Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Interaktif di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu

Authors

  • Salamah Salamah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Cindy Junita Putri Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Bengkulu
  • Qofifah Nuraziza Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Bengkulu
  • Puspita Ayu Lestari Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Bengkulu
  • Kelly Maharani Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33506/jq.v14i1.4210

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang diterapkan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran interaktif di SMP Negeri 11 Bengkulu Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan guru meliputi penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi, pendekatan kontekstual, metode diskusi, serta penerapan pembelajaran berbasis proyek. Selain itu, faktor pendukung dalam implementasi strategi ini meliputi kesiapan guru, dukungan sekolah, dan ketersediaan sarana pembelajaran. Namun, terdapat beberapa kendala seperti kurangnya fasilitas teknologi dan variasi kemampuan belajar siswa. Dengan strategi yang tepat, pembelajaran interaktif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan.

References

Anderson, T. (2019). The Theory and Practice of Online Learning. Athabasca University Press.

Bandura, A. (2018). Social Learning Theory. Englewood Cliffs: Prentice Hall.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1985). Intrinsic Motivation and Self-Determination in Human Behavior. Springer Science & Business Media.

Dörnyei, Z., & Ushioda, E. (2021). Teaching and Researching Motivation. Routledge.

Hattie, J. (2019). Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. Routledge.

Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Smith, K. A. (2016). Active Learning: Cooperation in the College Classroom. Interaction Book Company.

Lantolf, J. P., & Thorne, S. L. (2017). Sociocultural Theory and the Genesis of Second Language Development. Oxford University Press.

Marzano, R. J. (2017). The Art and Science of Teaching. ASCD.

Mayer, R. E. (2021). Multimedia Learning. Cambridge University Press.

Ormrod, J. E. (2019). Human Learning. Pearson.

Prensky, M. (2016). Digital Natives, Digital Immigrants. On the Horizon.

Reigeluth, C. M. (2019). Instructional-Design Theories and Models. Routledge.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Self-Determination Theory. Guilford Publications.

Slavin, R. E. (2020). Educational Psychology: Theory and Practice. Pearson.

Warschauer, M., & Matuchniak, T. (2020). New Media and Learning. Cambridge University Press.

Downloads

Published

07/09/2025

How to Cite

Salamah, S., Cindy Junita Putri, Qofifah Nuraziza, Puspita Ayu Lestari, & Kelly Maharani. (2025). Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Interaktif di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 14(1), 21–26. https://doi.org/10.33506/jq.v14i1.4210

Issue

Section

Articles