Suaib, H., & Purnomo, A. (2017). EFEKTIVITAS DAN EFISIEN KINERJA ORGANISASI PUBLIK DI DISTRIK KEPULAUAN AYAU. Gradual, 6(2), 66-83.
Martono, Boedi, 1995. Administarsi Kearsipan, yayasan Pendidikan Pekerjaan Semua Bidang, CV. Insan Harapan, Grafika, Makasar,
Nazir, Muh. 2003. “Metodologi Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta,
Peter Walne (ed), 1988. Dictionary of Archival Terminology,Munchen: KG. Saur, ,
Sulistyo-Basuki. 2003. “Manajemen Arsip Dinamis: Pengantar Memahami dan Mengelola Informasi dan Dokumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,
Syefani Rahma Deski 2009 “ Penduduk, Mayarakat dan Kebudayaan dalam website : www.www.akademik.unsri.ac.iddownload/journal/files/gdr/ISD-2.doc,
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.