Evaluasi Kinerja Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Jenis Angkutan Barang Di Dinas Perhubungan Kota Sorong

Mucholis Arief Arakian, Karsiman Karsiman, Saiful Ichwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pengujian kendaraan bermotor jenis angkutan barang di Dinas Perhubungan Kota Sorong dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat kinerja pengujian kendaraan bermotor jenis angkutan barang di Dinas Perhubungan Kota Sorong. Berdasarkan hasil penelitian dapat di ambil kesimpulan bahwa dilihat dari indikator nresponsivitas, responsibilitas, transparansi dan produktivitas. Responsivitas pengujian kendaraan bermotor masih belum optimal karena kurangnya daya tanggap UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor dalam mengenali kebutuhan wajib uji dan dalam menanganinya. Dari segi responsibilitas dapat dikatakan sudah terlaksana sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sedangkan dalam hal transparansi, UPTD Pengujian Kendaraan belum mampu melaksanakan kinerja dengan baik, hal ini diketahui dari masih adanya pungutan-pungutan liar yang terjadi di UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor. Dari segi Produktivitas juga sudah berjalan optimal, ini bisa dilihat realisasi target retribusi dari tahun melebihi target yang telah ditetapkan.


Keywords


Evaluasi, Kinerja, Pelayanan, Pengujian, Jenis Angkutan Barang

Full Text:

PDF

References


Achmad Ruky, 2002, Sistem Manajemen Kinerja (Performance Management System, Gramedia, Jakarta.

Agus Dwiyanto, 2006, Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi 1983, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta.

Atmosoeprapto, Manajemen Strategi, Bumi Aksara, Jakarta.

Bagong Suyanto & Sutinah, 2007, Metode Penelitian Sosial : Berbagai Alternatif Pendekatan, Edisi Pertama Cetakan ke 3, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Husein Umar, 2002, Evaluasi Kinerja Perusahaan, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta.

Faustino Cordoso Gomes, 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia, Andi, Yogyakarta.

H. B. Sutopo, 2006, Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian, Pusat Penelitian UNS Press, Surakarta.

Hessel Nogi S Tangkilisan, 2005, Manajemen Publik, Gramedia, Jakarta.

Iqbal Hasan, 2002, Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Joko Widodo, 2007, Analisis Kebijakan Publik, Banyumedia Publishing, Malang.

Joko Widodo, 2008, Birokrasi Berbasis Kinerja Banyumedia Publishing, Malang.

Lexy J. Moeleong, 2001, Metodelogi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mahmudi, 2005, Manajemen Kinerja Sektor Publik, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Mohamad Mahsun, 2006, Pengukuran Kinerja Sektor Publik, BPFE, Yogyakarta.

Ratminto dan Winarsih Atik Septia, 2005, Manajemen Pelayanan, Pustaka Belajar, Yogyakarta.

Syama, M., Amiruddin, A., & Purnomo, A. (2019). FAKTOR MOTIVASI DALAM KINERJA PEGAWAI PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KOTA SORONG. Jurnal Faksi: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2(2), 12-20.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Riseach and Development, Bandung.

Surya Dharma, 2005, Manajemen Kinerja (Falsafah, Teori dan Penerapannya), Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Suyadi Prawirosentono, 1999, Manajemen Sumber Daya Manusia Kebijakan Kinerja Karyawan, BPFE, Yogyakarta.

Timpe, A. Dale, 1999, Seri Manajemen Sumber Daya Manusia Kinerja, Cetakan ke 4, Gramedia, Jakarta.

William N Dunn, 2003, Pengantar Analisis Kebijakan Publik (edisi kedua), Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Yeremias T. Keban, 2004, Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik, Gava Media, Yogyakarta.

Dokumen-Dokumen

Undang-Undang RI Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan publik

Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 1993 Tentang Kendaraan dan Pengemudi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Gradual