Character Development Through Religious Education Through Mathematics Education in Elementary School

Authors

  • Mukhlas Triono Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Budi Santoso Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jq.v13i1.3300

Keywords:

Pendidikan Karakter, Religius, Matematika, Sekolah Dasar.

Abstract

Tujuan penelitian yang ingin dicapai dari artikel ini adalah untuk menjelaskan pentingnya penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar melalui pembelajaran umum, dalam hal ini pendidikan Matematika. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan metode analisis isi. Adapun langkah-langkah penelitian kepustakaan yang akan dilakukan dalam penelitian ini, meliputi; menyiapkan alat perlengkapan, menyusun bibliografi kerja, mengatur waktu dan membaca dan membuat catatan penelitian. Dalam penelitian ini, sumber data yang diperoleh dari literatur-literatur yang relevan seperti buku, jurnal atau artikel ilmiah yang terkait dengan topik yang dipilih Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan referensi terkait, baik secara manual maupun digital. Setelah data terkumpul, dilakukan display, reduksi dan konstruksi sehingga muncul konsep baru yang utuh dan kekinian. Penelitian ini menghasilkan perlunya penguatan pendidikan karakter religius melalui pendidikan Matematika di sekolah dasar. Penguatan pendidikan karakter religius dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar dapat dilihat melalui integrasi materi pembelajaran.

References

Achsin, M., Abitolkha, A. M., & Bakar, M. Y. A. (2021). Implementation of an Integrated Curriculum Through Special Class Programs. Al-Hayat: Journal of Islamic Education (AJIE), 5(2), 144–153.

Atmojo, A. M. (2022). Religious Response to Covid-19: A Study of Fiqh Disaster from the Perspective of Islamic-Neuroscience Education. ISTAWA : Jurnal Pendidikan Islam ( IJPI ), 7(1), 58–69.

Collyer-Sáez, S., Castro-Navarro, E., & Díaz-Levicoy, D. (2023). Argumentation and mathematical communication in textbooks for the eighth grade of primary education. Cakrawala Pendidikan, 42(3), 791–803.

Elisa, R., Q, I. A., & Hayati, R. M. (2024). Implementasi kebijakan pembacaan asmaul husna dalam membentuk karakter religius peserta didik (Studi kasus di SMP Tamaddun Roudlatul Qur ’ an Lampung ). Indonesian Journal of Educational Management and Leadership, 02(01), 1–12.

Fadhilah, N. R., Safitri, D., & Sujarwo. (2023). Implementasi Pembelajaran IPS dalam Membangun dan Membentuk Karakter Siswa. Cendekia Pendidikan, 3(10), 19–28.

Faizah, H., & Kamal, R. (2024). Pendidikan Karakter Religius di Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Basicedu, 8(1), 466–467.

Muslimah, M., & Karimah, S. Z. N. M. (2024). Asesmen Kinerja dalam Pembelajaran Kalam Bahasa Arab Siswa MTs Tahun 2023: Penelitian Pustaka Melalui Google Scholar. ADRIS AL-ARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 1–20.

Muzakki, M., & Santoso, B. (2023). Implementasi Nilai Toleransi bagi Mahasiswa di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. PAIDA, 2(1), 183–191.

Purwanto, Y., Saepudin, A., & Sofaussamawati. (2023). The Development of Reflection Practices for Islamic Religious Education Teachers. JUrnal Pendidikan Islam, 9(1), 107–122.

Rasid, R., Djafar, H., & Santoso, B. (2021). Alfred Schutz’s Perspective in Phenomenology Approach: Concepts, Characteristics, Methods and Examples. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 2(1), 190–201.

Rindiani, E. Y., Handayani, A., & Rahmawati, D. (2024). Pembentukan Karakter Religius di Taman Kanak-Kanak Melalui Pembiasaan Kegiatan Keagamaan. Didaktik, 10(1), 348–360.

Rosadi, I., & Sitika, A. J. (2021). Concept of Moral Education in the Qur’an at Integrated Islamic elementary school (SDIT) Darul Huffadz Bekasi. Al-Hayat: Journal of Islamic Education (AJIE), 5(3), 227–238.

Santoso, B. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Ekstrakulikuler Hisbul Wathan. Istawa, 13(1), 44–55.

Santoso, B., In’am, A., Haris, A., & Wekke, I. S. (2019). Al-Islam and Kemuhammadiyahan Learning Based on Religious Moderation in Multicultural Campus. Al-Hayat: Journal of Islamic Education (AJIE), 10(1), 55–70.

Santoso, B., & Marlan. (2019). Manajemen Pengembangan Kurikulum PAI di MTs Ponpes Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo. Jurnal PAIDA, 1(1), 30–39.

Santoso, B., Tang, A., & Jumadi. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin Melalui Program Asrama Al-Manar di Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1896–1904.

Santoso, B., Triono, M., & Irawan, M. H. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Papua Melalui Program Ekopesantren Berbasis Pelestarian Lingkungan di Panti Asuhan Muhammadiyah Malasom. Abdimasa, 7(1), 34–40.

Santoso, B., Triono, M., & Zulkifli, Z. (2023). Tantangan Pendidikan Islam Menuju Era Society 5.0: Urgensi Pengembangan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(1), 54–61. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i1.2963

Umar, M., Ismail, F., & Syawie, N. (2021). Implementasi Pendidikan Karekter Berbasis Moderasi Beragama Pada jenjang Pendidikan Usia Dini. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(1), 101–111.

Wardi, M., Fithriyyah, M. U., Z, F., & Hidayat, T. (2023). Implementation of religious moderation values through strengthening diversity tolerance in madrasah. Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 241–254.

Downloads

Published

07/04/2024

How to Cite

Triono, M., & Santoso, B. (2024). Character Development Through Religious Education Through Mathematics Education in Elementary School. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 13(1), 57–62. https://doi.org/10.33506/jq.v13i1.3300

Issue

Section

Articles