MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SAVI PADA SISWA KELAS VB SDIT AL-IZZAH SORONG

Sundari Sundari

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pendekatan SAVI yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VB SDIT Al-Izzah Sorong tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 14 siswa perempuan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan tindakan dan implementasi di lokasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Pada siklus pertama dilakukan sebanyak empat kali pertemuan, implementasi tindakan dengan Pendekatan SAVI. Siklus kedua dilakukan tindakan sebanyak empat kali pertemuan dengan model yang sama.

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan peneliti dengan melakukan kolaborasi bersama guru bidang studi. Dalam penelitian ini guru bidang studi berperan sebagai pengamat dan peneliti adalah sebagai perancang, pelaksana dan pengamat. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendapatkan gambaran nyata tentang kualitas pembelajaran matematika menggunakan pendekatan SAVI (Somatic, Auditori, Visual, Intelektual).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VB SDIT Al-Izzah Sorong meningkat. Nilai rata-rata tes awal siswa 51.5 dan pada akhir siklus I nilai rata- ratanya 61,5 dengan standar deviasi 22,4, sedang pada akhir siklus II nilai rata-rata menjadi 71,4 dengan standar deviasi 17,7. Dengan menggunakan Pendekatan SAVI hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika meningkat.


Keywords


Hasil Belajar, Matematika,SAVI

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitrianingsih, Ika. 2009. ”Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan SAVI Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa”. Skripsi. Surakarta. FKIP UMS.

FKIP Universitas Al Amin Muhammadiyah Sorong. Panduan Penulisan Skripsi. 2010. Sorong.

Hardi. Mikan, dan Ngadiyono. 2009. BSE Pandai Berhitung Matematika untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah Kelas V. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Herdian, 2004. Model Pembelajaran SAVI. (On Line) (http://herdy07.wordpress. com//2009/04/22/model-pembelajaran- savi/) Diakses pada tanggal 2 november 2011.

Hikmah, Nuzul Nur. 2008. “Peningkatan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan SAVI dengan Pendayagunaan Alat Peraga di SMP Negeri 1 Kartasura”. Skripsi. Surakarta. FIKP UMS.

Hamalik, Jufri, 2012. Definisi atau Pengertian Hasil Belajar menurut para ahli. (On Line) (http://juprimalino.blogspot.com/2012/02/definisipengertian hasilbelajar.html) Diakses pada tanggal 7 Februari 2012.

Khairul, 2012. Definisi Pendekatan, Strategi dan Metode. (On Line) (http://syacom.blogspot.com/2012/04/defenisi-pendekatan-strategi-metode-dan.html) Diakses pada tanggal 25 November 2012.

Meier, Dave. 2002 . The Accelarated Learning Hand Book . Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan Dan Penelitian . Bandung : Kaifa

Soenarjo, RJ. 2007. BSE Matematika 5 SD dan MI Kelas 5.Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tim Bina Karya Guru, 2007. Terampil Berhitung Matematika untuk SD Kelas V. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Trisnawati, Nika Fetria. 2011. ” Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswadengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Pada Siswa VB SD Muhammadiyah I Sorong”. Skripsi. Sorong. FKIP UMS.




DOI: https://doi.org/10.33506/jq.v5i2.260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By

Copyright © 2018 Modified by admin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.