Kecakapan Guru PPKN Memanfaatkan Metode Pembelajaran Cased Method dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.33506/jq.v12i2.2882Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui bagaimana kecakapan guru PPKn memanfaatkan metode pembelajaran cased method dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa di SMP Negeri 37 Medan. Hal ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa terhadap pelajaran PPKn sehingga menyebabkan peserta didik pasif didalam kelas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil data-data yang ditemukan melalui wawancara dan observasi dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PPKn memiliki kecakapan dalam memanfaatkan metode pembelajaran cased method dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa. Dengan menggunakan metode cased method, peserta didik tidak bersifat pasif dengan mendengarkan guru berceramah melainkan peserta didik berpartisipasi aktif dalam menganalisis sebuah fenomena/permasalahan kemudian memberikan pendapat dan memberikan solusi/alternatif penyelesaian masalah. Kegiatan-kegiatan pembelajaran cased method tersebut tentunya menggambarkan partisipasi aktif belajar siswa. Selain itu peserta didik juga dilatih untuk mampu berpikir kritis dan tentunya berpengaruh pada hasil belajar siswa.
Kata kunci: Cased method, Kecakapan Guru PPKn, Partisipasi Belajar Siswa
References
Andayani Endah, Indah Rita, Wahyu Supami, & Mardiana Riril. (2022). Case Method: Mengoptimalkan Critical Thinking, Creativity Communication Skills Dan Collaboratively Mahasiswa Sesuai Mbkm Di Era Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Ips, 16(1), 52-60.
Iskandar. (2017). Peningkatan Partisipasi Aktif Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii.E Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Di Smp Negeri 7 Pujut Lombok Tengah. Jupe, 2(2), 46–64.
Muhammad, O. :, & Utama, P. (2016a). Peningkatan Partisipasi Aktif Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw The Improvement Of Active Participation In Civic Education Through Jigsaw. In Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi (Vol. 26).
Muhammad, O. :, & Utama, P. (2016b). Peningkatan Partisipasi Aktif Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw The Improvement Of Active Participation In Civic Education Through Jigsaw. In Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi (Vol. 26).
Nasokah, Arlina Dwi, & Firdaus. (2020). Penggunaan Strategi Pembelajaran Flipped Classroom Pada Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Al-Qalam, 3(2), 15–25.
Permata Sari Dan Kms Amin Fauzi, I. M., Permata Sari, I., & Amin Fauzi, K. M. (2022). Analisis Efektivitas Model Case Method Berbasis Daring Di Kelas X Ips 1 Sman 11 Medan. Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 9(2).
Roza, S., Erida, E., & Siregar, A. P. (2022). Implementasi Pembelajaran Case Method Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Kuliah Pemasaran Jasa. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 1795. Https://Doi.Org/10.33087/Jiubj.V22i3.3022
Sugiyarti. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Melalui Model Pembelajaran Studi Kasus Berbasis E-Learning Pada Materi Kasus-Kasus Pelanggaran Hak Dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Di Kelas Xii Rpl B Smk Negeri 1 Pajangan. International Journal Of Educational Resources, 01(05), 371–404.
Umarba, I. (2021). Identifikasi Minimnya Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Tik Pada Kelas X Sma Negeri 2 Ende. Science, Engineering, Education, And Development Studies (Seeds): Conference Series, 4(2). Https://Doi.Org/10.20961/Seeds.V4i2.56686
Yunita, S., Jamaludin, & Feriyansyah. (2022). Citizenship Learning Through Self Organized Learning Environment On Students’ Learning Styles. Http://Devotion.Greenvest.Co.Id
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The article copyright is owned by the author and Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.