Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Jujur Peserta Didik di SD

Authors

  • Yasmin PGSD, Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Nur Asyiah

Keywords:

Strategi Guru, karakter Jujur

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus kenakalan remaja bahkan kriminalitas yang erat kaitannya dengan isu degradasi karakter jujur. Pentingnya kejujuran dapat terlihat sebagaimana yang tercantum dalam peraturan pemerintah mengenai delapan belas nilai pendidikan karakter, dimana kejujuran ditempatkan di posisi nomor dua, persis setelah karakter religius. Hal ini membuktikan bahwa betapa pentingya karakter jujur dalam kehidupan sehari-hari dan berpengaruh pada kualitas suatu bangsa. Kejujuran merupakan salah satu karakter mulia yang sangat penting yang harus dimiliki oleh setiap insan. Agar keberhasilan pendidikan karakter jujur ini tercapai, maka perlu adanya pembiasaan tentang pentingnya nilai-nilai karakter di sekolah terutama sekolah dasar. Oleh karena itu, dalam hal ini guru memiliki peranan yang sangat penting. Strategi guru sangat dibutuhkan agar peserta didik dapat terus tersiram nilai-nilai luhur tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam pembentukan karakter jujur peserta didik di SD Islam Al-azhar 03 Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui jenis penelitian studi kasus, dengan pendekatan fenomonologis. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas VI SD Islam AL- Azhar 03 Cirebon. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam pembentukan karakter jujur peserta didik di SD Islam Al-azhar 03 Cirebon antara lain yaitu dengan cara mengintegrasikan nilai dan etika pada setiap mata pelajaran, menanamkan nilai positif yang diberikan guru, melakukan pembiasaan dan latihan, serta memberikan keteladanan. Strategi-strategi yang diterapkan yaitu menempelkan slogan mengenai kejujuran di depan kelas, membuat jurnal harian peserta didik, serta membuat kotak barang hilang di lingkungan kelas.

Kata Kunci: Strategi Guru, Karakter Jujur

References

Amin, M. (2017). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai Kejujuran Pada Lembaga Pendidikan. TADBIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(1), 105-124

Chairilsyah, D. (2016). Metode dan Teknik Mengajarkan Kejujuran Pada Anak Sejak Usia Dini. Jurnal Educhild: Pendidikan dan Sosial, 5(1), 8-14.

Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). Implementasi pendidikan karakter di sekolah melalui keteladanan dan pembiasaan. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2), 25-29.

Imansyah, 2020, strategi implementasi pembentukan sikap dan karakter dilakukan dengan cara pembiasaan.

Judiani, S. (2010). Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar melalui penguatan pelaksanaan kurikulum. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 16(9), 280-289.

Lutfi, M. (2017). Reaktualisasi Pendidikan Karakter Pesantren di Era Globalisasi. Edureligia:Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 140-146.

Novriyansah, Andika. (2017). “Studi tentang Perkembangan Karakter Jujur pada Anak Usia Diniâ€. Jurnal Potensia. 2(1):19-21

Rifa’i, A., Prajanti, S. D. W., & Alimi, M.Y. (2017). Pembentukan karakter nasionalisme melalui pembelajaran pendidikan Aswaja pada siswa Madrasah Aliyah Al Asror Semarang. Journal of Educational Social Studies, 6(1), 7-19.

Sormin, D., & Rangkuti, F. R. (2018). Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Mi Terpadu Mutiara Kota Padangsidimpuan. Tazkir:Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman, 4(2), 219-232.

Sumantri, I. (2019, December). Pendidikan Karakter Abad 21 Dalam Perspektif Islam. In The Annual Conference on Islamic Education and Social Science (Vol. 1, No. 2, pp. 286-302).

Downloads

Published

09/09/2022

How to Cite

Yasmin, & Asyiah, N. (2022). Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Jujur Peserta Didik di SD. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 11(1), 30–36. Retrieved from https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jq/article/view/1596

Issue

Section

Articles