Gerakan Pemberdayaan Orang Asli Papua dalam Perspektif Lembaga Swadaya Masyarakat Tikipepa Kabupaten Sorong

Authors

  • Sofyan Saman Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Amiruddin Amiruddin Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Nelson Nelson Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Gerakan Pemberdayaan, Orang Asli Papua dan LSM Tikipepa

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dua hal yaitu mengetahui peranan LSM Tikipepa dalam pemberdayaan masyarakat asli Papua (OAP), dan Strategi LSM Tikipeada dalam melakukan proses pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dalam penelitian ini pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumen. Selain itu juga penulis menentukan informan dalam penelitian benar-benar orang-orang yang paham dengan kinerja dan terlibat secara langsung dalam program pemberdayaan yang dilakukan oleh LSM Tikipepa. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa LSM Tikipepa miliki peran yang strategis dalam mendorong kreatifitas Orang Ali Papua (OAP) dengan tiga kegiatan yang menjadi skala prioritas yakni gerakan ekonomi kreatif, pendidikan & pelatihan dan kreatifitas. Selain itu juga gerakan strategi yang diambil dengan pendekatan berbasis kesadaran dan bantuan berupa modal, model pemberdayaan demikian memang tak sepenuh berhasil secara total, tapi gerakan ini memberikan motif efek terhadap segelintir masyarakat asli Papua. Jika kita cermati dari dokumen evaluasi gerakan pemberdayaan ini masih mencakup 35.2% dari presentasi seluruh kegiatan yang telah di lakukan, kendala terbesar juga yang dihadapi adalah partisipasi dan keberlanjutan dari implementasi kegitan pemberdayaan yang telah dijalankan.

References

Stephanus Pelor, S. H. (2018). PERANAN LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT (LSM) TERHADAP PEMBANGUNAN POLITIK DAN DEMOKRASI DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah Hukum DE'JURE: Kajian Ilmiah Hukum, 3(1), 131-146.

Humaidi, Z. (2009). PERANAN LSM DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi Atas Perubahan Paradigmatis Gerakan LSM di Indonesia). Sosio Informa, 14(3).

Pahri, P. (2017). Model pemberdayaan ekonomi perempuan Papua melalui majelis Rakyat Papua: Studi Kasus Masyarakat Perempuan Asli Papua di Kota Jayapura (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Soetomo. (2011). Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mubarak, Z. (2010). Evaluasi Pemberdayaan Masyarakat Ditinjau dari Proses Pengembangan Kapasitas pada Kegiatan PNPM Mandiri Perkotaan Desa Sastrodirjan Kabupaten Pekalongan (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS DIPONEGORO).

Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Kuanitatif dan kualitatif R & D. Bandung:

Sumo diningrat G, 2010 Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat. Kompas Gramedia. Jakarta.

Zainal Arifin, 2011. Penelitian Kualitatif Metode Dan Paradikma Baru.

https://www.kajianpustaka.com/2017/11/tujuan-prinsip-dan-tahapan-pemberdayaan-masyarakat.html (diakses pada 7 Mei 2021).

Undang Undang No 32 Tahun 2009 ketentuan- ketetuan pokok pokok pengelolaan lingkungan hidup.

Downloads

Published

2022-04-22

How to Cite

Saman, S., Amiruddin, A., & Nelson, N. (2022). Gerakan Pemberdayaan Orang Asli Papua dalam Perspektif Lembaga Swadaya Masyarakat Tikipepa Kabupaten Sorong. Jurnal GRADUAL: Governance Administration and Public Service, 8(2), 1–12. Retrieved from http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/gl/article/view/1723

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)