PASAR, MASJID, DAN MADRASAH: PENDIDIKAN ISLAM DI MINORITAS MUSLIM

Authors

  • Ismail Suardi Wekke Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong
  • Hudi Asrori Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong
  • Randi Wahyu Eko s Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong
  • Salvia Salvia Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong
  • Yeni Wulandari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong
  • Firdaus Firdaus Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33506/jq.v7i1.352

Keywords:

Pasar, Masjid, Madrasah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana hubungan mesjid, lembaga sekolah, dan pasar dalam meningkatkan pendidikan di masyarakat. Penelitian ini mengunakan metode Observasi dan wawancara. Wawancara dilakukan dengan Kepala sekolah serta wali murid SMP Quba Kota Sorong. Adapun observasi dilakukan pada lingkungan sekolah, pasar, serta mesjid yang menjadi awal sekolah tersebut dibangun. Adapun hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa di kota Sorong terdapat sebuah pasar dengan nama pasar Central. Pasar tersebut letaknya berdekatan dengan mesjid Quba. Keberadaan mesjid Quba di sekitar pasar Central memiliki peranan yang sangat penting bagi orang-orang yang sedang berniaga di pasar. Pasar dan mesjid tidak dapat dipisahkan keduanya saling membutuhkan dan saling menguntungkan antara satu dengan yang lainnya. Selain pasar dan mesjid, terdapat lembaga pendidikan yang barada di dekat lingkungan pasar tersebut, di kenal dengan nama SMP Quba. Walaupun letaknya berdampingan dengan pasar yang dikenal dengan keramainya setiap hati ini tidak menggurangi ataupun menggangu aktifitas belajar mengajar yang terjadi pada lembaga pendidikan tersebut Dengan melihat dari fungsi sekolah, maka SMP Quba yang berada disekitar pasar dan mesjid merupakan suatu kesatuan realitas kehidupan yang mampu menjadikan masyarakaynya menjadi masyarakat madani.

References

Bahrun. Dasar-Dasar Pendidikan dalam Islam, Cet. I; Pali: Yayasan Masyarakat Indonesia Baru, 2009.

Barnadib, Sutari Imam. Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis, Yogyakarta: FIP-IKIP, 1986.

Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (Edisi Revisi), Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2009.

Mallaombasi, Syuaib. “Pendidikan anak dan Aspek Sosial dalam Tuntunan Agama." Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 1, Juni 2015.

Murtadha, Muthahhari. Manusia dan Alm Semesta, Cet. II; Jakarta: Lentera, 2002.

Muzayyin, Arifin. Filsafat Pendidikan Islam, Cet. II; Bandunga: PT. Bmi Aksara, 2001.

Nasution. Sosiologi Pendidikan, Cet. VI; Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Rustanti, Ninik. Ekonomi Pangan dan Gizi, Cet. I; Yogyakarta: Deepublish, 2015.

Syam, Mohammad Noor. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pancasila, Surabaya: Usaha Nasional 1986.

Syamsudin, Din. Etika Agama Dalam Menbangun Masyarakat Madani, Cet. I; Jakarta: Logos, 2000.

Downloads

Additional Files

Published

01/12/2019

How to Cite

Wekke, I. S., Asrori, H., Eko s, R. W., Salvia, S., Wulandari, Y., & Firdaus, F. (2019). PASAR, MASJID, DAN MADRASAH: PENDIDIKAN ISLAM DI MINORITAS MUSLIM. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 7(1), 1–21. https://doi.org/10.33506/jq.v7i1.352

Issue

Section

Articles