Penerapan Metode SQ3R sebagai Solusi dalam Keterampilan Membaca Pemahaman pada Anak Usia Sekolah Dasar

Authors

  • Sri Ayuning Universitas Majalengka
  • Ahdan Ikhwanudin Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Majalengka, Majalengka
  • Retna Dwi Utami Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Majalengka, Majalengka
  • Budi Febriyanto Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Majalengka, Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.33506/jq.v13i2.4042

Keywords:

Metode SQ3R, Membaca Pemahaman, Pendidikan Dasar.

Abstract

dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman di kalangan siswa sekolah dasar. Terlepas dari peran penting pemahaman membaca dalam keberhasilan akademik, literatur terbaru menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman membaca siswa masih rendah karena strategi pengajaran yang tidak efektif dan sumber daya yang terbatas. Metode SQ3R diusulkan sebagai solusi, karena metode ini mendorong keterlibatan aktif dengan teks melalui tahap-tahap terstruktur yang mendorong pemikiran kritis dan pemahaman yang lebih dalam. Penelitian ini menyoroti pentingnya perencanaan dan penerapan strategi pengajaran yang inovatif untuk mengatasi tantangan yang dihadapi dalam membaca pemahaman. Dengan berfokus pada integrasi keterampilan membaca dengan konteks kehidupan nyata, metode SQ3R bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengekstrak dan membangun makna dari teks, yang pada akhirnya mendorong hasil akademik yang lebih baik.

References

Aisah, B., & Setyawan, A. (2021). Pengaruh penggunaan metode survey, question, read, recite, review (SQ3R) terhadap pembelajaran kelas v sdn Demangan 2 Bangkalan. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1), 47-59.

Andini, P. R. (2023). Pengaruh Konten Pada Official Akun TikTok Ruangguru Terhadap Prestasi Belajar Followers. In Jurnal Janaloka (Vol. 1, Issue 1).

Aryani, W. D., & Purnomo, H. (2023). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Meningkatkan Budaya Membaca Siswa Sekolah Dasar. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 5(2), 71-82.

Astuty, D. A., Palloan, P., & Mardawiah. (2024). Peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan metode pembelajaran SQ3R pada peserta didik kelas VII. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 1116–1122.

Dedi Gunawan Saputra, G. A. (2024). Enhancing Reading Comprehension in Education: A Study on the Effective-. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora, 167-179.

Fadila, T. I., & Susetyo, B. (2023). Pengaruh Metode SQ3R Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme Kelas V. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2), 49-54.

Inggriyani, F., & Aisyatun, A. (2023). Efektivitas Metode Survey, Question, Read, Recite, And Review (SQ3R) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman. Literasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 13(2), 849-853.

Muhammad Naim, W. O. (2023). Proses Analisis Tematik Langkah demi Langkah untuk Mengembangkan Model Konseptual dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Internasional Metode Kualitatif.

Rovita, Z., & Umam, N. K. (2023). Penerapan Strategi Sq3r Pada Keterampilan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas Iv Upt Sd Negeri 304 Gresik. Jurnal Al-Fatih, 6(1), 1-18.

Sulastri dkk. (2017) “The Application Of Survey, Question, Read, Recite And Review (Sq3r) Method To Improve Students' Reading Comprehension At Fourth Grade Students' Of Elementary School 010 Merempan Hilir Siak Regency”. PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Riau.

Downloads

Published

01/07/2025

How to Cite

Ayuning, S., Ahdan Ikhwanudin, Utami, R. D., & Febriyanto , B. (2025). Penerapan Metode SQ3R sebagai Solusi dalam Keterampilan Membaca Pemahaman pada Anak Usia Sekolah Dasar. Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, 13(2), 40–46. https://doi.org/10.33506/jq.v13i2.4042

Similar Articles

> >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.