EVALUASI KINERJA KARYAWAN DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN BAGI PELANGGAN PADA PT. INDOSAT CABANG SORONG

Authors

  • Ajeng Dwiayu Gustiriani Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Evaluasi, Kinerja, Pelayanan, Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja karyawan dalam pelayanan pelanggan di PT. Indosat Cabang Sorong, kendala dalam pelayanan pelanggan di PT. Indosat Cabang Sorong dan faktor pendukung dalam evaluasi kinerja karyawan di PT. Indosat Cabang Sorong. Hasilnya menunjukkan bahwa keberhasilan PT. Indosat Cabang Sorong sangat ditentukan oleh kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan. Oleh karena itu, keberhasilan perusahaan sangat dipengaruhi oleh kinerja individu dari para karyawannya. Artinya perusahaan harus mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kinerja dari para karyawannya. Kinerja suatu perusahaan dicerminkan oleh kinerja karyawannya dan pada akhirnya kinerja individu akan mencerminkan derajat kompetisi suatu perusahaan, oleh karena itu, agar kinerja dari setiap karyawan dapat meningkat diperlukan suatu pendorong atau faktor yang dapat membantu kinerja karyawan tersebut sesuai dengan yang perusahaan harapkan. Pengelolaan sistem yang baik sangat diperlukan dalam mengolah sumber daya manusia, seperti halnya dalam pemberian imbalan bagi para karyawan yang merupakan salah satu dari faktor pendorong yang dapat meningkatkan kinerja karyawan. Iklim kerja yang kompetitif memaksa karyawan untuk terus berpacu. Peningkatan kerja terhadap efisiensi dan hasil menjadi beban berat yang harus ditanggung pihak karyawan. Oleh karena itu pemberian imbalan sangat berhubungan dengan kinerja karyawan.

References

Abdul Wahab, Solichin, 2002, Analisis Kebijakan, Dari Formulasi Ke. Implementasi Kebijakan Negara, Bumi Aksara, Jakarta.

Agus Dwiyanto, 2006, Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Edi Suharto, 2006, Pekerjaan Sosial Industri, CSR dan Comdev, Workshop Konsumen, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Farida Yusuf, 2000, Evaluasi Program, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Dunn, William. N, 2003, Pengantar Analisis Kebijakan Publik, (Edisi Kedua), Penerbit Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Gaspersz, Vincent, 2004, Total Quality Management, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Hadari Nawawi, 1995, Metode Penelitian Sosial, Gadja Mada University Press, Yogyakarta.

Hasibuan Malayu, 1997, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Gunung Agung, Jakarta.

Hansen Mowen, 2005, Akuntansi Manajemen, Penerbit Salemba, Jakarta.

Henry Simamora, 1995, Manajemen Sumber Daya Manusia, STIE. YKPN, Yogyakarta.

Henssel Nogi S Tangkilisan, 2005, Manajemen Publik, Gramedia, Jakarta.

Husein Umar, 2002, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeth, Bandung.

Joko Widodo, 2007, Analisis Kebijakan Publik, Banyumedia Publishing, Malang.

KEPMENPAN No. 63 Tahun 2003 Tentang Pelayanan Umum.

Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani, 2006, Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.

Mangkuprawira Shafri dan Aida Vitayala Hubeis. 2007, Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Manullang, 2002, Manajemen Personalia, Balai Pustaka, Jakarta.

Mulyana, Deddy, 2002, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Moenir, 1992, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta.

Nazir, Moh, 1999, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Pramudji, 2003, Kepemimpinan Pemerintahan Di Indonesia, Gramedia, Jakarta.

Prawirosentono, Suryadi, 1999, Kebijakan Kinerja Karyawan, BPFE, Yogyakarta.

Robert L. Mathis & John H. Jackson, Human Resources Management, Edisi Sepuluh, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi, 2006, Metode Penelitian Survei, LP3ES, Jakarta.

Sugiono, 2002, Metode Penelitian Administrasi, CV Alfabeta, Bandung.

Supranto, 2001, Strategi Pemasaran, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Surya Dharma, 2005, Manajement Kinerja (Falsafah, Teori dan Penerapannya). Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Tjiptono, 2002, Strategi Pemasaran, Andy Offset, Yogyakarta.

The Liang Gie, 1999, Pengantar Filsafat Ilmu, Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Undang-Undang No. 14 Tahun 1969 Tentang Peraturan Tenaga Kerja.

Downloads

Published

2017-01-15

How to Cite

Gustiriani, A. D. (2017). EVALUASI KINERJA KARYAWAN DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN BAGI PELANGGAN PADA PT. INDOSAT CABANG SORONG. Jurnal GRADUAL : Governance Administration and Public Service, 6(1), 13–24. Retrieved from https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/gl/article/view/589

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.