Meningkatkan Karakter Anti Korupsi melalui Penerapan Model Make a Match

Authors

  • Nika Fetria Trisnawati Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Sundari Sundari Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jq.v9i2.1187

Keywords:

Make a Match, Karakter Anti Korupsi

Abstract

Penanaman karakter pada diri setiap peserta didik sangatlah penting. Negara kita saat ini sedang mengalami krisis multidimensi, salah satunya banyak kasus korupsi yang ada. Pendidikan anti korupsi merupaakah salah satu cara mencegah perilaku korupsi sejak dini, kesuksesan dalam membangun karakter mahasiswa merupakan salah satu indikator kesuksesan dalam membangun Negara Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan karakter anti korupsi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas  yang dilakukan sebanyak 2 siklus, dalam setiap siklus melakukan pembelajaran sebanyak 3 kali dan tes 1 kali. Dalam penelitian ini peneliti menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Make a Match  pada sebanyak 20 mahasiswa kelas  J yang mengontrak mata kuliah matematika dasar. Hasil observasi aktivitas dan angket karakter anti korupsi  menunjukkan bawa terdapat peningkatan karakter anti korupsi  mahasiswa. Rata-rata hasil observasi sikap mahasiswa meningkat.

References

Arsyad, R. B. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Cooperative Learning dan teknik Napier pada siswa kelas IV B SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan 5(2), 14-25

Aslamiah, dkk. 2018. Efforts To Develop Religious And Moral Value Ability (Identify Know Salah Times) Using A Combination Of Rhyming Method and Make a Match Model. Journal of K6 Education and Management, 1(4): 25-34

Darmaji, A., A., P., and Maison (2018). Penuntun Praktikum Viskositas Berbasis Keterampilan Proses Sains Menggunakan Model Discovery Learning. Jurnal Ilmu Pendidikan

Fathurrahman, M. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan 5(1), 1-7

Handoko, Hendri & Winarno. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Scaffolding berbasis Karakter. Jurnal Mosharafa 8(3). 411-422

Kemdikbud. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter jadi pintu masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. Jakarta: Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Tim Komunikasi Pemerintah Kementerian Komunikasi dan Informatika

Majelis Pendidikan Dewan Pendidikan Tinggi Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. (2017). Memandang Revolusi Industri & Dialog Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi Indonesia. Jakarta: Direktorat Pembelajaran, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Maryati, Iyam dan Nanang Priatna. (2017). Integrasi nilai-Nilai Karakter Matematika Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Mosharafa, 6 (3): 333-344.

Mislina & Dwi Cahyaningsih. 2020. Analisis Karakter Kemandirian dalam Diri Siswa Kelas XI MIA 2 dan XI MIA 3 di SMA Negeri 7 Kota Jambi. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 9(1): 6-12

Mukodi & Afid Burhanuddin. (2014). Pendidikan Anti Korupsi Rekonstruksi Intepretatif dan Aplikatif di Sekolah. Pacitan: LPPM Press STKIP PGRI Pacitan

Mulyono, A. A. Setyo, N. F. Trisnawati. 2020. Efektifitas Pembelajaran Virtual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Statistik Pendidikan di masa Pandemi Covid 19. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3): 411-422

Mulyono., Arie Anang Setyo. (2018). Komparasi Keefektifan Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dan Snowball Throwing Dalam Pembelajaran Geometri Analitik. Qalam: jurnal ilmu kependidikan, 7 (2): 115-123

Murdiono, Mukhamad. 2016. Pendidikan Anti Korupsi Terintegrasi dalam Pembelajaran PKn untuk Menanamkan Karakter Kejujuran di SMP. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(1): 166-164

Nurdyansyah. 2015. Model Social Reconstruction Sebagai Pendidikan Anti–Korupsi Pada Pelajaran Tematik di Madrasah Ibtida’iyah Muhammadiyah 1 Pare. HALAQA: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 14(1): 13-23

Soyomukti, Nurani. (2013). Teori-Teori Pendidikan dari Tradisional, (Neo) Liberal, Marxis- Sosialis, Hingga Postmodern. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Supriatno, T., Noer, S.H., & Rosidin, U. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Soal Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika 9(1), 72-85

Tarigan, Daitin. 2014. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Make a Match Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 050687 Sawit Seberang. Jurnal Kreano, 5(1): 56-62

Trisnawati, N. F. (2019). Efektifitas Model Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Self Efficacy. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 7(3), 427-436.

Trisnawati, N. F. (2020). Efektifitas Model Problem Based Learning dan Model Group Investigation dalam Meningkatkan Karakter Anti Korupsi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 203-2014

Trisnawati, Nika Fetria. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) pada Siswa Kelas VB SD Muhammadiyah I Kota Sorong. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 5(2): 26-32

Wibowo, K.P., & Marzuki. 2015. Penerapan Model Make A Match Berbantuan Media untuk Meningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2): 158-169

Downloads

Published

01/05/2021

How to Cite

Trisnawati, N. F., & Sundari, S. (2021). Meningkatkan Karakter Anti Korupsi melalui Penerapan Model Make a Match. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 9(2), 88–95. https://doi.org/10.33506/jq.v9i2.1187

Issue

Section

Articles