Pengelolaan Administrasi Kearsipan Rekam Medis Pada Rumah Sakit Kasih Herlina Kota Sorong

Authors

  • Herna Wati Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Kamaluddin Kamaluddin Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Sattu Sattu Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Saiful Ichwan Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Pengelolaan Arsip, Rekam Medis dan Rumah Sakit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan arsip rekam medis di Rumah Sakit Kasih Herlina Kota Sorong dengan menggunakan pendekatan daur hidup arsip yang mencakup penciptaan, penggunaan, penyimpanan, pemeliharaan, penyusutan dan hambatan ketika melakukan kegiatan pengelolaan arsip rekam medis. Metode penelitian dengan menggunakan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, serta sumber lain yang berasal dari buku dan jurnal. Penggunaan arsip rekam medis tidak boleh digunakan selain oleh tenaga medis, penyimpanan arsip rekam medis menggunakan klasifikasi terminal digit filling system, apabila pasien sudah tidak berobat dalam kurun waktu 5 tahun terakhir maka arsip rekam medisnya akan diretensi. Kesulitan dialami oleh unit rekam medis dalam mengelola arsip rekam medis berupa kekurangan sumber daya manusia dan luas ruang penyimpanan rekam medis. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa daur hidup arsip lima unsur berjalan sesuai dengan fungsinya masing-masing dan tidak ditemukan kesulitan berarti dari lima unsur tersebut, sedangkan hambatan yang memang dihadapi oleh unit rekam medis Rumah Sakit Kasih Herlina belum dapat diatasi sepenuhnya.

References

Azzahra, S. A. N., & Mufidi, M. F. (2018). Tanggung Jawab Petugas Kesehatan Terhadap Kerahasiaan Dokumen Pasien Dalam Melakukan Pelayanan Medis Ditinjau Dari UU No. 44 Thn 2009. Dihubungkan Dengan Permenkes No. 269/Menkes/Per/III/2008 Tentang Rekam Medis.

Meilinda, E. (2013). Sistem Administrasi pada Rumah Sakit Studi Kasus: Rumah Sakit Tingkat III Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 1(1).

Indonesia, K. K. (2006). Manual rekam medis. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia.

Meirinawati, M., & Prabawati, I. (2015, September). Manajemen kearsipan untuk mewujudkan tata kelola administrasi perkantoran yang efektif dan efisien. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Administrasi Perkantoran.

Nuraini, Y. A., & Rohmiyati, Y. (2019). Analisis Penyusutan Arsip Rekam Medis Dalam Rangka Penyelamatan Arsip di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(3), 641-650.

Rizqiyah, R., & Ernawaty, E. (2016). Analisis Sistem Pengelolaan Rekam Medis Rawat Inap Di Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 5(2), 191-200.

Siswati, S., & Dindasari, D. A. (2019). Tinjauan Aspek Keamanan dan Kerahasiaan Rekam Medis di Rumah Sakit Setia Mitra Jakarta Selatan. Jurnal Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, 2(2), 91-99.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Alfabeta: Bandung.

Susilowati, Tuti dan Haryo Nugroho. 2017. Tingkat Pengetahuan Tentang Kerahasiaan Dokumen Rekam Medis Pada Perawat Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping Tahun 2017. Jurnal Permata Indonesia

Utami, R. T. (2017). Sistem pengelolaan arsip dinamis manual (fisik) pada Politeknik LP3I Jakarta Kampus Cimone. Jurnal Lentera Bisnis, 2(1), 189-236.

Downloads

Published

2022-04-15

How to Cite

Wati, H., Kamaluddin, K., Sattu, S., & Ichwan, S. (2022). Pengelolaan Administrasi Kearsipan Rekam Medis Pada Rumah Sakit Kasih Herlina Kota Sorong. Jurnal GRADUAL: Governance Administration and Public Service, 8(1), 1–12. Retrieved from https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/gl/article/view/1712

Most read articles by the same author(s)