Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Interaktif di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu
DOI:
https://doi.org/10.33506/jq.v14i1.4210Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang diterapkan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran interaktif di SMP Negeri 11 Bengkulu Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan guru meliputi penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi, pendekatan kontekstual, metode diskusi, serta penerapan pembelajaran berbasis proyek. Selain itu, faktor pendukung dalam implementasi strategi ini meliputi kesiapan guru, dukungan sekolah, dan ketersediaan sarana pembelajaran. Namun, terdapat beberapa kendala seperti kurangnya fasilitas teknologi dan variasi kemampuan belajar siswa. Dengan strategi yang tepat, pembelajaran interaktif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan.
References
Anderson, T. (2019). The Theory and Practice of Online Learning. Athabasca University Press.
Bandura, A. (2018). Social Learning Theory. Englewood Cliffs: Prentice Hall.
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1985). Intrinsic Motivation and Self-Determination in Human Behavior. Springer Science & Business Media.
Dörnyei, Z., & Ushioda, E. (2021). Teaching and Researching Motivation. Routledge.
Hattie, J. (2019). Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. Routledge.
Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Smith, K. A. (2016). Active Learning: Cooperation in the College Classroom. Interaction Book Company.
Lantolf, J. P., & Thorne, S. L. (2017). Sociocultural Theory and the Genesis of Second Language Development. Oxford University Press.
Marzano, R. J. (2017). The Art and Science of Teaching. ASCD.
Mayer, R. E. (2021). Multimedia Learning. Cambridge University Press.
Ormrod, J. E. (2019). Human Learning. Pearson.
Prensky, M. (2016). Digital Natives, Digital Immigrants. On the Horizon.
Reigeluth, C. M. (2019). Instructional-Design Theories and Models. Routledge.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Self-Determination Theory. Guilford Publications.
Slavin, R. E. (2020). Educational Psychology: Theory and Practice. Pearson.
Warschauer, M., & Matuchniak, T. (2020). New Media and Learning. Cambridge University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The article copyright is owned by the author and Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.